Inilah Fakta Sehat Tentang Selada

Diposting pada

Makanenaksehati.blogspot.com – Sejumput selada segar dan mentah yang ada burger atau salah mungkin terasa cepat sekali masuk ke tubuh. Namun jangan remehkan manfaatnya. Daun selada penuh dengan vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh. Dalam hal tertentu, selada bisa dipakai untuk terapi. Misalnya makan selada secara teratur dapat memperbaiki kualitas tidur.

Dikutip dari Whyfood, selada memiliki berbagai keistimewaan lainnya. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Kebanyakan selada memiliki kalori yang rendah. Sehingga, selada baik untuk mereka yang membutuhkan banyak serat dalam mendukung program diet.  Selada juga diketahui kaya denga senyawa kolin.
  2. Serat pada selada dapat memperbaiki fungsi pencernaan. Masalah pencernaan seperti sembelit dapat dicegah dengan mengonsumsinya secara rutin.
  3. Pada sebuah menu salad sayuran, selada adalah salah satu sayuran yang memiliki nutrisi cukup tinggi.  Rasanya juga cukup segar saat disantap.
  4. Makan selada membantu seseorang seperti kena induksi zat tidur. Dia mudah terlelap dan terhindari dari insomnia.
  5. Selada yang baik adalah yang berwarna lebih gelap. Di situ terdapat kandungan beta karoten yang tinggi. Senyawa ini bertindak sebagai antioksidan yang akan menangkal pengaruh buruk dari radikal bebas seperti kanker, penyait jantung, dan katarak. Dengan makan 100 gram selada, sudah memberikan tubuh sebanyak 247 persen asupan harian vitamin A yang direkomendasikan. Dan, memenuhi pula hingga 4443 persen asupan harian beta karoten yang disarankan. Beta karoten akan diubah ke vitamin A dalam tubuh.
  6. Selada kaya dengan vitamin K untuk membantu meningkatkan massa tulang dan mempromosikan aktivitas osteotrophic dalam tulang.
  7. Sayuran ini kaya dengan besi, kalsium, mangan, dan kalium. Dan, beberapa penyakit yang bisa dicegah dengan mengonsumsi selada adalah osteoporosis,  anemia karena kekurangan zat besi, penyakit jantung, penyakit Alzheimer, dan kanker .

(Penulis: Ilham Choirul)
Kredit foto: detik.com

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.