Blade Runner 2049 (2017)

Diposting pada

Blade Runner 2049 adalah film bergenre science fiction yang disutradarai oleh Denis Villeneuve dan akan dirilis pada Oktober 2017. Naskah film ditulis oleh Hampton Fancher, orang yang sama yang menggarap Blade Runner tahun 1982 dan Michael Green. Film ini merupakan sekuel dari film Blade Runner (1982) dan dibintangi oleh Ryan Gosling , Harrison Ford, Ana de Armas, Jared Leto, Robin Wright, dan Dave Bautista.

Film ini menceritakan mengenai keadaan tiga puluh tahun setelah peristiwa yang terjadi pada film pertamanya. Dimana seorang Blade Runner baru yang merupakan anggota polisi LAPD bernama K (diperankan Ryan Gosling) membongkar sebuah rahasia besar yang dapat menimbulkan kekacauan besar. Penemuan K ini membawanya ke sebuah perjalanan untuk menemukan Rick Deckard (diperankan Harrison Ford), mantan anggota Blade Runner yang telah menghilang selama 30 tahun.

Blade Runner merupakan film yang diadaptasi dari novel karya Philip K. Dick yang berjudul “Do Androids Dream of Electric Sheep?” yang terbit pada tahun 1968. Ridley Scott yang sebelumnya bertindak sebagai sutradara dalam versi originalnya, Blade Runner, dalam film Blade Runner 2049 bertindak sebagai eksekutif produser. Scott menyatakan bahwa pada Blade Runner 2049 akan mengungkapkan identitas dari Rick Deckard, apakah ia manusia buatan atau bukan.

Ryan Gosling memberi bocoran bahwa dalam film ini akan jauh lebih brutal dari versi originalnya. Gosling menambahkan bahwa dalam film ini akan terfokus pada keberadaan tubuh biologis dari Officer K yang kemudian medatangi mantan Blade Runner, Rick Deckard untuk meminta bantuannya. Trailer perdana Blade Runner 2049 menuai komentar positif dari banyak website film, yang juga memberi acungan jempol kepada sang sutradara, Denis Villenueve, karena mampu menggarap sinematografinya seperti di versi original.

Plot film Blade Runner 2049 (Awas spoiler!)

Plot ini berdasarkan novelnya, jadi mohon maaf kalau 100% tidak mirip dengan cerita di filmnya.

Beberapa bulan setelah kejadian di Blade Runner, Deckard telah pensiun dan tinggal di sebuah rumah kecil di luar kota. Dia membawa replika Rachael bersamanya dalam sebuah kontainer Tyrell yang memperlambat penuaan. Seorang wanita yang mengaku sebagai keponakan Eldon Tyrell, bernama Sarah Tyrell mendekatinya. Sarah adalah pewaris Tyrell Corporation dan template manusia replika Rachael. Dia meminta Deckard memburu tiruan keenam yang “hilang”. Pada saat yang sama, templat manusia untuk Roy Batty mempekerjakan Dave Holden, seorang blade runner untuk memburu pria yang dianggap sebagai tiruan keenam, Deckard.

Penyelidikan terhadap Deckard dan Holden membuat mereka kembali mengunjungi Sebastian, Bryant, John Isidore dan belajar lebih banyak tentang sifat dari blader runner dan replika.

Ketika Deckard, Batty dan Holden bentrok satu sama lain. Replika Batty melawan Holden yang membuatnya percaya selama ini telah ditipu dan Batty adalah replika keenam. Hal ini membuat dia menembak Batty.

Deckard kembali pada Sarah dengan kecurigaan: tidak ada replika keenam. Sarah berbicara melalui kamera jarak jauh mengakui dia membuat rumor tentang dirinya sendiri, untuk mendiskreditkan dan menghancurkan secara tiba-tiba Korporasi Tyrell, setelah pamannya Eldon membuat Rachael berdasarkan dirinya dan kemudian membuat Sarah yang asli. Sarah membawa Rachael kembali ke Korporasi untuk bertemu dengan Deckard, lalu Deckard kabur dengannya.

Holden yang pulih dari luka-lukanya selama pertarungan, kemudian mengetahui kebenaran: Rachael telah dibunuh oleh agen Tyrell, dan kemudian “Rachael” yang kabur bersama Deckard sesungguhnya adalah Sarah. Sarah menyelesaikan balas dendamnya selama ini yakni menghancurkan Tyrell dan mengambil tempatnya Rachael yang seharusnya menjadi miliknya.

Para Pemeran Blade Runner 2049

  • Ryan Gosling sebagai LAPD Officer K
  • Harrison Ford sebagai Rick Deckard
  • Ana de Armas sebagai Joi
  • Jared Leto sebagai Niander Wallace, pembuat replikai yang manipulatif
  • Robin Wright sebagia Lieutenant Joshi
  • Dave Bautista sebagai Sapper Morton
  • Mackenzie Davis
  • Sylvia Hoeks sebagai Luv
  • Lennie James
  • Carla Juri
  • Edward James Olmos sebagai Gaff
  • Barkhad Abdi sebagai seorang ilmuwan cacat
  • Hiam Abbass
  • David Dastmalchian

Poster film Blade Runner 2049 :

blade runner 2049

Informasi film Blade Runner 2049 :

Sutradara:
Denis Villeneuve

Produser:
Andrew A. Kosove
Broderick Johnson
Bud Yorkin
Cynthia Yorkin

Penulis naskah:
Hampton Fancher
Michael Green

Cerita:
Hampton Fancher

Adaptasi karakter dari:
Characters from Do Androids Dream of Electric Sheep? oleh Philip K. Dick

