Sinopsis BIRD BOX (2018) dalam Bahasa Indonesia

Diposting pada

Film Bird Box (2018) adalah film yang diarahkan oleh Susanne Bier yang berkisah tentang seorang wanita bersama dua anak yang menelusuri hutan dan sungai dalam keadaan mata tertutup untuk melindungi makhluk supernatural.

Bier yang berasal dari Denmark ini diketahui sebelumnya membuat film Brothers, After the Wedding dan film pemenang Oscar In a Better World.

Naskah film ditulis oleh Eric Heisserer yang diangkat dari novel karya Josh Malerman yang berjudul Bird Box. Posisi pemeran utama diisi oleh Sandra Bullock yang berperan sebagai Malorie Shannon. Film ini juga dibintangi oleh Trevante Rhodes, Jacki Weaver, Tom Hollander dan John Malkovich.

Film yang sudah tayang di AFI Fest pada 12 November 2018 ini akan dirilis terbatas pada 14 Desember 2018 sebelum ditayangkan di seluruh dunia melalui Netflix pada 21 Desember 2018.

Mengingat kapasitas sang sutradara dan para pemain papan atas yang mengisi Bird Box, tidak salah jika banyak yang bisa diharapkan dari film ini.

Di situ Rotten Tomatoes, Bird Box mendapatkan rating lumayan sebanyak 60% dari 30 ulasan dengan rating rata 6/10. Film ini dinilai memiliki akting yang kuat.

Bagaimana kisahnya, simak sinopsis Bird Box berikut.

Sinopsis

Malorie Shannon yang akan segera menjadi ibu, menerima berita histeria massal bunuh diri menyebar di seluruh negeri, tapi sesuatu yang lebih mengerikan sedang berlangsung.

Setelah kakak perempuannya menjadi korban dari masalah tersebut, Malorie mengetahui dari grup penyintas bahwa masalahnya adalah iblis dari dunia lain yang memiliki kemampuan merasuk dan menjadi ketakutan terburuk korban dan membuat mereka langsung menjadi gila dan tiba-tiba memaksa korbannya bunuh diri.

Ketika dia kehilangan kontak dengan kelompok penyintas, Malorie harus menjalankan misi memandu anak-anak kecil melalui hutan dan sungai menuju ke tempat yang aman.

Karena sumber masalah itu mengambil bentuk ketika mereka bisa melihat, maka perjalanan itu harus dilakukan dengan mata tertutup.

Sinopsis Bird BoxJenis film: Thriller
Sutradara: Susanne Bier
Produser: Chris Morgan, Dylan Clark, Clayton Townsend
Penulis naskah: Eric Heisserer, adaptasi dari Bird Box (novel) karya Josh Malerman
PemainSandra Bullock, Trevante Rhodes, Jacki Weaver, Rosa Salazar, Danielle Macdonald, Lil Rel Howery, Tom Hollander, BD Wong, Sarah Paulson, John Malkovich
Rumah produksi: Bluegrass Films, Chris Morgan Productions
Distributor: Netflix
Tanggal rilis: 12 November 2018 (AFI), 14 Desember 2018 (Amerika Serikat)
Durasi film: 124 menit

Trailer

Alur cerita

Di dunia paska bencana, Malorie Hayes menasihati dua anak kecil tanpa nama bahwa mereka akan pergi ke hilir sungai dengan perahu.

Dia memerintahkan dua anak itu agar tidak membuka penutup mata mereka apapun yang terjadi, atau mereka akan mati. Malorie juga membawa burung-burung yang ditempatkan di sebuah kotak.

Lima tahun yang lalu, Malorie yang sedang hamil menjalani pemeriksaan kehamilan dengan ditemani kakak perempuannya, Jessica.

Setelah itu, Malorie melihat seorang wanita membenturkan kepalanya ke panel kaca diikuti oleh orang lain yang mulai panik. Kekacauan meletus di kota.

Malorie dan Jessice berusaha menghalau kekerasan itu untuk melarikan diri. Jessica kehilangan kendali saat mengemudi, mobil terbalik. Malorie terluka, dan menyaksikan Jessica berjalan ke truk yang melaju, bunuh diri.

Sekelompok penyintas menyelamatkan Malorie. Saat Malorie sedang memulihkan diri di pangkalan mereka, salah seorang yang selamat bernama Charlie, berteori bahwa entitas dunia lain telah menginvasi bumi.

