Trespass (2011)

Diposting pada

Film Trespass dibuat pada tahun 2011 dengan mengambil genre thriller kriminal di bawah arahan sutradara Joel Schumacher. Film ini dibintangi oleh Nicolas Cage dan Nicole Kidman, sebagai pasangan suami isteri yang disandera oleh para pemeras. Syuting film dimulai pada 30 Agustus 2010 di Shreveport, Louisiana, dan tayang perdana di Festival Film Internasional Toronto pada September 2011. Lalu dirilis terbatas dalam bentuk Video On Demand dan di bioskop pada 14 Oktober 2011.  Film ini nampaknya tidak dirilis besar-besaran, meski pemainnya dua bintang besar.

Produksi film ini sempat terganggu lantaran Nicolas Cage meninggalkan proyek film ini karena dia bersikeras ingin mengganti perannya dari suami Kidman ke si penculik. Namun akhirnya Cage melanjutkan perannya sebagai suami.

Sayangnya, film ini tidak mendapatkan sambutan bagus dari para kritikus. Di Rotten Tomatoes, film ini hanya mendapatkan 10% saja dari 70 rating. Skor rata-rata hanya 3,3 dari 10. Para kritikus mengatakan film ini seolah dibuat dalam tidurnya Schumacher. “Trespass menjijikan dan agresif, lebih tidak menyenangkan daripada menghibur.” Plot dan naskah film dinilai tidak bagus dan mirip dengan film Spanyol Kidnapped. Namun, sejumlah kritikus tetap memuji akting Kidman, Cam Gigandet dan Ben Mendelsohn. Mary Pols dari Majalah Time menyebut film ini salah satu film terburuk sepanjang tahun 2011. Bahkan Nicolas Cage dinominasikan sebagai salah satu aktor terburuk oleh Razzie Award.

Plot film Trespass dimulai dari kemunculan seorang pengusaha sekaligus penjual berlian, Kyle Miller (Cage) yang berbicara dengan kliennya melalui telepon. Dia sedang kembali ke rumah mewahnya. Di rumah ada isterinya, Sarah (Kidman) dan anak perempuan mereka, Avery (Liana Liberato). Mereka sangat kaya, namun keluarga tersebut tidak terlihat dekat satu sama lain. Avery tidak menghormati orang tuanya. Dia dilarang pergi ke pesta. Tapi dia tak peduli dan menyelinap keluar rumah untuk berpesta bersama temannya, Kendra.

Sarah kelihatan bosan dengan kehidupannya sebagai ibu rumah tangga dan menginginkan hal lebih dalam pernikahannya. Kyle seolah menyembunyikan rasa enggan meladeni isterinya. Saat Kyle hendak pergi melakukan transaksi bisnis, rumah itu tiba-tiba diserang oleh sekelompok perampok yang menyamar menjadi polisi.

Kelompok pencuri dipimpin oleh Elias (Mendelsohn), kekasihnya Petal (Jordana Spiro), adik laki-lakinya Jonah (Gigandet) dan seorang pria besar yang menakutkan, Ty (Dash Mihok). Mereka mengatakan pada Kyle dan Sarah bahwa mereka telah lama memata-matai rumah itu. Mereka tahu di rumah itu ada banyak uang tunai dan berlian yang disembunyikan.

Mereka menyuruh Kyle membuka brankas tersembunyi yang terletak di dinding. Meski ada ancaman mereka akan disuntik mati dengan bahan kimia mematikan, Kyle menolak permintaan para perampok. Dia percaya bahwa dia dan Sarah akan dibunuh jika menuruti permintaan mereka. Sarah, mengenali Jonah di balik topeng perampok. Jonah adalah teknisi yang dipekerjakan menginstal sistem keamanan rumah itu. Terlihat bahwa Sarah dan Jonah punya urusan di masa lalu. Tanpa sepengetahuan Elias, Sarah diam-diam mencuri suntikan itu.

Sementara itu, Avery meninggalkan pesta dengan kesal setelah dirayu oleh Jake, tuan rumah pesta tersebut. Avery kembali ke rumahnya. Setelah sempat kabur, dia akhirnya tertangkap oleh para perampok dan dibawa ke hadapan orang tuanya. Elias dengan marah mengklaim kalau dia butuh uang untuk transplantasi ginjal ibunya yang sekarat. Jika Kyle menolak mematuhi mereka, maka dia akan mengambil ginjal Avery. Sarah berhasil menangkap Elias dan menahannya dengan ancaman suntikan di tangannya. Situasi yang buntu, para pencuri akhirnya setuju membiarkan Avery kabur dengan imbalan Kyle akan membuka brankas. Kyle membukanya dan memperlihatkan brankas itu memang kosong.

Kyle menjelaskan bahwa dia sebenarnya bangkrut dan tidak memiliki uang. Rumah dan semua miliknya dibeli dengan kredit pinjaman. Saking marahnya, Elias mematahkan tangan Kyle dan menuntut kompensasi dengan mengambil kalung berlian Sarah. Namun Kyle mengungkapkan kalau kalung itu adalah replika yang sama sekali tidak berharga. Ty berhasil kembali menangkap Avery di luar dan membawanya kembali ke rumah. Kyle menawarkan ginjalnya sendiri diambil. Tapi Elias mengungkapkan kalau dia membenci ibunya yang sudah meninggal. Ty menjadi semakin tidak sabar setelah menerima telpon. Dia menyuruh Elias agar bertindak cepat. Kyle sadar para pencuri ini juga cuma suruhan yang dipaksa untuk melakukannya.

Bagaimana kisah selanjutnya? Saksikan sendiri film Trespass di layar kaca kamu!

Poster film Trespass:

poster film trespass

Informasi film Trespass :

Sutradara:
Joel Schumacher

Produser:
Rene Besson
Irwin Winkler
David Winkler

Penulis:
Karl Gajdusek

Pemain:
Nicolas Cage, Nicole Kidman, Liana Liberato, Cam Gigandet, Ben Mendelsohn, Jordana Spiro, Dash Mihok

Penata musik :
David Buckley

Sinematografer:
Andrzej Bartkowiak

Editor:
Bill Pankow

Perusahaan produksi:
Saturn Films
Nu Image

Distributor:
Millennium Entertainment

Tanggal rilis:
14 September 2011 (Toronto Film Festival)
14 Oktober 2011 (Amerika Serikat)

Durasi film:
90 menit

Negeri asal:
Amerika Serikat

Bahasa:
Inggris

Biaya:
$35 juta

Pendapatan:
$9,6 juta

Trailer film Trespass

Cerita selengkapnya film Trespass (awas spoiler!):

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.