Cara Memperbaiki Mood dengan 6 Makanan Enak

Diposting pada

Cara memperbaiki mood atau suasana hati tidak melulu harus dengan pergi ke suatu tempat kesukaan. Suasana hati yang bahagia atau lebih tenang ternyata dapat juga dipengaruhi dari makanan yang dikonsumsi. Makanan pembangkit mood ini juga bisa dengan mudah didapat dan tergolong makanan yang menyehatkan.

Mempertahankan mood selalu positif berkaitan erat dengan baiknya kesehatan seseorang. Jika mood terbiasa dalam kondisi negatif – seperti gampang sedih atau stres – dapat memengaruhi kesehatan terutama terkait mental dan kardiovaskular. Stres contohnya, memicu peningkatan hormon kortisol Hormon ini turut menyetimulasi naiknya tekanan darah. Oleh sebab itu, pada orang-orang yang selalu mendapatkan stres atau depresi tanpa adanya kontrol, berisiko tingga mendapatkan penyakit jantung atau stroke.

Untuk mencegah keburukan dari suasana hati yang negatif, perlu sekali melakukan upaya pengontrolan. Dan, inilah berbagai makanan yang berguna sebagai cara memperbaiki mood agar tidak terjebak pada stres, kesedihan , depresi, marah, dan berbagai suasana hati buruk lainnya:

  1. Jeruk. Jeruk mampu menimbulkan suasana bahagia dalam hati orang yang mengonsumsinya. Alasannya, dalam jeruk terkandung asam folat yang dapat menghambat pembentukan asam amino homosistein. Asam amino kalau terbentuk, dapat menghambat pelepasan hormon serotonin di otak yang memicu rasa bahagia. Selain itu asam amino homossitein menghambat laju nutrisi dan oksigen dalam darah untuk mencapai otak, yang bisa berakibat pada munculnya rasa kesal.
  2. Coklat. Coklat termasuk makanan yang mampu meningkatkan mood menjadi bahagia dengan cepat. Coklat memiliki kandungan anadamine. Ini adalah senyawa yang menjadikan pikiran lebih bersemangat. Glukosa alami pada coklat turut mendorong produksi hormon endorfin yang dikenal sebagai hormon bahagia. Coklat dapat pula menyetimulasi serotonin yang berguna daam meredakan stres. Namun pastikan memilih jenis coklat hitam yang lebih murni komposisinya ketimbang permen coklat yang kaya gula. Kebanyakan coklat yang dihual di supermarket adalah jenis permen.
  3. Nasi. Pada nasi terdapat kandungan karbohidrat yang membantu peningkatan hormon serotonin. Pikiran pun menjadi lebih rileks dan mood lebih baik. Makanan sejenis lainnya yang dapat dikonsumsi adalah roti dan mie.
  4. Susu. Dalam susu terdapat senyawa triptofan. Ini adalah asam amino yang juga turut membantu pembentukan hormon serotonin. Oleh sebab itu, minum susu bisa menjadi jalan bahagianya suasana hati. Susu juga dikenal kaya dengan kandungan kalsium dan beraneka vitamin.
  5. Kopi. Dalam takaran cukup, kopi memiliki manfaat untuk menyegarkan pikiran dan menjadikan tubuh lebih bersemangat. Ini berkat efek dari kafein. Hanya saja tidak disarankan mengonsumsi kopi berlebihan karena justru bisa menimbulkan mood negatif seperti lemas, cemas, dan depresi. Kafein hanya disarankan untuk dikonsumsi sesuai dengan kemampuan tubuh untuk beradaptasi dengannya. Jika badan merasa tidak nyaman di cangkir kopi yang kedua, mungkin toleransi tubuh terhadap kafein hanya sebatas satu cangkir per hari.
  6. Pisang. Dalam pisang juga terdapat senyawa triptofan yang membantu produksi hormon serotonin yang merangsang mood bahagia. Pisang dikenal juga kaya kalium yang membantu jantung lebih sehat.
Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.