Sinopsis ROMANCE IS A BONUS BOOK Drama Korea Episode 1-16

Diposting pada

Drama baru yang dirilis pada 2018 yaitu “Romance Is a Bonus Book” merupakan sebuah drama korea mengisahkan tentang kisah seorang pria tampan bekerja sebagai seorang penulis sekaligus editor kepala muda jenius di perusahaan penerbitan.

Disutradarai oleh sutradara drama korea terkenal Lee Jung- Hyo, drama ini tampaknya memiliki judul lain yaitu “Romance Is a Supplement” dan judul lokal dalam bahasa korea “Romaenseuneun Byulchaekboorok”. Ada banyak sekali judul lain dari drama ini, bahkan beberapa minggu terakhir dimana drama ini menuju pertengahan rupanya memiliki judul baru lagi yaitu “How To Publish Love”.

Selain disutradarai oleh sutradara ternama, “Romance Is a Bonus Book”  juga dibintangi oleh sejumlah aktor papan atas seperti Lee Jong Suk dimana ia juga sangat aktif membintangi banyak sekali drama korea. Beberapa drama korea yang sudah pernah ia mainkan diantaranya “While You Were Sleeping” pada 2017, dan “Praise of Death”.

Untuk naskah drama “Romance Is a Bonus Book”, secara khusus ditulis oleh Lee Jung- Hyo dimana ia merupakan penulis yang sama dalam serial drama “Live on Mars” tahun 2018 dan “Criminal Minds”  pada 2017 lalu. Semua drama yang ia tulis tentunya memiliki alur cerita sistematis dimana ini membuat para penonton mudah memahami alur drama.

Sebelum melihat secara langsung kisah Lee Jong Suk dalam “Romance Is a Bonus Book”, simak terlebih dahulu sinopsisnya sebagai berikut.

Sinopsis

Cha Eun- Ho diperankan oleh Lee Jong- Suk merupakan seorang penulis jenius sekaligus editor kepala termuda dengan kepintaran sekaligus ketampanannya ia juga memiliki hati yang lembut walau kadang terkesan sedikit galak.

Disisi lain, seorang wanita bernama Dan- Yi yang diperankan oleh Lee Na- Young merupakan seorang mantan Copy Writer populer yang sedang bangkrut dan menjadi pengangguran. Hingga Dan- Yi mendapatkan sebuah pekerjaan di sebuah perusahaan dengan cara membuat kebohongan pada latar belakang di surat lamarannya.

Ternyata perusahaan dimana Dan- Yi bekerja merupakan sebuah perusahaan penerbit besar di Korea dan ini merupakan sebuah perusahaan dengan dipimpin oleh Cha Eun- Ho. Keduanya pun terlibat konflik hingga romance dalam drama ini.

Sinopsis Romance Is a Bonus BookJenis Drama: Romance, Family
Sutradara: Lee Jung- Hyo
Penulis: Jung Hyun- Jung
Produksi: tvN
Negeri Asal: Korea Selatan
Jumlah Episode: 16 episode
Pemain Utama:  Lee Jong Suk sebagai Cha Eun- Ho, Lee Na- Young sebagai Kang Dan- Yi
Tanggal rilis: 26 Januari 2019

Pemain dan Karakter

  • Lee Na-young sebagai Kang Dan-i (37 tahun), mantan bintang terkenal yang kini menjadi pengangguran setelah bercerai. Dia kemudian bergabung ke sebuah perusahaan penerbitan sebagai pekerja tidak tetap.
  • Lee Jong-suk sebagai Cha Eun-ho (32 tahun), seorang penulis brilian yang juga adalah editor-in-chief termuda.
  • Jung Yoo-jin sebagai Song Hae-rin (29 tahun), Editor Pengembangan Konten Penting
  • Wi Ha-joon sebagai Ji Seo-joon (29 tahun), seorang desainer buku freelance
    A freelance book designer.
  • Kim Tae-woo sebagai CEO Kim Jae-min
  • Kim Yoo-mi sebagai Go Yoo-sun
  • Jo Han-chul sebagai Bong Ji-hong
  • Kim Sun-young sebagai Seo Young-ah
  • Kang Ki-doong [ko] sebagai Park Hoon
  • Park Gyu-young sebagai Oh Ji-yool
  • Lee Kwan-hoon sebagai Lee Seung-jin
  • Choi Seung-yoon sebagai Bae Kwang-soo
  • Lee Ha-eun sebagai Chae Song-ee

Trailer

Episode 1

Adegan pertama diawali dengan Cha Eun Ho yang berpakaian sangat rapi menghadiri acara pernikahan Kang Dan Yi. Di acara tersebut Eun Ho bertugas sebagai pemain piano. Kemudian Eun Ho dipersilahkan untuk menemui mempelai wanita sebelum acara dimulai.

