PT Sum Hing Indonesia di Cikarang: Profil, Produksi dan Loker

Diposting pada
Foto: Fauzi di Google Image (fair use)

PT Sum Hing Indonesia adalah sebuah perusahaan penyokong dalam bidang industri otomotif dengan produk-produk yang dikenal berkualitas. Perusahaan ini bergerak di bidang pembuatan mold (cetakan ban motor dan ban mobil). Dengan personel yang memiliki semangat tinggi dan kompetensi mumpuni, Sum Hing Indonesia mampu memberikan yang terbaik dalam setiap produk yang mereka buat.

Sum Hing Indonesia merupakan anak perusahaan dari PT Multistrada Arah Sarana Tbk yang memasarkan ban dengan mereka Achilles dan Corsa. Induk perusahaan dari Sum Hing Indonesia kemudian diakuisisi oleh pabrikan ban asal Perancis, Michelin, dengan total kepemilikan sahan 80%.

Produksi

Perusahaan ini telah berdiri sejak tahun 1969, dengan demikian memiliki pengalaman di bidangnya selama lebih dari 50 tahun dalam pembuatan molding atau cetakan ban. Selain itu, Sum Hing Indonesia juga memproduksi cetakan ban baja dan aluminium bersegmen dua potong. Misalnya seperti ban sepeda motor, ban mobil penumpang, truk ringan, pertanian, penggerak jalan raya, dan pertanian.

Proses produksi Sum Hing Indonesia dapat berjalan lancar dengan kualitas yang terkontrol karena memiliki oersediaan bahan baku sendiri, serta fasilitas pengecoran. Hal ini memudahkan proses rantai pemasokan barang, memastikan rantai pasokan berjalan lancar dan barang-barang dapat sampai tepat pada waktunya.

Baca juga: PT Armstrong Industri Indonesia di Cikarang: Profil, Produksi dan Loker

Sertifikasi ISO Sum Hing Indonesia

Lihat lebih banyak di LOKER

Sum Hing Indonesia berkomitmen dalam mengurangi dampak lingkungan dengan terus meningkatkan kinerja lingkungan sebagai bagian dari strategi bisnis dan metode operasional perusahaan. Tidak sampai disitu, perusahaan juga mendorong para pelanggan, pemasok, dan pihak-pihak lain yang berkaitan untuk memiliki kepedulian yang sama terhadap lingkungan.

Sebagai bukti akan keseriusan komitmen mereka, Sum Hing Indonesia telah mendapatkan sertifikasi ISO dan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 : 2015 serta Sistem Manajemen Lingkungan ISO 140001 : 2015. Sum Hing Indonesia juga terus berupaya untuk mempertahankan prosedur kontrol kualitas yang ketat tanpa mengabaikan tanggung jawab terhadap lingkungan.

Tanggung Jawab

Upaya kelestarian dan tanggung jawab terhadap lingkungan diwujudkan Sum Hing Indonesia dengan cara menempatkan, menyimpan, mengatur, dan membuang sampah limbah produksi mereka sesuai dengan hukum yang berlaku. Perusahaan ini memisahkan limbah berdasarkan jenis-jenisnya seperti minyak pelumas limbah, limbah minyak dengan campuran air atau pendingin, limbah kain dan sarung, serta wadah kosong limbah.

Kasus

Selama beroperasi di Indonesia, Sum Hing tidak lepas dari kontroversi terkait kasus perburuhan. Di awal tahun 2020 ini, perusahaan diprotes oleh Dewan Pengurus Federasi Serikat Buruh Demokratik Kerakyatan yang terafiliasi dengan Pengurus Tingkat Perusahaan Serikat Pekerja Pejuang Buruh PT Sum Hing Indonesia.

Aksi dilakukan di depan pabrik PT Multistrada Arah Sarana yang merupakan induk persuahaan dari Sum Hing Indonesia. Protes ini dilakukan terkait tuntutan pada Sum Hing Indonesia untuk segera mengangkat para pekerja outsourcing menjadi karyawan tetap. Sesuai dengan kode etik perusahaan pemasok, serta Deklarasi HAM PBB, Global Compact, dan panduan dari OECD, berikut hukum ketenagakerjaan yang berlaku di Indonesia, aturan ILO, anti diskiriminasi, hak berunding bagi serikat buruh, dan kebebasan berserikat.

Baca juga: PT HRS INDONESIA di Cikarang: Profil, Produksi dan Loker

Hingga aksi dilakukan, Sum Hing Indonesia tercatat masih menggunakan pekerja outsourcing di sektor produksi. Dengan demikian menyalahi Undang Undang yang hanya memperbolehkan karyawan outsourcing untuk dipekerjakan di sektor layanan kebersihan (cleaning service), penyediaan makanan untuk buruh, dan tenaga keamanan. Namun, dengan disahkannya Omnibus Law atau UU Cipta Kerja, outsourcing di segala bidang telah diizinkan.

Alamat

Tanjungsari, Cikarang Utara, Bekasi, Jawa Barat

Artikel Terkait

One thought on “PT Sum Hing Indonesia di Cikarang: Profil, Produksi dan Loker

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.