Sinopsis THE LAUNDROMAT (2019): Film Tentang Skandal Panama Papers

Diposting pada

the laundromat 2019 1

The Laundromat merupakan film drama biografi komedi yang disutradarai oleh Steven Soderbergh dan ditulis oleh Scott Z. Burns. Dibintangi Meryl Streep, Gary Oldman, Antonio Banderas, Jeffrey Wright, David Schwimmer, Matthias Schonaerts, James Cromwell, dan Sharon Stone. Original Netflix Movie terbaru ini ditulis berdasarkan skandal Panama Papers. 

Film ini tayang perdana di Venice Film Festival pada 1 September 2019. Kemudian rilis di situs streaming Netflix pada 18 Oktober 2019. 

Steven Soderbergh salah satu sutradara senior dengan berbagai film yang telah ia arahkan. Mulai dari Sex, Lies, and Videotape (1989), Out of Sight (1998), Traffic (2000), Magic Mike (2012), Logan Lucky (2017), High Flying Bird (2019), dan masih banyak lagi. 

Meryl Streep berperan sebagai Ellen Martin dalam film ini. Ia merupakan aktris senior yang telah memenangkan banyak piala Oscar. Beberapa film berkualitas yang pernah ia bintangi diantaranya; The Devil Wears Prada (2006), The Post (2017), Florence Foster Jenkins (2016), Ricki and the Flash (2015), dan masih banyak lagi. 

Gary Oldman juga merupakan aktor senior dengan prestasi yang berperan sebagai Jurgen Mossack dalam film ini. Beberapa film yang pernah dibintangi oleh Gary Oldman diantaranya adalah Darkest Hour (2017), Sid and Nancy (1986), Tinker Tailor Soldier Spy (2011), dan Leon: The Professional (1994), dan masih banyak lagi. 

Satu lagi aktor senior yang bermain dalam film The Laundromat adalah Antonio Banderas sebagai Ramon Fonseca. Ia terkenal melalui penampilan sebagai Zoro dalam film Desperado (1995). Beberapa film lain yang pernah ia mainkan diantaranya The Skin I Live in (2011), Pain and Glory (2019), Spy Kids (2001), Once Upon a Time in Mexico (2003), Interview with the Vampire (1994), dan masih banyak lagi. 

Sinopsis

Sebuah perjalanan yang tidak terduga membawa Ellen Martin dalam sebuah investigasi kebijakan asuransi palsu pada sebuah perusahaan. Dalam investigasi tersebut terbongkar 11.5 juta dokumen secara detail fakta yang membuktikan kecurangan dalam “permainan” uang dan pajak untuk kepemilikan properti di pasar Inggris. Skandal ini merupakan salah satu skandal penipuan terbesar yang terungkap pada tahun 2016. Banyak nama terkenal yang terlibat dalam skandal ini. 

the laundromat 2019 1Jenis Film: Biografi, Drama, Komedi
Sutradara: Steven Soderbergh
Penulis: Scott Z. Burns
Pemain:  Meryl Streep, Gary Oldman, Antonio Banderas, Jeffrey Wright, David Schwimmer, Matthias Schonaerts, James Cromwell, dan Sharon Stone
Penata Musik: David Holmes
Sinematografi: Steven Soderbergh (sebagai Peter Andrews)
Editor: Steven Soderbergh (Sebagai Mary Ann Bernard)
Produksi: Anonymous Content, Grey Matter Productions, Topic Studios, Sugar23, Netflix
Distribusi: Netflix
Tanggal Rilis: 27 September 2019
Durasi: 95 menit

