8 Manfaat Lidah Buaya Saat Dioleskan Maupun Dimakan

Diposting pada

Dilihat dari bentuknya, lidah buaya mungkin tidak seindah tanaman hias lainnya. Namun jangan salah sangka jika tanaman ini tidak punya manfaat. Justru di dalam daging lidah buaya banyak ditemukan senyawa aktif yang dapat dipakai untuk mengobati beragam penyakit. Manfaat lidah buaya bisa untuk pengobatan luar maupun dalam tubuh. Dagingnya yang berwarna bening kehijauan mirip jelli tersebut bahkan bisa dimakan.

Tanaman ini khas ditemukan pada daerah tropis. Tumbuhnya pun mudah tanpa perlu melakukan perawatan yang rumit. Menanam lidah buaya di pekarangan akan membantu Anda untuk mendapatkan pengobatan instan di kala ada masalah kesehatan menyerang. Paling sederhanan yaitu lendir yang terdapat pada daging lidah buaya dapat mengobati gatal-gatal di kulit.

Apa saja yang bisa kita dapatkan dari tanaman ini? Mari simak uraian manfaat lidah buaya sebagai berikut:

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh. Dalam tanaman ini terdapat sifat antibiotic, antijamur, dan antivirus. Selain itu, senyawa lain di dalamnya ikut membantu kekebalan tubuh untuk menghilangkan racun dan patogen. Oleh sebab itu, mengonsumsi lidah buaya dapat mengatasi alergi musim dan menurunkan efek peradangan penyakit auto imun seperti rheumatoid arthritis. Namun tetap perhatikan cara mengonsumsi daging lidah buaya yang aman.
  2. Menyehatkan jantung. Lidah buaya membantu meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Hal tersebut dilakukan dengan jalan menurunkan kadar total lemak pada orang yang punya kolesterol tinggi. Simpanan lemak dapat dikurangi dan pembekuan darah di arteri jantung maupun tubuh dapat dicegah.
  3. Menurunkan peradangan. Lidah buaya memiliki sifat analgesik dan antiinflamasi Mengonsumsi lidah buaya juga akan mempercepat pertumbuhan sel dan memperbaiki kerusakan yang terjadi pada jaringan, seperti pada arthritis.
  4. Membantu proses detoksifikasi dan menurunkan berat badan. Secara umum lidah buaya membantu detoksifikasi tubuh terutama pada usus besar. Lidah buaya juga antioksidan alami dan menghancurkan radikal bebas berbahaya yang sering dikaitkan dengan kemunculan penyakit kronis seperti kanker.
  5. Mengatasi infeksi. Infeksi yang muncul karena bakteri bisa diatasi dengan lidah buaya. Misalnya ada bagian kulit yang mengalami pembengkakan dan bernanah, mengoleskan lendir tanaman ini akan segera menyembuhkan. Selain itu efektif pula untuk menyembuhkan berbagai luka luar dan luka bakar. Sifat antibakter pada lidah buaya mencegah infeksi berkembang lebih lanjut.
  6. Masalah gangguan pencernaan yang dapat diatasi dengan lidah buaya antara lain mulas, sakit maag, wasir, kemacetan, infeksi saluran kencing, radang usus, hingga masalah prostat.
  7. Melawan kanker. Jus lidah buaya turut membantu perawatan pasien yang sedang menjalani terapi kanker. Jus lidah buaya meningkatkan kekebalan tubuh, mempercepat proses regenerasi sel, dan kaya antioksidan sehingga mampu melawan sel kanker.
  8. Mengendalikan diabetes.Konsumsi lidah buaya secara teratur akan mengendalikan gula darah dalam tubuh. Namun untuk tujuan ini sebaiknya konsultasikan dengan dokter lebih dahulu untuk mendapatkan dosis yang tepat dan kemungkinan pengaruhnya pada obat-obatan diabetes.
Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.