PT Sinar Alum Sarana: Profil, Loker dan Produksi

Diposting pada

PT. Sinar Alum Sarana adalah perusahaan yang bergerak dalam pembuatan die casting dan komponen permesinan untuk aplikasi otomotif dan industri. Didirikan pada tahun 1990, perusahaan ini memulai produksi massal mulai tahun 1992.

Pada tahun 1994, perusahaan ini mulai memproduksi bagian-bagian motor dan terus melakukan penambahan mesin untuk menunjang operasionalnya. Kemudian, pada tahun 2005 PT. Sinar Alum Sarana memperoleh sertifikasi ISO 9001:2000 dan memulai lini zinc die casting.

Semakin pesatnya perkembangan perusahaan, pada tahun 2012 PT. Sinar Alum Sarana membangun pabrik baru di Karawang yang mulai melakukan produksi masal satu tahun setelahnya. Kemudian, pada tahun 2015 perusahaan ini memperoleh sertifikasi ISO 14000:2004 dan mulai memproduksi lini mesin baru dengan sistem robot di kedua pabriknya.

Komitmen dan Filosofi

Visi:

“Menjadi perusahaan manufaktur die casting kelas dunia dan bereputasi”

Lihat lebih banyak di LOKER

Baca juga: PT. Daehan Global: Profil, Produksi dan Loker

Misi:

  1. Kepuasan pelanggan adalah No 1 dengan memberikan:
    – Pelayanan jujur, cepat, ramah dan efektif
    – Produk berkualitas yang melebihi harapan
    – Biaya kompetitif dengan pengiriman tepat waktu dan kuantitas
  2. Membuat sistem manajemen yang baik, aman, dan ramah lingkungan dengan mengadopsi praktik yang baik dalam ISO 9001:2008.
  3. Untuk terus meningkatkan hubungan manusia dan kesejahteraan untuk menjadi kekuatan pendorong loyalitas dan sikap positif.

Seluruh karyawan PT. Sinar Alum Sarana menerapkan 5 budaya yang disebut dengan ‘SMILE’. Budaya tersebut, antara lain:

  1. Services with Heart, yaitu melayani dengan sepenuh hati, ramah, dan membantu.
  2. Manners, yaitu bersikap atau berperilaku baik atau menghargai orang lain dan diri sendiri.
  3. Integrity, yaitu kesatuan yang kuat antara perkataan dan perbuatan menuju etika, nilai dan keyakinan.
  4. Loyality, yaitu sikap berdedikasi dan tanggung jawab dalam menyiapkan produk dan layanan untuk memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan.
  5. Excellent, yaitu lakukan yang terbaik dan jadilah yang terbaik yang kamu bisa.

PT. Sinar Alum Sarana berkomitmen untuk:

  1. Kepuasan pelanggan adalah No. 1. Komitmen pelayanan prima dan kepuasan pelanggan ini harus dipahami dan dijalankan oleh seluruh insan PT Sinar Alum Sarana.
  2. Memberikan biaya yang kompetitif, kualitas sebagai spesifikasi pelanggan dengan waktu pengiriman tepat waktu.
  3. Pengembangan sumber daya manusia, menerapkan peraturan keselamatan yang ketat dan menjadi perusahaan ramah lingkungan yang mengikuti aturan dan persyaratan pemerintah.
  4. Menjalankan sistem manajemen yang bertanggung jawab yang menjalin hubungan jangka panjang dengan pelanggan, pemangku kepentingan (masyarakat dan pemerintah), dan semua orang di PT Sinar Alumsarana.

Manajemen dan seluruh karyawan berkomitmen penuh untuk melakukan continuous improvement dengan menetapkan target-target tertentu setiap tahunnya. Kinerja sistem mutu, sistem manajemen lingkungan dan target tahunan ini akan dipantau dan ditinjau secara berkala untuk memastikan bahwa komitmen kami terpenuhi.

Baca juga: PT. Tempo Scan Pasific Tbk: Profil, Produksi dan Loker

Produksi

PT. Sinar Alum Sarana fokus dalam pembuatan die casting dan komponen permesinan untuk aplikasi otomotif dan industri. Produknya dibagi menjadi dua golongan, yaitu:

  1. Bagian otomotif, yang terdiri dari Cover L Side, Cover Timing Chain, Case Regulator, serta Crank Case LH.
  2. Bagian umum, yang terdiri dari Casing dan Tank LPH150H0.

Tak hanya digunakan untuk domestik, produk keluaran PT. Sinar Alum Sarana juga diekspor dan mendapat dukungan dari pelanggan kelas dunia, terutama perusahaan otomotif Jepang. Beberapa pelanggan dari perusahaan ini, antara lain:

  1. Domestik: PT. Astra Honda Motor, PT. Honda Power Products, PT. Honda Precision Parts Mfg, PT. Honda Prospect Motor, PT. Kawasaki, PT. Shindengen, PT. SHOWA, PT. EXEDY, PT. Akashi Wahana Indonesia, PT. Kayaba, PT. Yamamoto, PT. ARS, PT. Yutaka, PT. Suzuki Indomobil Motor, PT. JTEKT, PT. TRI TOKAI, PT. Asahimas Flat Glass Tbk, PT. Aisin, PT. Aneka Star, dan PT. ASMO.
  2. Ekspor: PT. Yasunaga, PT. Figueras, dan PT. Exedy Thailand.

Kasus

Pada 22 November 2018 lalu, PT. Sinar Alum Sarana diduga melanggar Peraturan Bupati No. 8 Tahun 2016 tentang perluasan kesempatan kerja. Dugaan ini muncul setelah perusahaan diketahui melakukan rekrutmen di Sindang Reret pada bulan September.

Baca juga: PT Liwayway: Profil, Produksi dan Loker

Kepala Dinaskertrans Karawang mengungkapkan bahwa proses rekrutmen seharusnya dilakukan melalui Dinaskertrans Karawang dan harus patuh terhadap program-program pemerintah kabupaten. Disisi lain, Head Staff PT. Sinar Alum Sarana mengungkapkan tidak mengetahui pasti mengenai proses rekrutmen di Sindang Reret tersebut, karena perekrutan tersebut dilakukan oleh pihak luar.

Alamat

Plant I Tangerang

Kp. Pasirandu RT. 08/02, Kadu – Curug, Tangerang 15810

Telepon: 021-5913249 / 50 – Fax: 021-5918995

Plant II Karawang

Jl. Harapan VII Lot. LL-3C, Kawasan Industri KIIC, Desa Sinarbaya, Kec. Telukjambe Timur – Kab. Karawang

Telepon: 0267-8637498 – Fax: 0267-8637497

Situs

“http://www.sinalum.com/”

Loker

Lowongan kerja PT. Sinar Alum Sarana dapat dilihat melalui situs web resminya pada bagian ‘career’. Lamaran dapat dikirimkan melalui e-mail: [email protected] dengan subject ‘Lamaran Sinalum.com – Posis’. Saat ini belum ada lowongan kerja yang tersedia menurut situs web resmi perusahaan.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.