9 Pilihan Makanan Untuk Membersihkan Racun Tubuh

Diposting pada

Racun hingga hinggap ke berbagai bagian tubuh dan melakukan keburukan. Efek dari racun tubuh yaitu lebih rentan terserang sakit dan sistem kekebalan tubuh menurun. Bentuk dari racun tubuh sangat beragam seperti kolesterol tinggi, lemak berlebihan, bakteri patogen, virus, radikal bebas, residu sistem tubuh, dan sebagainya. Mengerikan bukan? Semua racun ini harus diminimalkan jumlahnya agar sistem tubuh tetap berjalan lancar. Detoksifikasi atau pengeluaran racun adalah solusinya.

Detoksifikasi bisa dilakukan dengan cara mudah hanya mengonsumsi berbagai makanan bergizi. Berikut ini beberapa makanan yang bisa dipilih agar pembuangan racun tubuh berjalan lebih optimal:

  1. Goji Berries. Jika menyukai buah-buahan kering, buah goji berry dapat dijadikan makanan bergizi nan menyehatkan Goji berry kaya vitamin C yang diperlukan untuk membersihkan limbah dari sistem tubuh. Buah ini juga mengandung beta-karoten yang membantu detoksifikasi hati dan meningkatkanfungsinya.
  2. Rumput laut kering. Banyak rumput laut kering yang dijual di toko-toko terdekat. Mengonsumsi rumput laut memberikan tubuh asupan yodium. Minera ini penting untuk meningkatkan metabolisme. Rumput laut juga punya kemampuan membersihkan tubuh dari timbal, kadmium dan radioaktif strontium.
  3. Baik bawang merah, bawang putih, atau bawang bombay berkhasiat untuk melancarkan pembuangan racun dari dalam tubuh. Pasalnya, bawang mengandung sulfur yang memiliki asam amino untuk membantu proses detoksifikasi.
  4. Biji wijen. Biji wiljen melindungi liver dari alkohol dan racun lainnya. Mengonsumsi biji wijen bisa dicampurkan bersama makanan lain seperti salad atau yoghurt.
  5. Umbi bit membantu menggelontorkan racun di dalam tubuh agar segera enyah. Dalam sayur bit terdapat magnesium, zat besi, seng dan kalsium. Di samping itu, bit juga kaya antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari sel-sel radikal bebas penyebab kanker.
  6. Daun kemangi. Daun ini kerap dijadikan sayur lalap untuk menu makanan tertentu. Baunya wangi yang khas dan menggugah selera makan. Kemangi melindungi liver dan mengandung sifat antibakteri serta antioksida.
  7. Jahe mampu membawa racun keluar dari tubuh. Tidak hanya membantu detoksifikasi tubuh, jahe membantu menjaga metabolisme dan mencegah beberapa jenis kanker. Ramuan ini memiliki sifat anti-inflamasi dan mengurangi rasa sakit maupun nyeri dalam tubuh. Bahkan, jahe membantu mengeluarkan racun melalui keringat di kulit. Usahakan mandi air hangat setelah mengonsumsi jahe agar memaksimalkan pembuangan racun di kulit.
  8. Nanas. Nanas adalah buah yang cocok untuk meningkatkan sistem pencernaan dan mendorong racun keluar lewat usus besar. Buah ini mengandung bromelain, yaitu enzim pencernaan yang sekaligus bersifat antikanker.
  9. Alpukat dapat membersihkan usus besar dari beragam limbah berbahaya. Salah satu nutrisi yang berperan untuk hal tersebut adalah serat larut di dalamnya. Bahkan, alpukat akan merangsang peningkatan kadar kolesterol HDL yang sehat, untuk mengikat dan membuang kolesterol LDL yang jahat keluar dari tubuh.
Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.