Ampun Mbah Google, Jangan Pasang Iklan CPM!

Diposting pada

Saya menuliskan ini berdasarkan pengalaman saya, Agan dan Aganwati sekalian. Ceritanya saya tidak puas dengan iklan Google Adsense, karena CTR blog saya rendah banget. Jumlah impresi 4000-5000 per hari hanya dihargai ngga sampai sedollar. Hiks. Maka mulailah saya berpikir untuk menggunakan iklan CPM, khususnya untuk pengunjung dari mobile seluler. Mungkin juga penghasilan adsense saya rendah karena pengunjungnya banyak yang pakai opera mini, adsense tidak muncul di Opera Mini. Akhir 2014 lalu sempat muncul, tapi sekarang tidak lagi, entah kenapa.

Setelah googling sana dan sini, saya temukan Mob*co*. Sebulan pertama, saya puas banget, karena bisa payout 21 dollar, dan langsung masuk ke rekening Paypal saya. Berhubung Paypal saya sudah verified, saya bisa withdraw ke rekening BCA saya. Puas banget, lumayan, khan. 
Jumlah impresi pun meningkat, mencapai 8000 ribu per hari. Saya jadi serakah, saya coba pasangi lagi P*pC*sh dan B*dvert*s*r. Memang awalnya baik-baik saja, tapi dua hari setelah itu, impresi menurun ke angka 3000. Saya mulai was-was, P*pC*sh dan B*dvert*s*r pun saya lepas dari website saya. Apa yang terjadi kemudian membuat saya sedih dan rasa down seketika, laman-laman web saya tidak bisa diakses, muncul gambar ini:
Cepat-cepat saya lepas script Mob*co* dan mengikuti petunjuk Google. Saya melaporkan isu ini melalui Google Webmaster Tools. Saya katakan bahwa saya sudah melepaskan semua script iklan dari blog saya. Alhamdulillah, tidak sampai 24 jam, website saya kembali normal. Tapi, jumlah visitor turun ke angka 2000. 🙁
Terus terang, saya belum mampu untuk menggunakan paket hosting sendiri. Saya ngelog hanya untuk menyalurkan hobi menulis, bukan buat bisnis. Saya sempat harga paket hosting cloud di Dewaweb, yang termurah Rp 198 ribu (sudah termasuk pajak) untuk 5000 visitor per bulan. Visitor blog saya jelas sudah jauh lebih dari itu dan pasti butuh paket yang agak menguras kantong.
Itulah pengalaman saya, seandainya ada rekan-rekan blogger yang mau memberikan saran dan pendapat lain, saya akan berterimakasih sekali. 
Artikel Terkait

One thought on “Ampun Mbah Google, Jangan Pasang Iklan CPM!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.