Sinopsis Lolita (1997), Kisah Roman Gadis Remaja dengan Ayah Tirinya

Diposting pada

Lolita adalah film Amerika bergenre drama yang dirilis The Samuel Goldwyn Company dan AMLF pada tanggal 25 September 1997. Film ini diadaptasi dari novel berjudul sama yang merupakan karya Vladimir Nabokov. Film yang juga dirilis di Roma dan Prancis ini diproduksi oleh Pathé.

Film ini disutradarai oleh Adrian Lyne. Sutradara yang juga aktif sebagai penulis dan produser film asal Inggris ini telah menghasilkan banyakfilm populer, seperti Foxes, Fatal Attraction, dan Flashdance.

Peran utama dalam film ini dipercayakan kepada Jeremy Irons. Aktor dan aktivis asal Inggris ini telah membintangi banyak film populer, seperti Reversal of  Fortune, Elisabeth I, dan The Real Thing. Dalam film ini ia memerankan karakter Humbert Humbert, seorang profesor sastra Inggris berusia paruh baya yang melakukan perjalanan ke Amerika untuk mengajar.

Selanjutnya ada aktris Amerika, Dominique Swain, yang dipercaya memerankan karakter Dolores “Lolita” Haze, putrid dari Charlotte Haze. Lewat film ini ia mendapatkan popularitas yang besar. Beberapa film yang ia bintangi setelah film Lolita, antara lain Girl, Intern, dan The Smokers.

Beberapa bintang lain yang turut ambil peran dalam film ini, antara lain Ben Silverstone, Frank Langella, Melanie Griffith, Suzanne Shepherd, Keith Reddin, Erin J. Dean, Joan Glover, Ed Grady, Michael Goodwin, Angela Paton, dan masih banyak lagi.

Sinopsis

Film ini menceritakan seorang profesor sastra Inggris paruh baya bernama Humbert Humbert yang melakukan perjalanan ke Amerika untuk mengajar di New Hampshire. Ia menyewa sebuah kamar di rumah seorang janda bernama Charlotte Haze. Saat tinggal di sana, Humbert jatuh cinta pada putri Charlotte yang bernama Dolores atau Lolita. Agar selalu dekat dengan Lolita, Humbert sengaja menikahi Charlotte.

Baca juga: Sinopsis House of Wax (2005), Teror di Sebuah Rumah Lilin

sinopsis lolitaJenis film: Drama
Sutradara: Adrian Lyne
Produser: Mario Kassar, Joel B. Michaels
Penulis naskah: Stephen Schiff
Adaptasi: Lolita (novel) karya Vladimir Nabokov
Pemain: Jeremy Irons, Melanie Griffith, Frank Langella, Dominique Swain
Penata musik: Ennio Morricone
Sinematografer: Howard Atherton
Editor: David Brenner, Julie Monroe
Produksi: Pathé
Distributor: The Samuel Goldwyn Company (Amerika Serikat), AMLF (Prancis)
Tanggal rilis: 25 September 1997 (Roma), 14 Januari 1998 (Prancis), 25 September 1998 (Amerika Serikat)
Durasi: 137 menit

Pemain – Karakter

  • Jeremy Irons sebagai Profesor Humbert Humbert
  • Ben Silverstone sebagai Humbert muda
  • Dominique Swain sebagai Dolores “Lolita” Haze
  • Frank Langella sebagai Clare Quilty
  • Melanie Griffith sebagai Charlotte Haze
  • Suzanne Shepherd sebagai Miss Pratt
  • Keith Reddin sebagai Pendeta Rigger
  • Erin J. Dean sebagai Mona
  • Joan Glover sebagai Miss LaBone
  • Ed Grady sebagai Dr. Melinik
  • Michael Goodwin sebagai Mr. Beale
  • Angela Paton sebagai Mrs. Holmes
  • Emma Griffiths-Malin sebagai Annabel Lee
  • Ronald Pickup sebagai ayah Humbert usia muda
  • Michael Culkin sebagai Mr. Leigh
  • Annabelle Apsion sebagai Mrs. Leigh

Alur cerita

Pada 1947, Humbert Humbert (Jeremy Irons), profesor dari Eropa paruh baya yang mengajar sastra Inggris, bepergian ke Amerika Serikat untuk mengambil pekerjaan mengajar di New Hampshire. Die menyewa kamar di rumah janda bernama Charlotte Haze (Melanie Griffith), karena dia sangat tertarik secara romantis pada putri Dolores (Dominique Swain), yang dipanggil “Lo”, yang dia lihat ketika berkeliling rumah itu.

Terobsesi sejak kanak-kanak dengan gadis-gadis yang seumurannya dengannya (yang dia panggil “nymphets”), Humbert tiba-tiba merasa terikat dengan Lo, menikahi Charlotte hanya untuk dekat dengan putrinya itu.

Charlotte menemukan diari rahasia milik Humbert dan menemukan ketertarikan Humbert pada putrinya. Bingung, Charlotte melarikan diri dari rumah, ketika dia ditabrak truk dan terbunuh.

Kematian Charlotte membebaskan Humbert untuk mengejar hubungan romantis dan seksual dengan Lo, yang dinamainya “Lolita”. Humbert dan Lolita bepergian ke berbagai penjuru negeri, tinggal di berbagai motel sebelum tiba-tiba menetap di kampus kota Beardsley di mana Humbert mengambil pekerjaan mengajar dan Lo mulai masuk sekolah persiapan Beardsley, sebuah sekolah katolik yang seluruh muridnya adalah perempuan.

Humbert dan Lo harus menyembunyikan hubungan mereka dari semua orang yang mereka temui dan dari kampus Beardsley. Mereka mengaku sebagai ayah dan anak. Namun, waktu berjalan dan Lo bosan hidup bersama Humbert. Dia ingin hidup bebas.

Hubungan mereka menjadi tegang dan sering bertengkar di antara mereka. Selain itu, kasih sayang Humbert juga memiliki pesaing dari pria lain, Clare Quilty (Frank Langella), seorang penulis drama yang mengejar Lo sejak awal perjalanan Humbert dan Lo.

Lo melarikan diri bersama Quilty, Humbert berusaha mencari keberadaan Lo, namun gagal karena Humbert tidak mengetahui nama asli Quilty. Hingga tiga tahun pun berlalu begitu saja.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.