Belimbing, Buah Asam Manis Kaya Nutrisi

Diposting pada

Makanenaksehati.blogspot.com – Belimbing mungkin memiliki bentuk yang kurang menarik. Namun rasanya sangat menyegarkan perpaduan asam, manis, dan penuh dengan air. Tidak hanya itu, buah yang berbentuk seperti bintang ini kaya dengan nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Dikutip dari NutritionAndaYou, berikut ini berbagai manfaat yang bisa didapatkan dengan makan belimbing:

  1. Belimbing adalah buah rendah kalori. Dalam setiap 100 gramnya hanya ada 31 kalori. Sekalipun begitu, belimbing kaya dengan nutrisi.
  2. Serat pada belimbing membantu penyerapan kolesterol jahat (LDL) dan meindungi selaput lendir usus besar dari paparan zat beracun penyebab kanker.
  3. Kandungan vitamin C pada belimbing mendapai 34,7 mg atau memenuhi 57 persen dari rekomendasi asupan harian dalam setiap 100 gramnya. Vitamin ini berguna sebagai antioksidan, antiperadangan, hingga penambah kekebalan tubuh.
  4. Antioksidan lain yang dimiliki belimbing adalah polifenol yang memiliki fito flavanoid, terdiri dari quercetin , epikatekin , dan asam galat. Kandungan polifenolnya adalah 143 mg per 100 gram. Zat ini membantu mengatasi radikal bebas penyebab tumor dan masalah kesehatan lainnya.
  5. Belimbing menjadi sumber vitamin B kompleks. Vitamin ini memiliki enzim yang membantu proses metabolisme dan berbagai fungsi sintesa daalam tubuh.
  6. Belimbing bagus untuk menunjang kesehatan kardiovaskular. Beberapa nutrisi yang dimilikinya yaitu kalium, fosfor, seng, dan besi. Kalium diperlukan tubuh mengatur tekanan darah dan membantu pengontrolan detak jantung. Zat asin seperti garam yang dapat meningkatkan tekanan darah dapat diredam dengan kalium.

***

Foto kredit: detoxdrinks.info (Klik gambar untuk memperbesar)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.