Inilah Nutrisi yang Dimiliki Buah Sawo

Diposting pada

Makanenaksehati.blogspot.com – Sawo adalah buah yang tumbuh di daerah tropis dan cukup digemari. Buah ini dimungkinkan berasal dari dari hutan hujan Amerika Tengah, atau sekitar Meksiko dan Belize. Kemudian mulai merambah ke wilayah Asia seperti India, Indonesia, dan Malaysia. Sebuah pohon sawo dewasa mampu berbuah sebanyak 2.000 biji setiap tahun.

Lebih istimewa lagi, banyak kandungan nutrisi sawo yang bermanfaat bagi kesehatan. Dikutip dari Nutritionandyou, berikut beberapa fakta gizi alami dari buah sawo:

  1. Sawo kaya dengan kalori. Dalam setiap 100 gram sawo dapat memberikan 83 kalori. 
  2. Sawo memiliki serat alami yang baik bagi pencernaan. Dalam setiap 100 gram, terdapat 5,6 gram serat yang membantu mencegah dan mengatasi sembelit.
  3. Sawo punya antioksidan polifenol berupa senyawa tanin. Senyawa ini berguna dalam menetralisasi asam dengan melakukan pengendapan protein. Selain itu, tanin memiliki sifat antiradang, antivirus, antibakteri, dan antiparasit bagi tubuh. Penyakit diare dan wasir bisa dibantu penyembuhannya dengan makan sawo. Termasuk pula, tanin membantu meringankan gastritis erosif, refluks esofagus, enteritis, dan gangguan usus.
  4. Sawo juga memiliki antioksidan dalam bentuk vitamin C dan A. Dengan 100 gram sawo memberikan asupan vitamin C sebesar 24,5 persen  dari kecukupan harian yang direkomendasikan. Vitamin C dikenal mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Sementara vitamin A melindungi dari kanker paru-paru dan kanker rongga mulut.
  5. Sawo penuh dengan mineral seperti kalium, tembaga, besi, asam folat, niasin, dan asam pentotenat. Semua zat tersebut  memberikan efek penting bagi kesehatan manusia. Mereka turut terlibat dalam berbagai proses metabolisme sebagai agen pendorong pembentukan enzim.
Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.