Rumah Belanda (2016), Kengerian di Rumah Tua Peninggalan Kolonial

Diposting pada

Sinopsis film Rumah Belanda

Satu lagi film dengan genre horor akan meramaikan dunia perfilman Tanah Air menjelang akhir tahun 2016 ini. Film horor dengan judul “Rumah Belanda” ini akan menampilkan aktris cantik sekaligus model internasional, Kelly Tandiono sebagai bintang utama. Meski termasuk baru di dunia perfilman, setelah melakukan debut melalui film “Lo Gue End” di tahun 2012 lalu, namun akting wanita 29 tahun ini sangat bagus. Apalagi dia juga sudah punya modal dari dunia model.

Film “Rumah Belanda” ini sendiri akan menceritakan kisah tentang sebuah rumah tua peninggalan zaman penjajahan Belanda, yang diperkirakan sudah berusia 100-an tahun. Kisahnya bermula dari seorang penulis lepas bernama Raya (diperankan oleh Kelly Tandiono). Ibu dua anak yang tengah mengalami konflik dengan suaminya itu harus mengunjungi rumah tua tersebut, demi mengungkap sebuah misteri. Selama ini, rumah tua yang penuh dengan misteri dan dikenal sangat angker itu memang selalu menghantui banyak orang di sekitarnya.

Pada awalnya, Raya sama sekali tidak mengalami sesuatu yang aneh. Suasana di rumah tua itu pun masih aman. Namun, perlahan-lahan Raya pun mulai merasakan sesuatu yang ganjil. Berbagai kejadian aneh mulai menganggunya. Sesosok mahkluk halus pun juga mulai meneror Raya selama dirinya berada di rumah itu. Makhluk halus yang terlihat dalam sosok anak perempuan kecil keturunan Belanda itu ternyata berhubungan dengan kisah keluarga yang pernah menempati tumah tersebut di masa lalu. Apa yang sebenarnya dulu pernah terjadi?

Cerita dalam film “Rumah Belanda” ini sangat menarik untuk disaksikan. Aksi-aksi horornya pun sangat mencekam, berbeda dengan kebanyakan film horor Indonesia lain. Bahkan dalam trailer film ini, dalam sebuah scene terlihat Raya terbangun dari tidurnya dengan wajah yang sangat ketakutan. Sosok makhluk halus anak perempuan itu juga muncul dalam trailer ini. Sayangnya, jadwal rilisnya juga belum diketahui, meski proses syutingnya sudah selesai sejak tahun 2015 lalu. Namun, diperkirakan film “Rumah Belanda” ini akan segera dirilis jelang akhir tahun 2016.

Sinopsis Rumah Belanda

Pada tahun 2018 ini, kanca perfilman Indonesia akan di hiasi kembali dengan hadirnya salah satu film bergenre horor yang sebenarnya telah di mulai pengambilan gambar semenjak akhir 2016. Tidak jauh berbeda dengan berbagai jenis film horor Indonesia yang pernah liris sebelumnya, film rumah belanda ini juga menyajikan sajian tampilan visual yang seram dan di bingkis dengan panduan cerita mistik yang membutuhkan penalaran dalam memecahkan misteri tersebut. Dimana adegan demi adegan akan membuat anda terbawa suasana dan merasakan kengerian yang sengaja di ciptakan oleh sang penuli dan sutradara film ini. Film rumah belanda adalah film horror yang di garap oleh rumah produksi Apollo Pictures.

Ketika sebelumnya rumah produksi ini telah sukses dengan peluncuran dari film layar lebar perdananya yang berjudul Rock n Love yang telah di tayangkan pada tahun 2014, maka mereka kembali hadir dengan garapan fil baru dengan genre berbeda, yakni horror. Peranan produser di bawah naungan Apollo Pictures yang di ambil oleh Hedy Suryawan mengangkat sebuah film yang sebenarnya terinspirasi oleh sejarah dan cerita tentang perjuangan dan perlawanan terhadap penjajahan Belanda tempo dulu. Karena kisah dan sejarah tentang penjajahan oleh Belanda masih menjadi salah satu topik yang bagus dan hangat untuk di jadikan sebuah tema film terutama yang mengangkat genre horror.

