PT. Posmi Steel Indonesia di Kawasan MM2100, Profil dan Loker

Diposting pada

PT Posmi Steel adalah salah satu jenis pabrik yang berfokus pada kegiatan percetakan dan pemotongan baja.  Perusahaan Posmi Steel ini berlokasi di Kawasan MM2100, Jalan Sulawesi I, Cibitung, Kabupaten Bekasi, 17520, Jawa Barat.

Perusahaan ini berdiri pada 3 April 1996 dengan nama PT. Marubeni Steel Processing Indonesia (MSPI) dengan skema permodalan asing. Berdiri di atas tanah seluas 16.000 meter persegi, perusahaan bergerak dalam percetakan dan pemotongan baja (slitting and shearing) yang umumnya disebut sebagai Coil Center.

Kepemilikan saham PT. Posmi Indonesia awalnya dimiliki oleh Marubeni Corporation, perusahaan asal Jepang, dengan 90 persen saham dan PT. Mekar Armada Jaya, perusahaan pembuat bodi mobil di Indonesia, memiliki 10 persen saham.

Pada tahun 2001, perusahaan memperluas aktivitasnya ke stamping baja dengan melakukan pengalihah salah satu perusahaan saudara Marubeni Corporation di Indonesia. Setelah ekspansi, Marubeni Corp meningkatkan kepemilikan sahamnya menjadi 91,8 persen dan PT. Mekar Armada Jaya menjadi 8,2 persen.

Sejak itu, di dalam perusahaan terdapat divisi Coil Center dan Steel Stamping. Adanya Divisi Stamping menambah area perusahaan seluas 8.000 meter persegi, menjadikan total area perusahaan menjadi 37.220 meter persegi.

Pada Oktober 2001, Marubeni Corporation Steel Division bergabung dengan Itochu Corporation Steel Division dan mendirikan perusahaan baru bernama Marubeni-Itochu Steel Inc. yang berdomisi di Tokyo, Jepang. Kemudian nama perusahaan MSPI berubah menjadi Marubeni-Itochu Steel Inc.

Pada Desember 2002, terjadi perubahan besar ketika penghasil baja di dunia, POSCO dan perusahaan anakannya, Posco Steel Service & Sales Co., Ltd bergabung dengan perusahaan ini sebagai pemegang saham baru. Penguasaan saham perusahaan berubah menjadi:

  • Marubeni Itochu Steel Inc., Jepang memiliki 56,81 persen saham
  • Posco Steel & Sales Co., Ltd memiliki 28,40% persen saham
  • Mekar Armada Jaya (New Armada) memiliki 5,32 persen
  • Posco memiliki 9,47 persen saham

Dengan ini, nama perusahaan pun berubah pada 14 Januari 2003 menjadi PT. POSMI STEEL INDONESIA. Per April 2006, modal perusahaan meningkat dari USD 8,1 juta menjadi USD 12,6 juta.

Website

http://posmi.co.id/history/ (website Indonesia)

Lowongan Kerja

(Belum tersedia)

Berdasarkan penelusuran kami di internet, lowongan PT. Posmi Steel Indonesia tidak tersedia. Hal ini mungkin mengindikasikan perusahaan ini tidak memiliki tingkat turn over (penggantian pekerja) yang tinggi.

Ketenagakerjaan

Di sini PT Posmi Steel mempunyai sedikitnya 550 orang karyawan yang berkerja di sana. di mana setiap masing masing perkerja melakukan aktivitas kerja dari hari senin hingga jumat. Setiap perkerja yang berkerja di PT  Posmi Steel ini mendapatkan aneka  macam jenis tunjangan yang di sediakan oleh PT Posmi Steel seperti halnya adalah tunjangan kesehatan, tunjangan hari raya, tunjangan transport.

Pada Desember 2019, pernah terjadi permasalahan pemutusan hubungan kerja (PHK) yang menimpa 44 pekerja anggota Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI). Hanya dua pengurus yang tersisa. Oeleh pihak serikat pekerja, Hal ini diduga merupakan bentuk pemberangusan serikat pekerja, karena kantor serikat juga dikunci oleh pihak perusahaan.

Alasan PHK yang menjadi dalih perusahaan adalah efisiensi. Namun, PHK ini menimpa 7 pengurus serikat, termasuk ketua dan sekretaris.

“Dalam perundingan kita sampaikan kenapa anggota serikat yang jadi wakil para pekerja mengawal kebijakan perusahaan juga ikut terefisiensi. Kita berorganisasi diatur UU, secara hukum kita legal. FSPMI sudah delapan tahun berdiri di PT Posmi,” ujar ketua FSPMI PT Posmi, Bambang Sugiatma, yang telah bekerja di perusahaan tersebut sejak 1996, dilansir dari Pojok Bekasi.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.