Sinopsis VOLCANO: Lahar Panas Muncul di Bawah Kota Los Angeles

Diposting pada

Sinopsis Volcano – Film Volcano dirilis pada tahun 1997 yang mengangkat bencana letusan lava dari bawah kota Los Angeles yang termasuk dalam formasi gunung berapi La Brea Tar Pits. Cerita film dikembangkan oleh Jerome Armstrong dan Billy Ray.

Film yang diarahkan oleh Mick Jackson ini dibintangi oleh Tommy Lee Jones, Anne Heche dan Don Cheadle. Jones bermain sebagai kepala Manajemen Bencana Kota Los Angeles (LAC OEM) yang bertanggung jawab atas kejadian darurat atau bencana alam.

Sinopsis

Di pusat kota Los Angeles, gempa bumi mengguncang. Kepala Kantor Manajemen Darurat Kota Los Angeles, berkeras datang untuk membantu menangani krisis tersebut, meskipun dia sedang berlibur bersama putrinya, Kelly. Rekan Mike, Emmit Reese mencatat gempa tidak menimbulkan kerusakan besar tapi 7 pekerja kemudian terbakar sampai mati di saluran pembuangan di MacArthur Park. Satu orang yang berhasil lolos, mengalami luka bakar yang parah di salah satu sisi wajahnya. Sebagai tindakan pencegahan, Mike menghentikan jalur kereta bawah tanah yang sejalur dengan lokasi bencana. Permintaannya ditentang oleh Kepala MTA Los Angeles, Stan Olber, yang merasa tidak ada ancaman pada kereta api. Menentang peraturan yang ada, Mike dan rekan kerjanya Gator Harris menyusuri saluran pembuangan di taman untuk menyelidiki. Hampir saja mereka terbakar hidup-hidup ketika gas panas tiba-tiba termuntahkan melalui retakan pada lapisan beton dan membanjiri terowongan. Ahli geologi Dr. Amu Barnes percaya bahwa gunung api kemungkinan terbentuk di bawah kota dengan magma yang mengalir di bawah tanah. Sayangnya, dia belum memiliki cukup bukti untuk membuat Mike bisa bertindak.

sinopsis volcano : nyaris mati

Pagi keesokan harinya, sekitar jam 5.15 pagi, Barnes dan asistennya Rachel pergi ke saluran pembuangan untuk menyelidiki lokasi kejadian. Mereka menemukan celah di tanah yang meleaskan gas lebih cepat. Saat mencoba mengambil sampel, serangan gempa terjadi lebih kuat. Rachel terbunuh karena jatuh ke dalam retakan yang kemudian dia ditelan oleh aliran gas panas. Kereta bawah tanah juga tergelincir di sebelah saluran pembuangan.

Beberapa menit kemudian di La Brea Tar Pits, asam hitam dan abu memancar keluar, dengan kilat dan petir. Kemudian bom lava meledak keluar dari lubang-lubang aspal, menghantam beberapa bangunan. Uap meletus dari saluran pembuangan. Sementara kereta terperosok ke bawah tanah. Para penumpang di kereta bawah tanah terpapas oleh panas dan gas beracun yang membuat mereka semua pingsan.

Mike berusaha membantu para petugas pemadam kebakaran yang terluka untuk keluar dari daerah itu. Beberapa saat kemudian, gunung berapi yang baru terbentuk meletus dari lubang-lubang aspal dan lava mulai mengalir bebas ke Wilshire Boulevard dan membakar apapun yang berada di jalur aliran, termasuk mobil milik Mike. Truk pemadam kebakaran dijatuhi bom lava yang menewaskan dua petugas pemadam kebakaran yang terjebak di dalam.

sinopsis volcano : kebakaran di mana-mana

Mike dan putrinya terpisah ketika dia terluka akibat bom lava yang membakar kakinya. Dia di bawah ke Pusat Perawatan Cedars-Sinai oleh Dr. Jaye Calder. Sementara itu, Olber memimpin timnya melalui terowongan kereta Red Line mencari korban di kereta yang tergelincir. Mereka berhasil menyelamatkan semua orang, tetapi Olber menyadari bahwa masinis kereta hilang. Dia menemukan masinis masih hidup tetapi tidak sadar. Di saat yang sama, lava mulai mengalir mencapai kereta. Olber mengorbankan hidupnya untuk menyelamatkan si masinis. Masinis berhasil selamat dan mencapai tempat yang aman, tapi Olber terbakar hingga mati.

Sementara itu, Roark, Mike dan letnan polisi Ed Fox menyusun rencana untuk menumpuk beton  di persimpangan Wilshire Boulevard dan Fairfaxt Avenue untuk mengkanalisasi lava menjadi satu sehingga helikopter dapat membuang air di atasnya dan membentuk kerak. Operasi ini sukses.

Barnes berteori bahwa magma masih mengalir di bawah tanah melalui jalur kereta bawah tanah. Dia berhitung bahwa letusan utama akan terjadi di ujungnya yakni di Beverly Center dekat Cedars-Sinai. Untuk membuktikan hal tersebut, Mike dan Barnes menurunkan kamera video ke dalam terowongan agar bisa menonton apa yang terjadi di bawah. Namun kamera mereka ditelan dan dibakar oleh aliran lava yang mengalir cepat. Setelah menghitung kecepatan aliran lava, mereka menyadari mereka hanya memiliki waktu 30 menit hingga lava menghantam ujung jalur kereta Red Line.

Bagaimana nasib mereka selanjutnya? Saksikan sendiri film Volcano.

sinopsis volcanoSutradara: Mick Jackson
Produser: Andrew Z. Davis, Neal H. Moritz, Lauren Shuler Donner
Penulis: Jerome Armstrong, Billy Ray
Pemain: Tommy Lee Jones, Anne Heche, Gaby Hoffmann, Don Cheadle, Keith David
Penulis: Alan Silvestri
Rumah produksi: Moritz Original, Shuler Donner/Donner Productions
Distributor: by 20th Century Fox
Tanggal rilis: 25 April 1997,
Durasi film: 104 menit

Review

Secara komersial, film ini sukses menghasilkan $122,8 juta mengalahkan biaya produksinya yang sebesar $90 juta. Film ini memberikan kesadaran kepada masyarakat mengenai kesadaran bencana, evakuasi dan pencegahan krisis. Meskipun film ini menggunakan banyak efek khusus, sayangnya tidak menerima penghargaan untuk itu. Film ini juga banyak dibanding-bandingkan dengan film Dante’s Peak yang dirilis dua bulan sebelum Volcanon. Kritikus film dari media Chicago Sun-Times mengatakan film Volcano adalah epik bencana yang mengejutkan dan disebutkan Volcano jauh lebih mahal daripada Dante’s Peak, namun Dante’s Peak memiliki efek khusus yang lebih baik, cerita yang lebih menghibur dan gunung yang nyata.

Skor: 5,4/10 – ‎64.081 suara di situs IMDb.

Trailer

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.