Sinopsis BLINDED BY THE LIGHT (2019)

Diposting pada

Blinded by the Light merupakan salah satu film drama asal Inggris tahun 2019 yang telah berhasil disutradarai oleh Gurinder Chadha.

Film ini sendiri memang terinspirasi oleh kehidupan seorang jurnalis bernama Sarfraz Manzoor dan obsesinya terhadap Bruce Springsteen, film ini juga memiliki latar belakang tempat di Luton pada tahun 1987. Manzoor yang memang ikut menulis naskahnya.

Film ini kemudian resmi ditayangkan perdana pada Festival Film Sundance 2019, film ini akan dirilis di Inggris pada tanggal 16 Agustus 2019, oleh produsen film New Line Cinema.

Sinopsis

Blinded by the Light menceritakan kisah dari seorang Javed (yang diperankan oleh Viveik Kalra) seorang remaja Inggris keturunan asli Pakistan, tumbuh di sebuah kota berasal dari Luton, Inggris, di tahun 1987. Di tengah-tengah gejolak ras dan ekonomi pada saat itu, ia kemudian menulis puisi sebagai sarana untuk ia dapat melepaskan diri dari berbagai masalah intoleransi di kota asalnya.

Namun semua berubah ketika seorang teman sekelas yang memperkenalkannya pada musik “The Boss,” Javed melihat adanya persamaan dengan kehidupan seorang pekerja di dalam lirik Springsteen yang begitu kuat. Ia juga mulai menemukan keberanian untuk mengekspresikan dirinya sendiri dengan suaranya yang begitu unik.

sinopsis blinded by the lightJenis film: Komedi, Drama
Sutradara: Gurinder Chadha
Produser: Jane Barclay, Gurinder Chadha, Jamal Daniel
Penulis: Paul Mayeda Berges, Gurinder Chadha, Sarfraz Manzoor
Adaptasi: Greetings from Bury Park: Race, Religion and Rock N’ Roll (buku) karya Sarfraz Manzoor
Pemain: Viveik Kalra, Kulvinder Ghir, Meera Ganatra, Nell Williams, Aaron Phagura, Dean-Charles Chapman
Produksi: New Line Cinema, Levantine Films, INGENIθUS, Bend It Films, Cornerstone Films
Distributor: Warner Bros. Pictures, Entertainment One
Tanggal rilis: 27 Januari 2019 (Sundance), 9 August 2019 (Inggris)
Durasi: 117 menit

Pemain – Karakter

  • Viveik Kalra sebagai Javed
  • Hayley Atwell sebagai Ms Clay
  • Rob Brydon
  • Kulvinder Ghir sebagai Malik
  • Nell Williams sebagai Eliza
  • Dean-Charles Chapman sebagai Matt
  • Aaron Phagura sebagai Roops
  • Meera Ganatra sebagai Noor
  • Jonno Davies sebagai Michael
  • Sally Phillips sebagai Nyonya Anderson

Trailer

Plot

Pada tahun 1987, Javed Khan dan keluarganya yang imigran Pakistan tinggal di Luton, Inggris. Keluarga Khan terdiri dari Malik dan Noor, ibu ayahnya, dan dua saudarinya Yasmeen dan Shazia. Javed menyukai musik rock kontemporer, tapi Malik tidak setuju. Javed menulis puisi dan lirik untuk band Matt, teman baiknya. Tapi Matt mengkritik karya Javed yang depresi.

Javed merasa nggak nyaman di sekolah barunya, di mana adalah adalah salah satu dari dua mahasiswa Asia Selatan. Yang lainnya bernama Roops adalah penggemar The Boss. Saat kelas menulis yang diampu Ms. Clay, Javed naksir dengan aktivis bernama Eliza dan menjadi tertarik dengan tugas-tugas menulis.

Javed bilang ke Ms. Clay soal puisi-puisi dan diarinya. Saat makan siang, Roops mendekati dia dan memberikan dua kaset Bruce Springsteen, menyebut Springsteen “jalan langsung menuju segala yang benar di dunia yang taek ini.” Javed menghadapi perlakuan rasis terus-menerus dari teman dan tetangganya, Malik melarangnya bersosialisasi.

Javed ditolak sebagai penulis di majalah sekolah. Di saat yang sama, Vauxhall Motors memecat Malik. Frustasi dengan rasisme dan ayahnya yang tidak memahami dia, Javed membuat semua puisinya pada suatu malam saat terjadi Badai Hebat tahun 1987.

Setelah mendengarkan kaset Springsteen, lirik-lirik itu tiba-tiba bicara padanya dan dia mengambil kembali puisi-puisinya. Di sekolah dia dengan senang mengatakan pada Roops bahwa Sprinsteen tahu persis perasaannya. Dia terinspirasi untuk terus menulis, dia mengirim puisi untuk Ms. Clay.

Tetangganya, Mr. Evans menyelamatkan satu puisi Javed yang mengutuk Front Nasional yang berencana melakukan pawai lokal. Sebagai veteran Perang Dunia II, Mr. Evans bersimpati pada perasaan Javed dan menyebut puisinya brilian, tapi orang tua Javed kurang mengapresiasinya. Bagaimana kisah selanjutnya? Saksikan sendiri film ini di layar kaca kesayangan Anda.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.