Kompetisi Semakin Sengit, Penghasilan Blogging Semakin Tidak Menjanjikan

Diposting pada

penghasilan blogging

Para pengguna internet tentu sudah tidak asing dengan blog. Blog adalah jurnal online yang memuat beragam informasi biasanya mengenai topik dengan fokus bahasan tertentu. Konten yang diunggah pada blog akan diperbarui secara berkala dan dikelola oleh satu atau beberapa orang sekaligus.

Kemudahan dalam membuat blog dan juga banyaknya pengguna internet yang berbagi dan mencari informasi melalui blog membuat angka blogger semakin bertambah. Blogger adalah sebutan bagi orang yang melakukan aktivitas menulis dan mengelola blog atau biasa disebut bloging.

Kegiatan blogging mulai muncul pada awal tahun 2000-an. Awalnya blog lebih banyak memuat informasi berbau politik, namun seiring berkembangnya waktu, blog bertema tutorial dan informasi populer lain mulai bermunculan. Hingga saat ini blogging masih menjadi kegiatan yang populer. Sering dijadikan pekerjaan sampingan, banyak pula blogger yang menjadikan blogging sebagai karir utama.

Keuntungan dari Blogging

Mengapa blogging menjadi kegiatan yang banyak dilakukan? Banyaknya blog di internet membuat pertanyaan ini seringkali muncul. Keuntungan pertama dari kegiatan ini tentu perasaan puas dan senang karena dapat berbagi informasi maupun opini mengenai topik tertentu yang disukai pada banyak orang. Berbagi informasi melalui blog juga memungkinkan pembaca untuk memberikan feedback pada blogger, sehingga terjadi interaksi yang menyenangkan.

Melalui blog, seorang blogger juga bisa memberikan pengaruh positif kepada para pembacanya. Bahkan tak jarang melalui karya-karya yang diunggah melalui blog, seorang blogger menjadi lebih dikenal publik. Selain keuntungan dari segi kepuasan dan kebanggan pribadi, apakah blogger juga memberikan keuntungan secara materi?

Salah satu hal yang membuat blogging banyak digemari adalah keuntungan berupa materi yang bisa diperoleh apabila berhasil mengembangkan blog. Lantas bagaimana cara blogger mendapatkan uang dari blogging? Sumber penghasilan dari blogging ada bermacam-macam, antara lain:

1. Google Adsense

Sumber penghasilan blogging yang pertama adalah Google Adsense yang merupakan layanan periklanan dari Google. Sederhananya, melalui Google Adsense pengiklan dapat melakukan penawaran untuk menampilkan iklannya pada blog. Semakin banyak pengunjung blog yang meng-klik iklan tersebut, maka semakin besar bayaran yang diterima oleh blogger.

Baca juga: Menghasilkan Uang dari Website dengan Hosting yang Handal

2. Afiliasi

Afiliasi menjadi sumber penghasilan berikutnya dari sebuah blog. Melalui afiliasi, pemilik blog akan mendapatkan komisi setiap kali ada pengunjung blog-nya yang melengkapi data atau membeli barang melalui banner atau link afiliasi yang dipasang pada blog.

3. Endorsement

Mengembangkan blog adalah hal yang penting untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Dengan semakin dikenalnya suatu blog, maka akan semakin mudah untuk mendapatkan penghasilan melalui endorsement. Blog yang sudah memiliki nama biasanya akan medapat tawaran kerja sama dari suatu perusahaan untuk mempromosikan produknya dalam blog. Bentuk promosi yang dilakukan pun beragam, biasanya review, unboxing, atau sekadar deskripsi produk untuk menarik minat pembaca.

Baca juga: Ampun Mbah Google, Jangan Pasang Iklan CPM!

Kompetisi Makin Sengit, Bagaimana Penghasilan Blogging?

Semakin mudahnya dalam mengakses interet membuat orang semakin mudah dalam mencari informasi. Hal ini berbanding lurus dengan banyaknya blogger baru yang bermunculan. Konten yang ditawarkan pun semakin beragam dan menarik, sehingga persaingan dalam dunia blogging terbilang makin sengit. Banyaknya blogger di internet tentu berpengaruh pada besaran penghasilan yang didapatkan.

Blogger yang mampu mempertahankan kualitas blog serta mengembangkan konten mengikuti perkembangan zaman akan mampu bertahan di tengah persaingan yang ketat. Penghasilan yang diperoleh juga tergantung pada popularitas yang dimiliki serta para pembaca yang loyal mengunjungi blog. Meski masih banyak diminati, kini banyak pula pengguna internet beralih pada konten vlog atau video blog yang tengah populer.

Mengingat persaingan yang semakin sengit, menjaga kualitas blog adalah hal yang penting dilakukan. Apalagi bagi blog yang memiliki fokus topik tertentu. Melakukan branding melalui media sosial juga bisa dilakukan untuk memperluas cakupan pembaca.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.