Kemudian dengan senyuman yang tipis, Eun Ho berkata lirih pada Dan Yi, “kamu cantik”. Tapi Dan Yi berpura-pura tidak mendengarnya kemudian tamu yang lain datang menghampiri.

Saat semua acara mulai berlangsung, tiba-tiba Dan Yi menghilang. Dia melarikan diri. Ternyata seminggu sebelum acara Dong Min dan Dan Yi bertengkar.

Saat Eun Ho berlari ingin mencari Dan Yi. Ternyata Dan Yi berada di mobilnya bersembunyi. Eun Ho sangat terkejut.

Akhirnya Dan Yi melanjutkan misi melarikan dirinya. Dia melamar suatu pekerjaan di perusahaan.

Episode 2

Eun Ho benar-benarterkejut karena ternyata Dan Yi melamar di perusahaan yang cukup besar. Pendidikannya juga memungkinkan untuk mendapat pekerjaan yang layak.

Setelah itu Eun Ho langsung menemui Dan Yi. Menyuruhnya masuk ke mobil miliknya, mereka terlibat dalam pertengkaran kecil. Eun Ho mengajaknya ke tempat tinggal lama Dan Yi.

Di café, kenangan masa lalu terulang kembali saat di mana Dan Yi memperkenalkan Dong Min pada Eun Ho.

Saat itu ada adegan di mana Eun Ho melarang Dan Yi menyuapi Dong Min karena makanan yang disuapkan ke Dong Min adalah makanan kesukaan Dan Yi.

Kemudian melihat adegan tersebut membuat Eun Ho langsung pergi.

Dan Yi meneruskan pembicaraan mereka di café. Ternyata Dong Min sedang di luar negeri. Oleh sebab itu Dan Yi harus mencari nafkah sendiri.

Kenyataan yang palling mengagetkan adalah Dong Min telah meminjam uang pada Eun Ho tapi tidak kunjung mengembalikannya.

Episode 3

Saat itu Dan Yi berpura-pura menghabiskan sebotol minuman keras. Setelah tahu rumahnya digusur, dia sementara tinggal di rumah Eun Ho. Tepatnya di loteng rumah.

Paginya Eun Ho coba memasak sup penghilang pengar karena mabuk. Ternyata saat Eun Ho masuk ke kamar Dan Yi, dia sudah pergi terlebih dahulu ke kantor.

Sesampainya di kantor Dan Yi mengerjakan banyak pekerjaan. Dia mulai menyiram tanaman, memesan tempat untuk rapat di restoran, memesan kopi, mencari tukang servis,dan banyak lagi. Eun Ho melihatnya dari kejauhan sangat kesal dan tidak bisa fokus bekerja.

Saat itu ada pegawai baru yang masuk terlambat karena kesiangan. Hae Rin selaku penanggungjawab divisi sangat marah dan langsung memberikan tugas pada pegawai baru  tersebut.

Eun Ho langsung menasehati Haein untuk tidak bersikap kasar seperti itu. Ternyata dulunya, Eun Ho adalah atasannya Hae Rin.

Episode 4

Malam itu Dan Yi mabuk berat karena mengajari Eun Ho cara minum alkohol. Namun akhirnya dia sendiri yang mabuk. Dalam keadaan mabuk dia membelanjakan semua uang nya menghamburkannya untuk mentraktir semua orang yang ada di sana.

Malam itu Dan Yi sangat tertekan dan akhirnya Eun Ho mengajaknya pulang. Ternyata tanpa sadar Eun Ho memeluk Dan Yi yang sedang mabuk.

Keesokan paginya, Dan Yi berpura-pura seperti tidak ada yang terjadi. Namun, Eun Ho ingin memastikan apakah kejadian tersebut hanya mimpi atau memang benar adanya.

Dan Yi pun berkata bahwa dia memang benar memeluk Dan Yi. Saat Dan Yi bergegas berangkat ke kantor, Eun Ho menawarkan diri untuk berangkat bersama namun Dan Yi menolak.

