Cara Mengambil Foto dan Video yang Baik

mengambil fotoSelain menggunakan kamera yang canggih, ternyata kemampuan fotografi juga bisa meningkat dengan menggunakan teknik fotografi. Bahkan hasil yang didapatkan akan jauh lebih berkualitas jika Anda mengambil foto menggunakan kaidah teknik fotografi yang benar.

Jika Anda adalah orang yang menyukai dunia fotografi atau sedang mulai menekuni dunia fotografi, sebaiknya ketahui beberapa cara yang tepat untuk mengambil foto dan video agar hasil yang didapatkan bagus dan berkualitas.

Perhatikan tips di bawah ini:

1. Jangan Asal Mengambil Foto

Buatlah foto Anda terlihat lebih menarik. Jangan asal mengambil foto. Meski yang Anda foto adalah benda yang sederhana namun jika Anda mengambil foto dengan cara yang bagus tentu objek yang difoto akan terlihat lebih menarik.

2. Biasakan Mengambil Foto dengan Objek Berjumlah Ganjil

Jika di dunia nyata, orang lebih suka angka genap, berbeda dengan dunia fotografi, objek dengan angka ganjil seperti tiga, lima, dan tujuh, lebih menarik jika dibandingkan dengan angka genap.

3. Memperhatikan Latar Belakang Foto

Kebanyakan orang awam pasti akan fokus dengan objek yang akan difoto. Tanpa memperhatikan latar belakang foto objek bisa membuat foto yang dihasilkan kurang bagus dan kurang maksimal. Bahkan bisa saja objek yang sebenarnya bagus bisa terlihat jelek karena pemilihan latar belakang yang salah.

4. Mengambil Gambar di Saat Suasana Sepi

Terutama di tempat wisata atau tempat yang sangat ramai pengunjung. Sebaiknya untuk mendapat gambar yang bagus, fotolah saat pagi hari atau ke sana saat tempat sudah semakin sepi.

5. Hindari Tergesa-gesa

Cara mengambil foto yang baik adalah hindari tergesa-gesa. Anda harus sabar untuk bisa mendapatkan hasil yang berkualitas.

6. Buat Hasil Foto Anda Menjadi Penuh Kenangan

Anda juga bisa menjadi seperti seorang fotografer profesional. Asalkan jangan lupa untuk selalu membuat foto Anda selalu disukai orang karena memiliki estetika dan makna tersendiri di dalamnya.

Ada beberapa tips lainnya seperti mengatur bidikan foto dengan teliti, mengatur resolusi kamera, menyesuaikan tinggi kamera dengan mata subjek, mencari sudut yang paling menarik, dan mengomposisikan subjek.

Ada beberapa teknik mengomposisikan subjek. Simak di bawah ini:

1. Komposisi Rule of Third

Ini adalah komposisi paling mendasar. Bagilah satu bidang foto menjadi 9 kotak dan letakkan POI (Point of Interest) pada titik atau garis yang sebelumnya terbagi menjadi 9 kotak (3 x 3).

Selanjutnya ada Interesting Point (IP) berada di 4 titik. Selain itu, ada Interesting Lines yang terdiri dari 2 garis horizontal dan juga 2 garis vertical.

Prinsip Rule of Third adalah letakkan POI di tengah garis dan titik tersebut. Hasilnya, subjek yang Anda foto akan jauh lebih menarik.

2. Komposisi Golden Shape

Prinsip Golden Shape adalah membagi bidang menjadi positif dan negatif dengan perbandingan yang sama atau seimbang.

3. Komposisi Simetris

Prinsip komposisi simetris adalah meletakkan objek dengan menyeimbangkan rata kanan dan kiri sehingga terlihat lebih simetris.

4. Komposisi Repetition dan Pattern

Foto yang berulang membentuk sebuah perulangan disebut repetition sedangkan foto yang membentuk sebuah pola disebut pattern. Keduanya bisa menjadi foto yang harmonis karena keunikan masing-masing.

Asalkan, Anda menggunakan pemilihan sudut dan pengaturan jarak lensa yang benar.

5. Komposisi Perspektif

Prinsip dari komposisi perspektif adalah mengambil gambar dengan memanfaatkan pengaturan jauh dan dekat lensa yang mampu menghasilkan suatu dimensi yang sangat menarik.

Ada banyak lagi jenis komposisi yang bisa Anda gunakan. Seperti di bawah ini:

6. Komposisi Frame in Frame

7. Komposisi Leading Lines

8. Komposisi Negative Space

9. Keseimbangan Elemen Foto

10. Komposisi Golden Spiral atau Golden Ratio

11. Change your Point of View

12. Komposisi Refleksi

13. Komposisi Separasi

14. Komposisi Motion Blur

15. Komposisi Noise

16. Komposisi Penuhi Frame (Fill the Frame)

17. Komposisi Tekstur

18. Komposisi Warna

19. Rule of Odds

20. Isolasi Objek (Depth of Field)

Nah, itulah tadi 20 teknik komposisi yang bisa Anda gunakan saat mengambil foto. Agar foto yang dihasilkan lebih bagus dan menarik untuk dilihat.

Dengan mengamalkan beberapa cara mengambil foto dan video di atas, tentu saja mendapatkan hasil foto yang bagus bukanlah hal yang sulit untuk Anda lakukan.

Mulailah membuat foto yang memiliki nilai seni tinggi agar bisa membuat hobi atau kesenangan Anda ini menjadi profesi yang menguntungkan untuk Anda. Terlebih lagi saat ini jasa seorang fotografer sangat dibutuhkan terlebih lagi saat ada acara formal atau non formal dengan bayaran yang cukup besar.

Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.