PT Showa Indonesia Manufacturing: Profil, Produksi dan Loker

Diposting pada

produksi showa

Showa Indonesia Manufacturing merupakan sebuah perusahaan hasil penanaman modal asing (PMA) di Indonesia yang bergerak di bidang manufaktur komponen otomotif, terutama shock absorber. Perusahaan ini merupakan anak dari Showa Corporation dengan persentase modal Showa Corporation 55% dan PT. Astra Honda Motor 45%.

Showa Corporation sendiri merupakan perusahaan manufaktur komponen otomotif yang berbasis di Jepang dan berdiri sejak tahun 1978. Perusahaan ini menyuplai berbagai perusahaan otomotif tingkat dunia seperti Honda, Kawasaki, Daihatsu, dan lain-lain.

Showa Indonesia beralamat di kawasan industri Jababeka Cikarang Plant Jl. Jababeka VI Kav. 28 – 36, Cikarang, Bekasi.

Pertumbuhan perusahaan sangat baik dari tahun ke tahun. Pada tahun 2005, PT. Showa telah lebih dari 3 kali membangun peningkatan kapasitas produksi hingga mencapai 3,5 juta unit per bulan untuk shock absorber 2WD. Pada 2008, perusahaan menambah luas area produksi sebesar 1,1 ha untuk manufaktur shock absorber 4WD.

Di Google Review, Showa diberi rating 4,1 dari 275 ulasan. Sejak 12 April 2021, PT. Showa Indonesia Manufacturing berubah nama menjadi PT Hitachi Astemo Bekasi Manufacturing.

Lihat lebih banyak di LOKER

Komitmen dan Filosofi

Showa Indonesia memiliki visi untuk menjadi pemasok utama komponen shock absorber untuk wilayah Asia Pasifik. Untuk itu, perusahaan bertekad untuk menjadi unggul dalam bidang SQCD (Service, Quality, Cost, dan Delivery) dengan mengembangkan Good Corporate Governance serta Green Working Environment.

Filosofi perusahaan menempatkan value sebagai core perusahaan yang menjadi panduan utama dalam menerapkan manajemen kebijakan perusahaan. Kebijakan perusahaan berarti menjadi jembatan antara implementasi nilai yang dijunjung tinggi dengan visi dan misi yang ingin perusahaan capai.

Baca juga: PT. Tokai Rika Safety Indonesia (PT TRSI): Profil, Produksi dan Loker

Penerapan manajemen kebijakan perusahaan selanjutnya akan dilakukan terus-menerus untuk membentuk sebuah corporate culture (budaya perusahaan) yang menjadi kunci kompetitifnya perusahaan di masa depan.

Ada 5 nilai yang menjadi prinsip dasar PT. Showa Indonesia, yaitu:

  1. To Provide The Best Service to Customers
  2. To Respect The Individual and Develop Team Work
  3. To Continually Strive for Excellence
  4. To Give Positive Contribution to Stakeholders
  5. To Maintain Operational Transparency and Business Ethics

Kelima nilai tersebut menjadi pondasi dasar perusahaan yang harus selalu diterapkan terus-menerus agar membentuk budaya perusahaan yang kuat.

Produksi

Produksi utama PT. Showa Indonesia adalah komponen otomotif peredam kejut untuk kendaraan bermotor 2WD dan 4WD. Komponen ini digunakan untuk mengurangi efek guncangan saat berkendara, sehingga menjadi lebih sehat dan nyaman bagi pengemudi motor.

Baca juga: PT TIRTA ALAM SEGAR: Profil, Produksi dan Loker

Shock absorber 2WD masih memegang volume produksi tertinggi dibanding shock absorber 4WD dan komponen lain. Komponen lain yang dimaksud adalah steering stem, salah satu bagian dari sistem kemudi yang berfungsi untuk mengubah arah kendaraan bermotor.

Pelanggan utama untuk komponen 4WD adalah Astra, Daihatsu, Honda, dan TRD (mulai 2016). Sedangkan pelanggan utama untuk komponen 2WD adalah Kawasaki, Suzuki, dan Astra Honda. Adapan pasar ekspor PT. Showa Indonesia memasok untuk perusahaan Showa Amerika, Showa Jepang, Honda Filipina, AAP Malaysia, dan Koike Malaysia.

Kualitas manajemen mutu dari PT. Showa Indonesia telah mendapatkan sertifikat ISO 9000:2001 dan ISO-TS 16969:2009.

Kasus

Hingga saat ini, PT. Showa Indonesia tidak tercatat memiliki kasus yang berkaitan dengan perniagaan maupun ketenagakerjaan. Pada 2011, terdapat kasus penggelapan namun bersifat individual yang dilakukan salah satu oknum perusahaan.

Baca juga: PT. Muramoto Elektronika Indonesia (PT MEI): Profil, Produksi dan Loker

Website

“https://showa.co.id/”

Alamat

Kawasan Industri Jababeka, Jl. Jababeka VI No.Kav. 28-36, Harja Mekar, Kec. Cikarang Utara, Bekasi, Jawa Barat 17530

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.