Hedy memang merencanakan sebuah treatment berbeda dari berbagai jenis film horror Indonesia lainnya, dimana film ini akan lebih menonjolkan sebuah ambience dan juga memberikan kesan suasana yang sedikit berbeda. Ada beberapa improvisasi yang tentunya di kemas dalam film hororro kali ini namun tetap berada pada jalur urban legend. Film Rumah Belanda yang naskahnya di karang dan ditulis oleh Laoede Muhammad Farhan ini akan mengisahkan tentang sebuah rumah peninggalan dari keluarga Belanda yang telah tua. Horor yang di sajikan akan cukup menegangkan dan memacu adrenalin dimana jalan cerita yang disuguhkan menarik dan unik.

Kelly Tandiono akan di jadikan sang pemeran utama dimana film Rumah Belanda ini juga akan menampilkan sederetan naman lain seperti Aida Nurmala, Agung Udijana, Attiyah Shabab dan Grace Shalsabila. Film yang menceritakan tentang seorang penulis yang bernama Raya berusia 30 tahun yang tengah mendapatkan sebuah pekerjaan dalam penulisan biografi seorang jutawan yang bernama Hilda berumur 40 tahun. Raya yang dimintai untuk menulis biografi sang ibu yang telah berumur 80 tahun bernama Aline tanpa curiga menyanggupi permintaan tersebut. Raya dan kedua orang anaknya yakni Icha si bungsu yang masih berumur 6 tahun dan Tina yang berumur 21 tahun pergi bersama ke sebuah rumah tua yang telah di janjikan oleh sang jutawan, Hilda agar Raya bisa lebih fokus terhadap pekerjaannya.

Sebelumnya, Raya dan suaminya Dani tengah mengadapi persoalan rumah tangga hingga menyebabkan mereka pisah ranjang. Namun, Dani tetap mengantar Raya dan kedua orang buah hati mereka menuju rumah Belanda tersebut. Dan di sanalah akhirnya mereka menjadi korban dari gangguan berbagai teror makluk halus, seperti Alice yang sering menampakkan dirinya. Pada mulanya, Raya masih berusaha berfikir Rasionnal dengan berusaha positif dan tidak mempercayai adanya gangguan dari makluk-makluk tersebut. Hingga akhirnya Raya di pertemukan dengan seorang kepala desa yang berumur 50 tahun Suryana yang disinyalir mengetahui banyak rahasia dan cerita tentang rumah tersebut.

Adanya kenyataan dan fakta pahit di masa lampau yang sedang menanti Raya, dimana terpicu oleh informasi yang ia tahu tentang sosok penampakan anak kecil di rumah tersebut. Cerita berlanjut dimana gambaran seorang warga Belanda bernama Van Willem yang memiliki seorang anak gadis yaitu Adeline. Adeline yang memiliki hubngan dengan sang kekasih, Eros sangat tidak dis etujui oleh ayahnya. Hingga pada akhirnya sang anak, Adeline meninggal ketika melahirkan putri kembarnya Alice dan Aline. Namun, petaka terjadi ketika mereka sedang bermain dan tanpa sengaja sang adik, Aline memecahkan guci milik sang kakek. Namun Alice berusaha melindungi sang adik tiba-tiba terbunuh tanpa sengaja, Kakek yang kalap itu akhirnya menguburkan jasad Alice dan ia sendiri gantung diri. Akankah Raya berhasil mengungkap semua misteri tersebut? Saksikan kelanjutan filmnya, ya!

Informasi film Rumah Belanda

Sutradara:
Hedy Suryawan
Produser:
Daisy Irani
Hedy Suryawan
Budi Buthong
Penulis naskah:
Laode Muhammad Farhan
Pemain:
Kelly Tandiono
Agung Udijana
Aida Nurmala
Grace Shalsabila
Attiyah Shahab
J Dania Michelle
Linda Nuwure
Penata musik:
Aghi Narotama
Editor:
Lucky Rais
Rumah produksi:
Apollo Pictures
Tanggal rilis:
2016
Negara:
Indonesia
Bahasa:
Indonesia

Trailer film Rumah Belanda

Poster film Rumah Belanda

 
Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.