Sinopsis Vantage Point (2008), Kisah Plot Pembunuhan Presiden

Diposting pada

Vantage Point merupakan sebuah film bergenre action, drama, dan crime yang dirilis pada 2008 dengan disutradarai oleh Pete Travis. Menceritakan tentang penembakan dan peledakan saat presiden Amerika datang ke Spanyol membuat suasana jadi semakin kacau di mana orang- orang panik dan kebingungan dalam mencari kebenaran.

Film ini diarahkan oleh dengan dibintangi oleh Dennis Quaid, Matthew Fox, Forest Whitaker, William Hurt dan Sigourney Weaver sebagai para pemeran karakter utama.

Vantage Point kerap dibandingkan, dengan cara sebaliknya, dengan film Rashomon besutan sutradara legendaris, Akira Kurosawa yang juga menggunakan penceritaan melalui beragam perspektif untuk mempertanyakan kemungkinan kebenaran dalam proses yang disebut efek Rashomon.

Sebaliknya Vantage Point memperhitungkan kembali serangkaian kejadian yang menetapkan kembali dari beberapa perspektif dan sudut pandang berbeda untuk mengungkapkan kisah yang jujur dari apa yang terjadi. Vantage Point menggali penculikan, pembunuhan dan terorisme.

Walau film ini cukup sukses secara komersial dengan meraup box office $152 juta dan mengalahkan biaya pembuatannya yang sebesar $40 juta, namun mendapatkan beragam ulasan negatif. Di Rotten Tomatoes, film ini hanya mendapatkan rating penerimaan sebesar 34%.

Sinopsis

Penembakan Presiden Amerika yang berkunjung ke Spanyol untuk mengapresiasi upaya perdamaian Spanyol dan Amerika, ada seseorang tak dikenal yang mencoba mendekati presiden dengan melemparkan tas berisi bom. Ini tentunya membuat keadaan semakin panik dimana penjagaan diperketat dan semua petugas penjagaan presiden harus turun tangan, namun diketahui salah seorang petugas penjaga presiden telah absen dan meninggalkan tugasnya sejak lama.

Di sinilah letak kegagalan terbesar petugas tersebut dan ia harus mengembalikan kepercayaan dirinya dengan cara mencari solusi atas kasus penembakan serta pengeboman yang terjadi. Selain itu ia juga harus menangkap siapakah pelaku dari semua masalah yang terjadi saat itu, ditemani oleh petugas lainnya.

Bagaimana kisah selanjutnya mengenai sang petugas? Lalu bagaimana adu akting antara semua aktor terkenal tersebut dalam film Vantage Point?. Semua jawaban dari pertanyaan tersebut bisa dijawab dengan menyaksikan filmnya secara langsung.

Baca juga: Sinopsis Elephant (2020), Kisah Perjalanan Sekawanan Gajah

sinopsis vantage pointJenis film: Thriller, Action
Sutradara: Pete Travis
Produser: Neal H. Moritz
Penulis: Barry L. Levy
Pemain: Dennis Quaid, Matthew Fox, Forest Whitaker, Sigourney Weaver, William Hurt, Édgar Ramírez, Ayelet Zurer
Musik: Atli Örvarsson
Sinematografer: Amir Mokri
Editor: Stuart Baird
Produksi: Columbia Pictures, Relativity Media, Original Film
Distributor: Sony Pictures Releasing
Tanggal rilis: 13 Februari 2008 (Salamanca), 22 Februari 2008 (Amerika Serikat)
Durasi film: 90 menit

Pemain – karakter

  • Dennis Quaid sebagai Agen Thomsebagai Barnes
  • William Hurt sebagai Presiden Harry Ashton
  • Matthew Fox sebagai Agen Kent Taylor
  • Forest Whitaker sebagai Howard Lewis
  • Saïd Taghmaoui sebagai Sam/Suarez
  • Sigourney Weaver sebagai Rex Brooks
  • Édgar Ramírez sebagai Javier
  • Ayelet Zurer sebagai Veronica
  • Eduardo Noriega sebagai Enrique
  • Richard T. Jones sebagai Agen Holden
  • Bruce McGill sebagai Phil McCullough
  • Zoe Saldana sebagai Angie Jones
  • Holt McCallany sebagai Agen Ron Matthews
  • Leonardo Nam sebagai Kevin Cross
  • James LeGros sebagai Ted Heinkin

Alur cerita

Di Salamanca, Spanyol, sebuah percobaan pembunuhan terhadap Presiden AS, Henry Ashton terungkap dari beberapa titik pandang yang berbeda.

Produser GNN, Rex Brooks mengarahkan peliputan berita dari studio televisi mobil saat presiden tiba. Walikota Salamanca memperkenalkan presiden, yang ditembak dua kali saat dia mencapai podium, diikuti dengan ledakan besar di luar plaza. Beberapa saat kemudian, ledakan kedua terjadi di podium yang membunuh dan melukai banyak sekali orang.

Sebelum presiden mencapai panggung, Agen Rahasia Thomas Barnes melihat sebuah tirai berkibar di gedung yang diduga kosong dan mengamati turis Amerika, Howard Lewis memfilmkan penonton. Setelah presiden ditembak, Barnes menjatuhkan pria bernama Enrique yang berusaha naik ke podium.

Setelah ledakan kedua, Barnes meminta studio GNN untuk menunjukkan rekaman video mereka. Dia menerima telepon dari Taylor yang melaporkan dia mengejar pembunuh yang dicurigai kemudian dikejutkan oleh gambar langsung dari berita GNN.

Enrique, adalah seorang petugas polisi yang mengawal walikota, menguping pembicaraan pacarnya, Veronica yang sedang dipeluk oleh orang asing dan berencana bertemu dengannya di bawah jalan layang. Enrique menegur Veronica atas perbuatannya, namun Veronica meyakinkan dia bahwa dia mencintainya. Saat itu juga, Veronica mengambil tasnya.

Ketika presiden ditembak, Enrique bergegas melindungi walikota tapi dia dijatuhkan oleh Barnes. Enrique menyaksikan tas Veronica di bawah podium yang menyebabkan ledakan kedua. Melarikan diri dari agen rahasia, Enrique mencari orang di bawah jembatan layang, yang tidak kelihatan.

Di tengah kerumunan, Howard Lewis mengobrol dengan seorang pria yang dipanggil Sam, selagi seorang anak kecil bernama Anna menabraknya. Lewis melihat Barnes mengamati dirinya dari jendela terdekat dan memfilmkan dia dengan kameranya.

Setelah ledakan di podium, Lewis mengejar Enrique dan pengejaran agen-agen rahasia. Saat di bawah jembatan layang, Lewis melihat agen dari kejauhan mengambil gambar Enrique saat dia bertemu dengan seseorang yang berseragam polisi di bawah jembatan layang.

Terluka, Enrique jatuh ke tanah. Ketika sebuah ambulan akan menabrak Anna, Lewis lari ke jalan menyelamatkannya.

Sebelumnya, Presiden Ashton telah diinformasikan adanya ancaman yang meyakinkan, kembali ke kamar hotelnya, ketika penggantinya sedang diproses menuju plaza. Ashton dan anak buahnya mendiskusikan alasan dari plot teroris ini, kembalinya Barnes untuk aktif bertugas dan memberikan perintah untuk melawan balik plot itu.

Ledakan pertama terjadi di luar hotel ketika penyerang bertopeng masuk ke dalam kamar, menembak orang dan menculik Ashton.

Apa sebenarnya yang terjadi dan bagaimana film ini akan berakhir? Saksikan film Vantage Point di layar kaca kesayangan Anda.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.