Sinopsis Captain America: The Winter Soldier (2014)

Diposting pada

Captain America: The Winter Soldier adalah film Amerika yang diadaptasi dari komik fiktif Marvel Comics karya Joe Simon dan Jack Kirby. Film ini diproduksi oleh Marvel Studios dan dirilis oleh Walt Disney Studios Motion Pictures pada 13 Maret 2014 di El Capitan Theatre, LA, 2 April 2014 di Indonesia, dan 4 April 2014 di Amerika Serikat. Film ini merupakan sekuel dari Captain America: The First Avenger yang dirilis tahun 2011.

Film ini disutradarai oleh Russo brothers, yaitu Anthony Russo dan Joseph Russo. Russo brothers adalah sutradara, produser, dan juga penulis skenario yang dikenal setelah menggarap berbagai film dari Marvel Studios, seperti Captain America dan juga Avengers.

Peran utama dalam film ini dipercayakan kepada Chris Evans. Chris Evans adalah aktor Amerika yang dikenal setelah membintangi serial televisi Opposite Sex sebagai Cary Baston. Dalam dunia perfilman, ia telah membintangi sejumlah film populer, seperti Fantastic Four, Street Kings, dan juga Captain America: The First Avenger. Masih seperti seri sebelumnya, Chris Evans memerankan karakter Steve Rogers alias Captain America, seorang veteran Perang Dunia II yang dibekukan.

Karakter selanjutnya adalah Nick Fury yang dimainkan oleh Samuel L. Jackson. Samuel L. Jackson adaah aktojr Amerika yang telah membintangi sejumlah film populer, seperti seri film Star Wars, xXx, dan Avengers. Karakter Nick Fury yang ia mainkan adalah direktur S.H.I.E.L.D.

Aktris cantik Scarlett Johansson turut bergabung dalam film ini sebagai Natasha Romanoff/ Black Widow. Scarlett Johansson adalah aktris dan juga penyanyi Amerika yang telah membintangi sejumlah film populer, seperti The Nanny, Iron Man 2, dan The Avengers. Masih seperti di seri sebelumnya, karakter Black Widow yang ia mainkan adalah mata-mata terlatih dan juga pembunuh bayaran yang bekerja untuk S.H.I.E.L.D dan bergabung dengan Rogers.

Selain para pemeran di atas, film ini juga dibintangi oleh Robert Redford, Sebastian Stan, Anthony Mackie, Cobie Smulders, Frank Grillio, Maximiliano Hernandez, Emily VanCamp, Hayley Atwell, Toby Jones, dan masih banyak lagi.

Sinopsis

Film ini menceritakan tentang dua tahun pasca Pertempuran New York, dimana Steve Rogers bekerja untuk lembaga spionase yang dipimpin oleh Nick Fury, bernama S.H.I.E.L.D. Ia dan Natasha Romanoff dikirim untuk membebaskan sandera dari sekelompok bajak laut. Di tengah misi, Rogers menyadari bahwa Romanoff memiliki misi lain yang berhubungan dengan Fury. Baca juga: Sinopsis Psycho (2020), Kisah Tegang Berburu Pembunuh Berantai

sinopsis captain america the winter soldierJenis film: Superhero
Sutradara: Anthony Russo, Joe Russo
Produser: Kevin Feige
Penulis naskah: Christopher Markus, Stephen McFeely
Adaptasi: Captain America (komik Marvel) karya Joe Simon, Jack Kirby
Pemain: Chris Evans, Scarlett Johansson, Sebastian Stan, Anthony Mackie, Cobie Smulders, Frank Grillo, Emily VanCamp, Hayley Atwell, Robert Redford, Samuel L. Jackson
Musik: Henry Jackman
Sinematografer: Trent Opaloch
Editor: Jeffrey Ford, Matthew Schmidt
Produksi: Marvel Studios
Distributor: Walt Disney Studios, Motion Pictures
Tanggal rilis: 13 Maret 2014 (El Capitan Theatre), 4 April 2014 (AS)
Durasi film: 136 menit