Makhluk-makhluk itu mengambil bentuk terburuk di hadapan korbannya. Korbannya menjadi gila, lalu melakukan bunuh diri.

Atas desakan Tom, pemimpin kelompok, mereka menutup semua jendela rumah dan menutup mata mereka sendiri setiap kali mereka harus pergi ke luar.

Ketika persediaan makanan semakin berkurang, Tom, Malorie, Charlie dan penyintas lainnya yang selamat, Douglas dan Lucy, pergi ke supermarket terdekat untuk mendapatkan persediaan makanan.

Mereka diserang oleh orang-orang yang terinfeksi, yakni orang yang selamat dan tidak terbunuh, tapi digunakan sebagai alat untuk membuat orang lain membuka matanya.

Charlie mengorbankan dirinya sendiri agar bisa menyelamatkan yang lain. Hal ini membuat yang lainnya mampu kembali ke rumah dengan selamat. Lucy dan Felix mencuri mobil dan pergi.

Segera sesudahnya, Olympia, seorang korban yang yang hamil, mengizinkan Gary, orang asing masuk ke rumah. Gary menentang Douglas. Sementara itu, Olympia dan Malorie sudah waktunya melahirkan. Cheryl membantu kelahirannya.

Gary berhasil mengalahkan Tom, membunuh Douglas dan membuka semua penutup jendela. Hal ini membuat semua orang bunuh diri, kecuali Tom, Malorie dan dua bayi yang baru lahir. Tom berhasil membunuh Gary.

Lima tahun kemudian, Tom dan Malorie hidup bersama anak-anak. Mereka menerima sebuah transmisi dari penyintas lain yang mengatakan bahwa ada sebuah komunitas yang aman.

Keempat orang ini memutuskan untuk pergi ke komunitas itu, tapi di tengah jalan mereka disergap penyintas yang sudah terinfeksi. Tom mengorbankan dirinya untuk menyelamatkan Malorie dan anak-anak.

Malorie dan anak-anak berjalan dengan mata tertutup menuju sungai. Mereka menaiki perahu untuk menghindari korban yang terinfeksi. Mereka selamat dari arus yang mengamuk dan terpisah satu sama lain.

Makhluk-makhluk itu menggoda anak-anak dan Malorie agar melepaskan penutup mata mereka, tapi mereka tidak berhasil. Ketiga orang ini akhirnya mencapai komunitas tersebut.

Malorie mengetahui bahwa kompleks itu adalah sekolah tua untuk orang buta. Sebagian besar anggotanya mengalami buta. Hal ini membuat mereka kebal terhadap makhluk tersebut.

Malorie akhirnya memberi nama kepada anak-anaknya. Anak perempuan diberi nama Olympia, sementara anak laki-laki bernama Tom. Mereka melepaskan burung-burung.

(berdasarkan novel)

Malorie adalah mahasiswa yang hidup di Michigan tenggara bersama saudarinya, Shannon. Dia kecewa saat mengetahui dirinya hamil karena hubungan satu malam, apalagi laki-laki itu tidak membalas teleponnya.

Shannon khawatir melihat berita mengenai kebrutalan orang-orang yang tiba-tiba menyerang sekitar dan kemudian membunuh dirinya sendiri, setelah mereka melihat sesuatu yang belum diketahui.

Malorie bersikap cuek dengan insiden itu pada awalnyanya, namun dia dipaksa mengakui hal itu sangat mengganggu ketika mulai terjadi di Kanada dan Michigan. Rumor menyebar bahwa orang-orang melihat makhluk dan situasi itu dikenal sebagai “Masalah”.

Malorie dan Shannon membuat barikade di rumahnya, semua jendela dan pintu dikunci. Mereka berdiskusi bagaimana mencari pengungsian terdekat, tapi akhirnya memutuskan tetap di rumah karena berpindah tempat terlalu beresiko.

Tapi kemudian Malorie menemukan Shannon telah menjadi mayat, sehingga dia harus melakukan perjalanan untuk mengungsi.

Dia bertemu Tom dan empat penyintas lainnya, Don, Jules, Felix dan Cheryl, dan kemudian Olympia bergabung. Seperti Malorie, Olympia juga sedang hamil.

Suasana di rumah itu tegang. Suara misterius dan perasaan tidak menentu. Mereka menghabiskan waktu dengan mata tertutup.

