Inilah Pentingnya Mengonsumsi Vitamin Setiap Hari

Diposting pada

Makanenaksehati.blogspot.com – Barangkali Anda pernah mendengar jika tubuh harus dipenuhi dengan vitamin setiap hari. Nasihat ini ada benarnya. Sebab, vitamin menjadi salah satu dari enam nutrisi penting agar tubuh dapat menjalankan fungsi secara seimbang. Di antara protein , karbohidrat , lemak , mineral , air, dan vitamin, maka vitamin merupakan nutrisi yang harus cukup setiap saat.

Alasannya, vitamin membawa pengaruh secara langsung terhadap kondisi tubuh. Pada orang yang kekurangan vitamin C dan D, contohnya, lebih mudah mengalami hadirnya penyakit lantaran kekebalan tubuhnya menurun. Atau saat seseorang kekurangan vitain E, kemungkinan kulitnya menjadi lebih kusam. Oleh sebab itu, tubuh mesti mendapat asupan vitamin secara cukup sesuai anjuran.

” Stres yang dirasakan sehari-hari, infeksi, pilek, kurang tidur, dan konsumsi makanan olahan dapat menyebabkan penurunan jumlah vitamin,” kata dr. Shilpi Agarwal,  seorang dokter keluarga, seperti dikutip She Knows.

Mari sejenak mengenal manfaat dari beberapa vitamin. Berikut ini beberapa efek vitamin bagi tubuh ketika pemenuhannya dilakukan secara cukup:

  1. Vitamin A berguna untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Vitamin ini juga menjadi nutrisi penting bagi kesehatan mata.
  2. Vitamin B12 dapat memperkuat sistem saraf, merangsang produksi DNA baru, dan berkontribusi pada pembuatan sel darah merah. Sementara ketika vitamin B12 bertemu dengan B6, akan mengoptimalkan proses metabolime pada tubuh untuk membakar lebih banyak kalori. Vitamin ini turut mengontrol gula darah.
  3. Vitamin C memiliki sifat antioksidan yang dapat menetralkan darah dari racun serta menjaga kekebalan tubuh.
  4. Vitamin D mempengaruhi kesehatan tulang, mencegah osteoporosis, dan sebagainya. Kecukupan vitamin D membantu sistem rangka lebih baik.

Sebaiknya dapatkan berbagai vitamin dari memakan buah-buahan dan sayuran. Mereka adalah sumber alami yang lebih baik dibanding mengonsumsi suplemen multivitamin. Vitamin juga bisa didapatkan dari sumber hewani seperti susu dan ikan.
***
(Penulis: Ilham Choirul)
Foto kredit: ecowellness.wordpress.com

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.