Pemain – Karakter

  • Meryl Streep sebagai Ellen Martin / Elena / Herself
  • Gary Oldman sebagai Jürgen Mossack
  • Antonio Banderas sebagai Ramón Fonseca
  • Sharon Stone sebagai Hannah
  • David Schwimmer sebagai Matthew Quirk
  • Matthias Schoenaerts sebagai Maywood
  • Jeffrey Wright sebagai Malchus Irvin Boncamper
  • Will Forte sebagai Doomed Gringo #1
  • Chris Parnell sebagai Doomed Gringo #2
  • James Cromwell sebagai Joseph David “Joe” Martin
  • Melissa Rauch sebagai Melanie
  • Larry Wilmore sebagai Jeff
  • Robert Patrick sebagai Kapten Richard Paris
  • Rosalind Chao sebagai Gu Kailai
  • Jesse Wang sebagai Bo Xilai
  • Nikki Amuka-Bird sebagai Miranda
  • Nonso Anozie sebagai Charles
  • Jessica Allain sebagai Simone
  • Amy Pemberton sebagai Fetching
  • Cristela Alonzo sebagai Agen Kilmer
  • Jay Paulson sebagai Pastor Conners
  • Charles Halford sebagai Orang Pyru
  • Shoshana Bush sebagai Rebecca Rubinstein
  • Norbert Weisser sebagai Pemain Ski Swiss
  • Marsha Stephanie Blake sebagai Vincelle Boncamper
  • Veronica Osorio sebagai Maria

Trailer

Alur

Film ini dibuka dengan Jürgen Mossack dan Ramón Fonseca memperkenalkan diri mereka dan konsep serta sistem pencucian uang. Selebihnya, Mossack dan Fonseca bertindak sebagai narator untuk tiga cerita orang dari seluruh dunia yang terdampak perusahaan yang mereka jalankan, Mosscak Fonseca.

Ellen Martin dan suaminya, Joe berada di atas kapal pesiar di Danau George, New York, ketika ombak besar tiba-tiba muncul, menenggelamkan Joe. Ketika Ellen berusaha mendapatkan kompensasi dari perusahaan kapal untuk kematian Joe, dia tidak bisa mendapatkannya karena perusahaan reasuransi tempat pemilik dan putra perusahaan kapal Matthew membeli polis, dijual ke perusahaan lain yang berbasis di Nevis.

Perusahaan yang berbasis di Nevis ini sebenarnya adalah salah satu perusahaan cangkang Mossack dan sedang berada di bawah penyelidikan IRS dalam kasus penipuan.

Setelah usaha mereka menghubungi Mossack dan perusahaan berbasis di Nevis tidak berhasil, Ellen bepergian ke Nevis untuk menemui Malchus Boncamper, manajer perusahaan. Malchus menipu Ellen dan kabur ke Miami hanya untuk ditangkap oleh Agen Khusus IRS di bandara Miami.

Kisah kedua adalah tentang Simone, putri dari Charles, milyuner Afrika. Ketika Simone menemukan teman baiknya memiliki hubungan gelap dengan Charles, Simone tidak akan mengatakan pada istrinya mengenai perselingkuhan itu karena dia menawarkan bagian investasi salah satu perusahaannya yang berjumlah sekitar $20 juta.

Dia menerima tawaran tersebut, tapi ketika dia bepergian ke kantor Mossack di Panama City untuk mengklaim saham itu, ternyata tidak ada harganya karena saham-saham itu sesungguhnya hanya bagian dari perusahaan cangkang Mosack yang hanya eksis di atas kerta.

Kisah ketiga adalah bagian dramatis dari insiden Wang Lijun, khususnya kematian Neil Heywood. Neil (dinamai Maywood di film ini), adalah seorang perantara untuk orang kaya China yang menyalurkan uang ke luar negeri. Dia mengunjungi hotel Chongqing untuk bertemu Gu Kailai. Maywood meminta dan menekan Gu untuk harga yang lebih tinggi jika dia ingin melanjutkan pencucian uang untuk keluarga Gu melalui perusahaan cangkang Mossack.

Gu merespon dengan meracuni minuman Maywood. Gu menutup kasus ini dan melaporkan Maywood ke seorang pejabat partai yang diam-diam merekam percakapan itu. Gu dilaporkan. Cerita ini berakhir dengan penangkapan Gu dan suaminya Bo Xilai atas pembunuhan Maywood dan korupsi.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.