5 Buah-buahan untuk Membersihkan Usus Besar

Diposting pada

Makanenaksehati.blogspot.com – Kolon, atau usus besar, merupakan salah satu organ vital pada tubuh.

Kredit: ifood.tv

Dari tempat ini, semua limbah yang dihasilkan oleh tubuh dan mungkin beracun akan ditampung sementara, lalu dibuang dalam bentuk feses. Usus besar yang cenderung kotor dan penuh racun memungkinkan menjadi tempat berkembangnya sel kanker. Sehingga, sebaiknya usus besar selalu dalam keadaan bersih setiap hari dari zat yang berbahaya. (Baca juga: Cara Mudah Mengatasi Susah Buang Air Besar Dengan Kopi)

Dikutip dari Boldsky.com, salah satu cara membersihkan usus besar adalah makan banyak serat. Serat sehat bisa diambil dari buah-buahan dan sayuran. Untuk jenis buah-buahan, berikut ini beberapa contoh buah yang berguna untuk membersihkan usus besar:

  1. Alpukat. Selain kaya serat, alpukat memiliki asam lemak omega 3 yang cukup tinggi. Paduan kedua nutrisi ini dapat membersihkan usus besar dan mencegah masalah pencernaan. Asam lemak omega 3 menjadi pelumas untuk dinding usus. Walhasil, semua limbah dan racun dari sisa makanan dengan mudah terdorong keluar.
  2. Apel. Apel memiliki nutrisi yang mampu mengikat bahan kimia berbahaya dan logam berat dari tubuh. Buah ini juga kaya pektin yang berguna untuk membersihkan usus besar dari racun.
  3. Stroberi. Buah kecil ini kaya dengan serat yang baik untuk membersihkan usus dari racun. Stroberi kaya dengan antioksidan yang dapat mengikat radikal bebas dari tubuh.
  4. Blueberry. Baik blueberry atau buah dari keluarga anggur lainnya, mengandung aspirin alami yang dapat mencegah kerusakan jaringan akibat peradangan kronis. Buah ini juga berfungsi sebagai antibiotik untuk melawan bakteri patogen di dalam saluran kemih.
  5. Lemon. Air jeruk lemon mengandung vitamin C yang tinggi, Fungsinya akan membantu liver dalam menetralkan racun dalam tubuh yang berbahaya.

(Penulis: Ilham Choirul)
Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.