Episode 5

Dan Yi saat itu sedang memasang poster di pintu ruang rapat. Tiba-tiba saja Eun Ho ingin melihat media sosial milik Dan Yi, ternyata saat itu dia memposting buku-buku yang berhasil dia selamatkan dari tempat penghancuran.

Eun Ho langsung mengingat kembali kejadian malam tadi. Dan Yi menuliskan caption menarik yang berkaitan dengan kejadian yang dialami oleh Eun Ho dan Dan Yi malam tersebut.

Tiba-tiba saja mereka mendapat permintaan follow dari Direktur Kim yang menggunakan nama Luckyboy. Alih-alih di confirm mereka bertiga memblokir Direktur Kim dari media sosial mereka. Hae Rin, Dan Yi, dan Eun Ho tersenyum tipis.

Yoo Sun juga tidak ketinggalan memposting. Tiba-tiba Direktur Kim tahu perbuatan anak buahnya yang memblokir dirinya. Dia marah dan menanyakan alasan mereka.

Episode 6

Di episode ini diawali dengan Hae Rin yang berpura-pura mabuk. Dia beralasan bahwa setiap dia mabuk tempat yang pasti dia tuju adalah rumah Eun Ho.

Kemudian Eun Ho menghubungi Dan Yi mengatakan bahwa Hae Rin datang lagi ke rumahnya. Dan Yi berpura-pura mengatakan bahwa dia masih di kantor padahal dia sudah berada di depan rumah Eun Ho.

Setiap Hae Rin mabuk dank e rumah Eun Ho dia selalu membuat seamplop surat dan meletakkannya di antara selipan buku. Namun sudah 12 surat tetap tidak ada yang dia baca. Hae Rin benar-benar mencintai Eun Ho.

Dan Yi menunggu di halte bus dan tidak sengaja bertemu temannya si Seo Jun. Hujan pun turun, mereka mencari makan.

Kemudian Eun Ho segera menghantar Hae Rin mencari taksi.

Episode 7

Saat jam pulang kantor ternyata Dan Yi mendapat telepon dari Seo Jun bahwa dia mengajaknya berkencan. Eun Ho hanya bisa menatapnya. Hae Rin melihat mereka berdua dari kejauhan.

Eun Ho yang tahu kalau Dan Yi sedang ditunggu seseorang sengaja  memberikan tugas tambahan pada Dan Yi. Namun tugas tersebut langsung disambar oleh Hae Rin, sayangnya Eun Ho tetap ingin Dan Yi yang mengerjakannya.

Setelah selesai, Dan Yi segera bergegas turun menemui Seo Jun. Eun Ho berbisik sambil melewati mereka berdua, jangan pulang larut malam.

Park Hoon sangat kaget setelah tiba-tiba apartmen nya diterobos masuk oleh ibu Ji Yul. Wanita kesayangannya.

Ibu Ji Yul berpikiran bahwa Park Hoon menyukai Ji Yul karena uangnya.

Di sisi lain, Eun Ho sedang kebingungan karena Dan Yi berkencan dengan Seo Jun.

Episode 8

Dan Yi menunggu Seo Jun kemudian saat datang menemui Dan Yi, sambil membawa boneka besar buatannya sendiri. Eun Ho muncul. Mengajak Dan Yi untuk segera masuk ke rumah untuk menonton film. Padahal itu adalah alasan Eun Ho saja.

Seo Jun menyadarinya. Kemudian tersenyum curiga.

Seo Jun sepertinya berminat untuk bekerja di kantor yang sama dengan Dan Yi. Kemudian pembicaraan terhenti saat Dan Yi mengeluarkan sesuatu dari kantongnya. Penghangat tubuh, Eun Ho yang meletakannya.

Sambil berjalan, Dan Yi bercerita tentang Eun Ho yang terkadang dingin dan juga hangat saat memperlakukannya. Dulu, saat dia bercerai hal yang pertama dia ingat justru Eun Ho. Jika tahu hal tersebut pasti Eun Ho akan marah.

Di sisi yang lain, Hae Rin masih berusaha meluluhkan hati Eun Ho tapi masih saja gagal.