Pemain – karakter

  • Chris Evans sebagai Steve Rogers / Captain America: prajurit Avenger dan veteran Perang Dua II yang mengembangkan kemampuan fisik karena serum hasil eksperimen, dia membeku di dasar es sekian lama, dan ketika ditemukan, dia sadar kembali dan berjuang untuk menyesuaikan diri dengan kehidupan abad 21.
  • Scarlett Johansson sebagai Natasha Romanoff / Black Widow: seorang Avenger yang mata-mata yang sangat terlatih, juga pembunuh yang bekerja untuk S.H.I.E.L.D. Dia satu tim dengan Rogers.
  • Sebastian Stan sebagai Bucky Barnes / Winter Soldier: teman masa kecil Steve Rogers yang muncul kembali sebagai pembunuh berkemampuan super. Dia yang seharusnya mati dalam perang dunia II, mengalami cuci otak dan digunakan oleh musuh The Avenger.
  • Anthony Mackie sebagai Sam Wilson / Falcon: mantan penyelamat terlatih di militer yang bertarung dengan sayap khusus.
  • Cobie Smulders sebagai Maria Hill: agen utama S.H.I.E.L.D. yang bekerja dengan Nick Fury.
  • Frank Grillo sebagai Brock Rumlow: komandan anti terorisme S.T.R.I.K.E. yang merupakan bagian dari S.H.I.E.L.D.
  • Emily VanCamp sebagai Sharon Carter: seorang agen S.H.I.E.L.D. yang ditugaskan untuk mengawal Rogers tanpa sepengetahuan Rogers.
  • Hayley Atwell sebagai Peggy Carter: agen pensiunan militer dan salah satu pendiri S.H.I.E.L.D. dia adalah mantan kekasih Steve Rogers.
  • Robert Redford sebagai Alexander Pierce: petugas senior di S.H.I.E.L.D, salah satu anggota Majelis Keamanan Dunia dan kawan lama Nick Fury.
  • Samuel L. Jackson sebagai Nick Fury: direktur S.H.I.E.L.D

Alur cerita

Dua tahun setelah Pertarungan di New York, Steve Rogers bekerja di Washington, D.C. untuk agensi mata-mata S.H.I.E.L.D. di bawah komando Direktur Nick Fury, sembari menyesuaikan diri dengan kehidupan masyarakat sekarang.

Rogers dan Agen Natasha Romanoff dikirim bersama tim anti terorisme S.T.R.I.K.E. yang dipimpin oleh Agen Rumlow, untuk membebaskan sandera dari pembajak yang dipimpin Georges Batroc. Di tengah misi, Rogers menemukan Romanoff memiliki agen lain: mengekstrak data dari komputer pesawat untuk diberikan ke Fury.

Rogers kembali ke Triskelion, markas S.H.I.E.L.D., untuk menghadapi Fury dan dia diberitahu mengenai Project Insight: tiga pesawat udara Helicarrier terhubung dengan satelit mata-mata, didesain untuk terlebih dahulu menghilangkan ancaman.

Tidak bisa menyandikan data dari Romanoff, Fury menjadi curiga kepada Insight dan meminta pada petugas senior S.H.I.E.L.D. dan Menteri Dalam Negeri Alexander Pierce untuk menunda proyek itu.

Dalam perjalanan bertemu dengan Maria Hill, Fury disergap oleh penyerang yang dipimpin oleh pembunuh misterius bernama Winter Soldier. Fury kabur ke apartemen Roger dan memperingatkan Rogers bahwa S.H.I.E.L.D. dalam bahaya. Fury ditembak oleh Winter Soldier sebelum memberikan flash disk yang berisi data dari pesawat.

Fury diumumkan meninggal dalam proses operasi. Hill memulihkan tubuhnya. Pada hari berikutnya, Pierce memanggil Rogers ke Triskelion. Saat Rogers menahan informasi yang dimiliki Fury, Pierce mencapnya sebagai buronan. Diburu oleh S.T.R.I.K.E., Rogers bertemu Romanoff.

Menggunakan data dari flash disk, mereka menemukan bunker rahasia S.H.I.E.L.D. di New Jersey di mana mereka mengaktifkan komputer super yang berisi kesadaran Arnim Zola yang diawetkan. Zola mengungkapkan bahwa sejak S.H.I.E.L.D. didirikan setelah Perang Dunia II, Hydra telah menyusup dan diam-diam menjalankan operasi rahasia.

Mereka menciptakan kekacauan global dengan tujuan membuat manusia menyerahkan kebebasannya untuk ditukarkan dengan keamanan. Dua orang ini melarikan diri saat misil S.H.I.E.L.D. menghancurkan bunker dan menyadari Pierce adalah pemimpin Hydra yang menyusup di dalam S.H.I.E.L.D.

Rogers dan Romanoff meminta bantuan dari mantan penyelamat USAF, Sam Wilson, teman Rogers dan memiliki kekuatan sayap disebut Falcon. Menyimpulkan bahwa agen S.H.I.E.L.D. Jasper Sitwell adalah pengkhianat Hydra, mereka memaksanya membocorkan bahwa Zola mengembangkan algoritma data yang dapat mengidentifikasi individu yang mengancam Hydra.

Helicarrier ini bakal beroperasi global dan menghancurkan orang-orang tersebut. Roger, Romanoff dan Wilson disergap oleh Winter Soldier yang membunuh Sitwell. Dalam perkelahian, Rogers mengenali Winter Soldier sebagai Bucky Barnes, sahabat masa kecilnya yang seharusnya sudah meninggal dalam sebuah misi, tapi ditangkap dan dijadikan bahan eksperimen setelah Perang Dunia II.

Hill mampu mengekstrak data untuk ketiga orang ini menuju ke sebuah safehouse di mana Fury, yang memalsukan kematiannya, sedang menunggu mereka, dengan rencana mensabotase Helicarrier dengan menggantikan chip kontrolnya.

Bagaimana endingnya? Ada baiknya ditonton sendiri film apik ini.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.