Pemain:
Ryan Gosling, Harrison Ford

Penata musik:
Jóhann Jóhannsson

Sinematografer:
Roger Deakins

Editor:
Joe Walker

Rumah produksi:
Alcon Entertainment
Columbia Pictures
Thunderbird Entertainment
Scott Free Productions

Distributor:
Warner Bros. Pictures
(Amerika Serikat)
Sony Pictures Releasing
(International)

Tanggal rilis:
6 Oktober 2017

Durasi film:
163 menit

Negeri asal:
Amerika Serikat

Bahasa:
Inggris

Halaman selanjutnya mengandung spoiler

Plot lengkap film Blade Runner 2049

Pada tahun 2049, manusia buatan hasil bioteknologi yang disebut dengan replicant telah menyatu dalam kehidupan sosial karena bioteknologi ini sangat penting untuk memastikan kelangsungan hidup umat manusia. K adalah replicant model baru yang dibuat untuk patuh dan bekerja sebagai blade runner di LAPD, tugasnya memburu dan menghentikan replicant model lama yang tidak patuh. Hidupnya dihabiskan dengan pacar hologramnya yang bernama Joi, sebuah produk buatan Wallace Corporation.

Penyelidikan yang dilakukan K terhadap pergerakan kebebasan replicant membawanya ke sebuah area pertanian, dimana dia menghentikan replicant bernama Sapper Morton dan menemukan sebuah kotak yang terkubur, yang berisi manusia di dalamnya. Analisa forensik menunjukkan bahwa itu adalah replicant wanita yang mati akibat komplikasi saat operasi caesar. K merasa bingung karena dia awalnya mengira bahwa replicant tidak akan bisa hamil.

K ditugaskan untuk menghancurkan semua bukti terkait kasus ini dan menghentikan anak dari replicant tersebut. Atasannya yang bernama Letnan Joshi percaya bahwa info tentang replicant yang bisa melahirkan ini berbahaya dan bisa memicu perang. K merasa terganggu dengan perintah itu, dia mengunjungi markas pembuat replicant yaitu Niander Wallace yang memberitahunya bahwa replicant wanita itu adalah Rachel, replicant percobaan yang memiliki hubungan dengan mantan blade runner bernama Rick Deckard. Wallace meyakini bahwa reproduksi replicant bisa meningkatkan produksinya, sayangnya dia tidak bisa membuat kemampuan tersebut, dia pun mengirim replicant bernama Luv untuk mengambil Rachel dari markas LAPD dan mengikuti K untuk mencari anak Rachel. Wallace ingin memakai anak tersebut untuk meningkatkan produksi replicant dan mengembangkan usahanya.

Kembali ke pertanian Morton, K menemukan tanggal yang cocok dengan kenangan masa kecilnya tentang menyembunyikan mainan kuda. Kemudian dia menemukan mainan itu di panti asuhan, dia menyadari bahwa kenangannya ternyata bukan rekayasa. Joi bersikeras bahwa K memang benar-benar manusia dan memberinya nama panggilan Joe. Ketika mencari catatan kelahirannya, dia menemukan sebuah anomali, saat itu ada anak kembar yang lahir dengan DNA identik, hanya jenis kelaminnya yang berbeda, tetapi hanya anak laki-laki yang hidup. K menemui Dr. Ana, perancang kenangan yang menyatakan bahwa menanam kenangan manusia ke dalam replicant adalah tindakan ilegal, sehingga K meyakini bahwa dia anak dari Rachel. Setelah gagal dalam uji perilaku, K dipecat oleh Joshi, namun dia menjelaskan bahwa dia sukses dalam misi membunuh anak Rachel. Joshi mengetahui bahwa K akan diburu karena menyimpang, dia memberi waktu 48 jam kepada K untuk pergi. K memindahkan Joi ke pemancar mobile dengan resiko jika alatnya rusak maka Joi akan lenyap.

K menganalisa mainan kudanya dan menemukan jejak radiasi yang mengantarnya menuju reruntuhan di Las Vegas, dimana dia bertemu Deckard. Namun Deckard telah merusak catatan kelahiran K untuk menutupi jejaknya dan terpaksa meninggalkan Rachel yang hamil, untungnya Rachel dilindungi oleh gerakan kebebasan replicant. Luv dan anak buahnya datang untuk menangkap Deckard, membunuh Joshi dan melacak posisi K. Mereka meninggalkan K yang terluka parah serta menghancurkan pemancar Joi. K diselamatkan oleh gerakan kebebasan replicant yang melacaknya juga dan menurut pimpinan mereka yang bernama Freysa ternyata anak Rachel adalah perempuan. K menduga bahwa Dr. Ana adalah anak Deckard, karena dia satu-satunya yang bisa menanam kenangan padanya. Freysa mendesak K untuk mencegah Wallace membuka rahasia tentang reproduksi replicant dengan segala cara, termasuk membunuh Deckard.

Di Los Angeles, Deckard dibawa menghadap Wallace, yang menyatakan bahwa perasaan Rachel kepadanya hanyalah buatan dari Tyrell untuk menguji kemungkinan hamil dari replicant. Deckard menolak untuk bekerjasama dengan Wallace, meskipun dijanjikan akan dibuatkan duplikat Rachel. Luv mengawal Deckard ke salah satu ruangan Wallace yang digunakan untuk penyiksaan demi mendapat informasi. K mencegat mereka dan berhasil membunuh Luv. Dia juga melindungi Deckard dari Wallace dan replicant lainnya, serta mengantar Deckard ke ruangan Dr. Ana. K menyemangati Deckard untuk menemui putrinya. Deckard masuk ke ruangan itu dengan hati-hati dan akhirnya bertemu dengan anaknya, sementara itu K yang terluka parah terbaring di anak tangga dan menatap salju yang berjatuhan dari atas, sebelum menghembuskan nafas terakhirnya.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.