Episode 9

Di episode ini Seo Jun mengungkapkan perasaannya. Keinginannya untuk bisa lebih dekat dengan Dan Yi. Tapi Dan Yi belum memberikan jawaban pasti pada Seo Jun. Justru dia langsung menceritakan peristiwa tersebut pada Eun Ho.

Tentu saja Eun Ho marah dan kesal mendengarnya. Dan Yi terus saja membawa boneka daun bawang yang diberikan oleh Seo Jun ini menambah kemarahan Eun Ho.

Saat itu salju turun dan Eun Ho sedang menikmati indahnya salju bersama Dan Yi. Ternyata saat itu, Dan Yi menanyakan perihal perasaannya namun Eun Ho masih tetap berdiam tanpa berkata jujur perasaan sebenarnya.

Dan Yi terus saja mendesak Eun Ho untuk mengatakan hal yang sejujurnya. Barulah saat itu Eun Ho mengatakan sejujurnya dengan memegangi tangan Dan Yi yang terus saja memukulinya. Namun, usahanya sia-sia karena Dan Yi justru menyundul wajahnya dengan kepala.

Episode 10

Seo Jun menemani Dan Yi pulang ke rumah. Dan Yi akan lebih sering bertemu dengan Seo Jun karena Seo Jun sudah menandatangani kontrak dengan perusahaan Gyeoroo.

Dan Yi langsung meletakkan baju yang dibelinya untuk Eun Ho di kamarnya setelah beberapa kali mengetuk pintu tanpa ada sahutan dari Eun Ho.

Tapi, baju tersebut tidak jadi diberikannya pada Eun Ho dan meletakannya di lemari. Justru dia menemukan kalung yag dia sukai. Eun Ho yang dari tadi merawat ayahnya tidak mempedulikan pesan dari Dan Yi.

Ji Yul dan Park Hoon masih berjuang memperjuangkan misi mereka. Dokter memeriksan keadaan ayah Eun Ho yaitu Penulis Kang. Namun ternyata penulis Kang bukan ayah kandung Eun Ho.

Lalu tiba-tiba saja Dan Yi mengirimkan pesan pada Eun Ho.

Episode 11

Di toilet wanita, Dan Yi berbicara sendiri mengenai ciuman yang didaratkan oleh Eun Ho. Tak disangka ada beberapa senior lainnya di toilet tersebut.

Mereka mendengar apa yang dibicarakan Dan Yi. Langsung seketika itu menjadi berita hangat di kantor. Namun, Eun Ho hanya tersenyum tersipu malu sambil berjalan menuju mejanya.

Eun Ho terus saja menggoda Dan Yi. Di sisi yang lain Nyonya Go mengenang masa lalu yang pernah dia lalui. Ternyata tanpa disangka Nyonya Go bertemuk kembali dengan pria yang pernah disukainya dulu. Kini pria itu sudah memiliki tiga orang anak.

Tapi, Nyonya Go masih setia dengan status lajangnya. Hari itu adalah hari di mana Eun Ho dan Dan Yi membersihkan rumah. Eun Ho terus saja menggoda Dan Yi.

Episode 12

Di episode ini anak Nyonya Seo mengalami sakit gejala penyakit meningitis. Perusahaan mengadakan cara malam awal musim semi. Dan Yi diberi waktu untuk ikut berbicara mengenai pendapatnya berkaitan buku terbaru dari Bu Yoo.

Orang tua Hae Rin ikut datang di acara tersebut. Seperti rencana mereka sebelumnya, mereka membalas dendam kepada Eun Ho karena menolak anaknya. Namun Eun Ho tetap bersikap baik dengan mengantarkan mereka mencari taksi.

Di sisi lain, Ji Yool dan Park Hoon sedang senang karena acara tersebut berjalan lancar. Tiba-tiba ibu Ji Yool datang dengan seorang dokter yang akan dijodohkan dengan Ji Yool.

Tapi Park Hoon marah dan membawa Ji Yool pergi. Eun Ho dan Dan Yi juga merasa sangat senang atas pencapaian yang Dan Yi raih malam itu. Semua bergembira kecuali Hae Rin.

Episode 13

Saat itu Eun Ho sangat kesal karena Dan Yi masih belum bisa mendapatkan kerja yang lebih pantas dilihat dari ijazah dan kemampuan yang dia miliki seharusnya Dan Yi bisa mendapatkan kerja yang jauh lebih bagus.

