Delima Cocok Dikonsumsi Penderita Hipertensi dan Diabetes

Diposting pada

Makanenaksehati.blogspot.com – Delima atau pomegranate namanya sedang naik daun belakangan ini. Buah ini makin disadari memiliki antioksidan dan nutrisi yang tinggi. Konon vitamin C yang dimilikinya lebih banyak dibanding dengan jeruk. Untuk itulah, banyak produsen minuman yang mulai ditemukan memroduksi jus delima. Rasa buahnya asam-manis namun menyegarkan saat dijadikan jus.

Dikutip dari Times of India, delima memberikan berbagai menfaat kesehatan bagi tubuh. Mengonsumsinya secara teratur dapat mendatangkan khasiat seperti berikut:

  1. Kandungan nutrisi dalam delima, terutama kulitnya , sangat baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Kulit ini bisa diambil sarinya secara sederhana dengan meminum rebusannya.
  2. Jus delima aman untuk penderita diabetes selama diminum tanpa campuran apapun yang membuat risiko penyakit ini. Pasalnya, gula alami yang dimiliki delima adalah fruktosa yang tidak meningkatan gula darah.
  3. Bagi penderita hipertensi, menjadikan jus delima sebagai bagian dari konsumsi harian juga sangat cocok. Pasalnya, jus delima dikenal mengurangi terjadinya lesi dan peradangan di pembuluh darah. Darah turut dirangsang menjadi encer dan tidak mengalami penggumpalan sehingga tekanannya menjadi lancar.
  4. Delima dapat mengatasi masalah pencernaan. Nutrisinya membantu dalam proses sekresi enzim dalam proses mencerna makanan.
  5. Delima kaya dengan zat besi. Bagi orang yang menderita kekurangan darah atau anemia, diet tinggi dengan delima akan membantu meningkatkan kadar hemoglobin atau sel darah merah.
  6. Buat ibu hamil, delima mengandung asam folat yang penting bagi perkembangan otak dan mencegah kerusakan tabung otak janin. Aliran darah ikut lancar dan terhindar dari hipertensi yang biasa dialami ibu hamil

(Penulis: Ilham Choirul)

Kredit foto: holisticselect.com

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.