PT. Zinus Global Indonesia di Karawang: Profil, Produksi & Loker

Diposting pada
pabrik zinus indonesia
Sumber gambar: Google Image/Zinus Indonesia

PT Zinus Global Indonesia adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi dan distribusi produk-produk Mattress atau bed. Perusahaan yang berasal dari Korea Selatan ini memiliki fasilitas produksi yang berlokasi di Gunung Sindur, Bogor. PT Zinus Global Indonesia memproduksi Spring Mattress dan Foam Mattress dengan berbagai ukuran sesuai kebutuhan. PT. Zinus Global Indonesia berdiri sejak 2018 dan telah terdaftar sebagai Kawasan Berikat pada 2019 serta Kawasan Berikat Mandiri pada 2020. Dan hasil produksinya tersebut diekspor ke Amerika Serikat dan direncanakan akan memasarkan produknya di Indonesia.

Sejarah

Zinus Global Indonesia merupakan anak perusahaan dari PT. Zinus yang berasal dari Korea Selatan. Perusahaan Korea ini dibentuk oleh Youn Jae Lee yang memulai berwirausaha pada tahun 1979 dengan membangun tenda dan berkembang dengan menyediakan lebih dari 15 juta tempat tidur. Sehingga di tahun 2004, Zinus meluncurkan produk bed pertamanya, dan terus mengembangkan teknologinya.

Di tahun 2006, Zinus telah berkembang dengan menggunakan teknologi pengemasan kompress dan SmartBase, dan di tahun selanjutnya mulai mengenalkan BioFoam dengan minyak biji natural, teh hijau, dan arang aktif. Dan di tahun 2011, Zinus memperkenalkan teknologi gel pada bed yang telah dipatenkan.

Perkembangan perusahaan ini tidak hanya tentang teknologi produknya, namun juga melebarkan sayapnya di luar negeri. Terbukti pada tahun 2010, Zinus meresmikan gudang di US untuk operasional domestik. Bahkan di tahun 2019, Zinus memproduksi lebih dari 6 juta produk dari pabriknya di China dan Indonesia.

Fasilitas Produksi

Lihat lebih banyak di LOKER

Zinus Global Indonesia memilki fasilitas produksi untuk steel mattress coils, produksi foam, fasilitas potong dan jahit dengan didukung oleh Tim Quality Control yang handal serta fasilitas lainnya seperti telah memenuhi semua persyaratan sertifikasi pengecer utama.

Produk

Zinus secara keseluruhan memproduksi berbagai macam produk seperti kasur, penutup kasur, tempat tidur platform, bingkai dan fondasi tempat tidur, sofa, hingga kursi empuk dengan beragam macam dan teknologinya sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman. Namun saat ini, perusahaan ini juga mulai memproduksi meja dan rak buku yang mulai dikembangkan.

Prestasi Perusahaan

Zinus yang terus melakukan pengembangan terhadap kualitas dan teknologi produknya, telah membuahkan hasil. Selain kepercayaan pelanggan, perusahaan ini juga seringkali meraih prestasi. Pada tahun 2016, PT. Zinus memenangkan penghargaan pemenang desain terbaik terhadap beberapa model desain “Modern Studio Table”. Selanjutnya di tahun 2017, PT. Zinus meraih penghargaan sebagai pemenang produk terbaik, yaitu pada produk fondasi kasur “Tom Metal Platform Bed Frame”.

Baca juga: PT Musashi Auto Parts Indonesia di Cikarang: Profil, Produksi dan Loker

Tidak hanya itu, pada tahun 2018, PT Zinus kembali meraih penghargaan pemenang desain terbaik, namun di tahun ini produk yang menjadi pemenang adalah meja makan “Zinus Alto”, fondasi kasur “Suzanne Metal & Wood Platform Bed Fame”, dan juga meja kerja “Smart Adjust Standing Double Desk”. Dan yang paling baru adalah pada tahun 2019, perusahaan ini kembali meraih pemenang desain terbaik dalam hal fondasi kasur, yaitu pada produk “Savannah Wood Compack Adjustable Bed Frame”, “Suzanne Metal & Wood Platforma Bed Frame”, dan “Justina Metal Mattress Foundation”.

Kasus

Pada tahun 2020, PT. Zinus Global Indonesia pernah di grebek dan didemo  PPMI Karawang. Hal ini diduga karena dilakukannya PHK sepihak oleh perusahaan terhadap 11 karyawan yang ikut serikat pekerja. Dan karyawan yang melakukan aksi unjuk rasa tersebut beranggapan bahwa manajemen PT. Zinus telah melakukan union busting kepada pengurus kawan-kawan dari PPA PPMI.

Perlindungan terhadap tindakan union busting diatur dalam Undang-undang Nomor 21 Tahun 2000 tentang Serikat Pekerja/Serikat Buruh khususnya pada Pasal 28 dan Pasal 43 ayat (1)UU 21/2000. Ketentuan pasal tersebut secara luas dipahami sebagai hukum mengenai Union Busting. Pada dasarnya setiap perkerja berhak untuk membentuk serikat pekerja sebagaimana termaktub pada Pasal 104 ayat (1) Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan (UU Ketenagakerjaan). Setiap pekerja/buruh berhak membentuk dan menjadi anggota serikat pekerja/serikat buruh. Kebebasan untuk membentuk, masuk atau tidak masuk menjadi anggota serikat pekerja/serikat buruh merupakan salah satu hak dasar pekerja/buruh. Sehingga mereka para karyawan menilai manajemen telah melanggar Undang Undang RI, khususnya dalam hal Undang-Undang ketenagakerjaan.

Alamat

Jl. Surya Utama, Mulyasari, Kec. Ciampel, Kabupaten Karawang, Jawa Barat 41361

Loker

(Informasi belum tersedia)

PT Zinus seringkali membuka lowongan kerja pada situs Jobstreet.

Artikel Terkait

2 thoughts on “PT. Zinus Global Indonesia di Karawang: Profil, Produksi & Loker

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.