Tom memutuskan mereka harus keluar untuk mencari makanan dan sumber daya lebih banyak. Suasana di luar ternyata sangat menggangu mereka.

Segera setelah itu, orang baru mengetuk pintu rumah mereka, Gary yang berasal dari tempat pengungsian lain karena terlibat intrik dengan penghuni lainnya, Frank. Gary menggambarkan Frank sebagai seorang laki-laki yang dia pikir gila.

Frank menyimpan sebuah buku yang menjelaskan makhluk itu tersebut bukan untuk menyakiti mereka dan bahwa orang-orang menjadi gila karena pikiran yang lemah dan mudah disugesti. Dia percaya bahwa hal itu seharusnya terjadi.

Gary menjelaskan suatu hari Frank meninggalkan bukunya, pergi dalam keadaan pintu terbuka dan merobohkan tirai jendela, memperlihatkan semua penghuni rumah kepada makhluk-makhluk itu.

Malorie melihat barang-barang Gary dan menemukan buku itu. Dia curiga Gary mungkin adalah Frank. Malorie memberitahukan ke seluruh penghuni rumah sehingga dia diusir. Sementara Don tidak setuju dengan kepergian Gary.

Olympia adan Malorie melahirkan pada saat yang sama. Saat itu Gary mengambil keuntungan dari situasi. Dia belum pergi, tapi hanya disembunyikan oleh Dom di ruang bawah tanah.

Dom di bawah pengaruh Gary membuka pintu dan merobohkan penutup jendela. Makhluk-makhluk masuk ke dalam rumah. Semua orang menjadi gila dan bunuh diri, kecuali Malorie karena dia menutupi matanya sendiri. Begitu juga kedua bayi yang baru lahir.

Beberapa saat kemudian, Malorie mendengar telepon berbunyi. Dia menjawabnya dan terhubung dengan orang bernama Rick. Dia diminta untuk datang ke tempat pengungsian dimana ada 108 orang di rumah tanpa jendela.

Dia harus menyeberangi sungai dan membuka matanya melakukannya. Malorie akhirnya keluar dari rumah itu dan menemukan semua orang sudah mati, sementara Gary menghilang.

Setelah berbagai kejadian, Malorie mulai melatih anak-anaknya agar otomatis menutup mata ketika bangun dan dan mempertajam telinga mereka sehingga mereka dapat mendengar satu sama lain dan melacak lokasi. Dia memanggil anak-anak itu hanya dengan “Boy” dan “Girl” karena dia merasa nama adalah kemewahan yang tidak perlu.

Malorie terpaksa harus mengumpulkan persediaan makanan sendiri. Dia membawa Victor, seekor anjing dalam perjalanannya, tapi suatu hari, anjing itu melihat makhluk dan menjadi gila. Hal ini membuktikan binatang tidak kebal darinya.

Dia mulai merencanakan pelariannya dan menemukan perahu yang bisa dia gunakan. Dia menunggu kesempatan dan keberanian melakukannya.

Suatu pagi yang berkabut dia memutuskan mengambil resiko untuk melakukan perjalanan itu. Dia berharap kabut akan menyembunyikan mereka dari ancaman, termasuk makhluk dan Gary. Dia percaya Gary mungkin akan menyerang mereka untuk balas dendam.

Dalam perjalanan dia menemukan berbagai masalah, dari sekawanan serigala, suara-suara aneh sehingga mereka tidak bisa saling mengenali. Saat dia hampir sampai di sungai, Malorie terpaksa membuka penutup matanya, dia dikelilingi oleh burung-burung yang menggila dan mulai berteriak, mereka melihat makhluk-makhluk itu.

Malorie dan anak-anak berhasil menyelamatkan diri dan sampai ke Rick, tapi dia ketakutan saat tahu hampir semua orang membutakan matanya sendiri sebagai bentuk perlindungan, tapi Rick meyakinkan dia bahwa mereka tidak melakukannya lagi.

Malorie memberikan nama pada anak-anaknya dan merasa aman.

Artikel Terkait

3 thoughts on “Sinopsis BIRD BOX (2018) dalam Bahasa Indonesia

      1. Nggak papa. Artikel ini habis diperbaiki dengan ditambahkan “berdasarkan novel”. Admin terbuka dengan masukan pembaca, apalagi kalau disampaikan dengan sopan. Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.