Nowhere to Run (1993)

Diposting pada

Nowhere to Run adalah film aksi-drama Amerika yang dibintangi oleh Jean-Claude Van Damme dan diarahkan oleh sutradara Robert Harmon. Selain Van Damme, film ini juga dibintangi oleh Rosanna Arquette, Kieran Culkin, Ted Levine dan Joss Ackland. Nowhere to Run dirilis pada 15 Januari 1993.

Nowhere to Run bercerita tentang seorang pria Kanada yang melarikan diri dari penjara. Dia seharusnya dipenjara dalam waktu yang lama karena telah membunuh sekuriti saat merampok bank. Dalam pelariannya, dia bertemu seorang wanita yang membesarkan anak-anaknya seorang diri. Wanita ini mengalami kesulitan karena dipaksa untuk menjual tanahnya dan keluar dari rumah mereka.

Meskipun film ini mampu mendapatkan penghasilan lebih dari tiga kali lipat dari biayanya di Box Office, namun film ini banyak mendapatkan kritik negatif dari kritikus. Di situs Rotten Tomatoes, film ini hanya mendapatkan rating 3.8/10. Sangat rendah.

Kegagalan Nowhere to Run dituding karena dialog yang buruk. Joe Eszterhas, yang menulis naskah aslinya bersama Richard Marquand mengatakan, “naskah ini kemudian diambil dan dihancurkan beberapa tahun kemudian oleh Jean-Claude Van Damme sebagai bintang Nowhere to Run,” kata Esztherhas, dilansir dari situs Wikipedia.

“Film itu kehilangan sensitivitasnya, kehilangan segalanya. Saya tidak suka mengingat film itu,” katanya lagi.

Mungkin ada benarnya juga, karena Nowhere to Run sesungguhnya bukan film action murni. Unsur drama juga sangat kental di dalamnya. Itulah barangkali yang tidak bisa dijiwai oleh Van Damme yang memang spesialis film-film laga murni.

Van Damme kemudian membela dirinya, “naskahnya… tidak bagus. Penulis mengatakan pada saya kalau dia akan memperbaiki semuanya. Saya di rumah, dia menyalami saya, dia berjanji pada saya, tapi dia tidak memperbaikinya.”

Yah, meskipun film ini kurang bagus, tapi untungnya Van Damme memiliki banyak penggemar sehingga film ini selamat di pasaran. Van Damme sendiri dibayar $3,5 juta untuk membintanginya. Colombia Pictures, sebagai perusahaan pembuat, sudah mengatakan film ini untuk penonton Van Damme dan melampaui penontonnya.

Poster film Nowhere to Run :

poster nowhere to run

Informasi film Nowhere to Run :

Sutradara:
Robert Harmon

Produser:
Gary Adelson
Craig Baumgarten

Penulis naskah:
Joe Eszterhas
Leslie Bohem
Randy Feldman

Ide cerita:
Joe Eszterhas
Richard Marquand

Pemain:
Jean-Claude Van Damme, Rosanna Arquette, Kieran Culkin, Ted Levine, Joss Ackland

Penata musik:
Mark Isham

Sinematografer:
David Gribble

Editor:
Mark Helfrich
Zach Staenberg

Distributor:
Columbia Pictures

Tanggal rilis:
15 Januari 1993

Durasi film:
94 menit

Negara asal:
Amerika Serikat

Biaya:
$15 juta

Penghasilan box office:
$52,2 juta

Trailer film Nowhere to Run :

Halaman selanjutnya mengandung spoiler :

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.