Kemangi, Tanaman Liar yang Punya Nilai Medis

Diposting pada

Makanenaksehati.blogspot.com – Kemangi adalah tanaman liar yang mudah ditemukan. Kadang kemunculannya tidak terduga dan bisa dimanfaatkan secara langsung sebagai lalapan untuk makan. Rasanya agak sedikit pahit namun punya karakter yang khas, seperti agak pedas dan baunya wangi. Konon, kemangi mampu mengurangi bau badan yang menyengat saat dimakan secara teratur.

Di samping itu, daun kemangi juga memiliki manfaat lebih besar untuk kesehatan. Dikutip dari situs Health, kemangi bisa mengatasi masalah seputar menstruasi hingga stres. Berikut beberapa manfaat kemangi:

  1. Merangsang produksi hemoglobin atau sel darah merah saat menstruasi. Kemangi kaya dengan zat besi. Kekurangan darah pada wanita menstruasi menyebabkan pusing dan tubuh lemas. Makan kemangi kering satu sendok makan atau kemangi segar sebanyak dua cangkir akan membantu memenuhi 10 persen dari angka kecukupan zat besi harian yang direkomendasikan.
  2. Membantu proses detoksifikasi. Dalam pengeluaran racun tubuh, organ liver berperan penting sebagai eksekutornya. Makan daun kemangi dapat membantu fungsi liver untuk lebih optimal menjalankan fungsinya mengeluarkan racun. Di balik nikmatnya kemangi, tubuh Anda menjadi lebih sehat.
  3. Merawat wajah dan mencegahnya dari kemunculan jerawat. Daun kemangi memiliki sifat antbakteri. Menurut studi yang dipublikasikan International Journal of Cosmetic Science, minyak kemangi dapat memerangi bakteri penyebab jerawat. Jika ingin menggunakan duan ini untuk tujuan kecantikan, cukup rebus segenggam kemangi ke dalam satu gelas air selama 10 menit. Setelah itu celupkan bola kapas ke dalam air sari kemangi, dan gunakan pada wajah atau kulit yang ada jerawatnya. Lakukan sehari dua kali.
  4. Mengurangi tingkat stres. Menurun ahli botani bernama James Duke, PhD yang juga penulis The Green Pharmacy, kemangi memiliki fitokimia yang dapat menurunkan hormon kortisol. Hormon tersebut memicu rasa tertekan pada pikiran yang muncul kala seseorang mengalami situasi yang menegangkan. Untuk menuai manfaatnya bisa dilakukan bersamaan dengan minum teh. Pada seduhan panas teh di cangkir, dapat dimasukkan dua atau tiga lembar daun kemangi. Tunggu sebentar lalu minum.

***

(Penulis: Ilham Choirul)
Kredit foto: sehataja.com

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.