Di sisi yang lain Hae Rin sedang bingung dan kesal karena perbuatannya saat mabuk membuat dua pria yang disayanginya marah. Seo Jun sempat kaget ketika Hae Rin mabuk lalu masuk dan tidur di rumahnya. Eun Ho juga menyayangkan perbuatan Hae Rin tersebut.

Di perusahaan akan diadakan kontes ide Dan Yi pun berkeinginan untuk mengambil kesempatan itu. Dan Yi, Park Hoon, dan Ji Yool mengadakan belajar bersama untuk mempersiapkan diri dalam kontes tersebut.

Nyonya Seo merasa Dan Yi harus masuk ke dalam timnya. Dan Yi sangat senang. Hae Rin masih berusaha memperbaiki hubungannya dengan Seo Joon.

Episode 14

Di kantor suasana menjadi berbeda karena semua sudah tahu tentang ijazah Dan Yi yang ternyata lebih kompeten ketimbang mereka semua. Mereka segan dan tidak nyaman saat harus menyuruh-nyuruh Dan Yi melakukan ini itu.

Tuan Bong sengaja menyuruh Dan Yi memberikan dokumen pada Pak Jo di departemen Asing. Setelah Dan Yi bergegas pergi Tuan Bong langsung memarahi semua juniornya. Mereka seharusnya bersikap seperti biasa saja.

Hae Rin mengajak Dan Yi makan siang tapi gagal karena dia harus rapat. Sekembalinya Dan Yi makan Ramyeon tiba-tiba Nyonya Goo memarahi Song Il karena terjadi kesalahan dalam konfirmasi pemutusan kontrak kerja. Song Il menyalahkan Dan Yi.

Dan Yi terus membela diri karena merasa tidak melakukannya. Namun, pada akhirnya Dan Yi merasa tidak enak dengan kejadian tersebut dan ingin mengundurkan  diri. Eun Ho bergegas menemuinya. Keesokan harinya Eun Ho mengambil cuti dan menemani Dan Yi seharian.

Episode 15

Akhirnya Dan Yi tahu kebenaran bahwa Penulis Kang sakit dan selama ini yang menjaganya adalah Eun Ho. Dan Yi merasa sangat sedih karena selama ini Eun Ho harus menanggung semua tanggungjawabnya ini sendirian. Dia bahkan tahu Eun Ho pasti mengalami banyak kesulitan karena harus menjaga Penulis Kang yang mulai pikun dan tidak mengenali siapapun.

Hari itu Hae Rind an Ji Yool menemukan naskah dnegan judul Para Pahlawan yangdikirimkan oleh Seo Joon tapi menggunakan nama dan alamat, no telpon yang palsu. Hae Rin langsung mengabari Eun Ho selaku kepala editor Gyeoroo.

Ji Yool merasa ingin menangani masalah tersebut tapi Hae Rin melarangnya. Di sisi lain, Dan Yi menemukan puisi yang bagus dan dia sukai lalu dia bacakan puisi itu untuk Eun Ho saat perjalanan pulang dari perpustakaan.

Episode 16

Dan Yi berhasil masuk ke Gyeoroo kembali disambut meriah oleh semua karyawan khususnya Ji Yool dan Park Hoon. Mereka sangat senang. Song Il meminta maaf pada Dan Yi dan Dan Yi merasa lebih baik sehingga dia tidak perlu meminta maaf berlebihan.

Eun Ho turut gembira karena Dan Yi akhirnya bisa kerja kembali di Gyeoroo. Namun, Ji Yool tiba-tiba mengatakan tentang naskah Para Pahlawan yang sudah sepakat untuk dirahasiakannya. Tuan Bong tahu kemudian meminta untuk memberikan salinannya kepada Tuan Bong.

Di sisi lain Eun Ho menemui Seo Joon dan menikmati arak beras bersama. Seo Joon menyindir dan ingin mengorek rahasia tentang di mana dia menyembunyikan ayahnya yaitu Penulis Kang. Ternyata dari awal Eun Ho sudah mencurigai Seo Joon bahwa dia adalah anak Penulis Kang.

Seo Joon kaget karena Eun Ho tahu identitas aslinya. Ternyata selama ini ayahnya juga berusaha keras agar bisa mengingatnya. Oleh sebab itu dia mengubah naskah Malam Biru menjadi 23 April yaitu tanggal lahir putranya yaitu Seo Joon. Seo Joon menangis setelah tahu itu.

 

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.