PT Omron Manufacturing Of Indonesia: Profil, Produksi dan Loker

Diposting pada

PT. Omron Manufacturing Of Indonesia adalah perusahaan yang bergerak pada industri elektronik. Perusahaan ini merupakan bagian dari Omron Corp, yaitu perusahaan asal Jepang yang telah memiliki sejumlah cabang di berbagai negara, terutama Asia. Perusahaan terkemuka ini didirikan oleh Kazuma Tateshi pada tahun 1933 dengan lokasi awal di kota Kyoto yang masuk dalam wilayah Kansai, Jepang. Bergerak pada industri elektronik, PT. Omron Manufacturing Of Indonesia fokus pada penyediaan sistem kontrol serta peralatan untuk otomatisasi beragam mesin industri.

Di Indonesia sendiri perusahaan tersebut memiliki cabang di Kawasan Industri EJIP, Cikarang, Jawa Barat. PT. Omron Manufacturing Of Indonesia dibangun pada tahun 1992 silam dan mulai beroperasi satu tahun setelahnya. Peresmian perusahaan asal Jepang ini dilaksanakan pada tanggal 2 September 1993 dengan mengundang Menteri Perindustrian pada saat itu, yaitu Tungki Ariwibowo.

Pengaruh PT. Omron Manufacturing Of Indonesia tak perlu diragukan lagi, mengingat perusahaan ini telah menjalin beragam kerja sama, baik dengan perusahaan ternama di dalam negeri hingga luar negeri. Beberapa perusahaan yang menjadi mitra PT Omron Manufacturing Indonesia, antara lain PT. Pioneer Trading Co. Ltd. dari Indonesia dan Management Centre of Asia Pacific Pte Ltd dari Singapura.

Berbagai perlengkapan elektronika yang diproduksi oleh perusahaan ini, antara lain sensor, switch, relay, timer, serta beberapa sistem pengamanan mesin industri lainnya. Produk yang dihasilkan juga berkualitas, sehingga mampu menunjang kinerja mesin. Tak hanya dipasarkan di dalam negeri, PT. Omron Manufacturing Of Indonesia juga telah berhasil melebarkan sayapnya ke industri mancanegara dengan mengekspor produknya ke benua Asia, Eropa, Australia, hingga Amerika Utara.

Komitmen dan Filosofi

PT. Omron Manufacturing Of Indonesia dikenal dengan motto-nya, yaitu “At work for a better life, a better world for all“. Motto tersebut memiliki filosofi bahwa untuk menjadi perusahaan yang sukses, maka harus terlebih dahulu menjadi warga yang bertanggung jawab terhadap komunitas lokal tempat di mana mereka bekerja. Komitmen tersebut juga dibuktikan dengan melakukan pembagian obat gratis ke desa, renovasi rumah gratis untuk warga sekitar pabrik, serta donor darah rutin dari karyawan melalui Palang Merah Indonesia (PMI).

Lihat lebih banyak di LOKER

Baca juga: PT Shing Heung Indonesia: Profil, Produksi dan Loker

Perusahaan ini juga berkomitmen untuk menghormati semua orang yang dituangkan dalam aksi nyata, di mana PT. Omron Manufacturing Of Indonesia menjadi salah satu pelopor perusahaan yang mempekerjakan para penyandang disabilitas sejak tahun 1995. Menariknya, perusahaan ini mempekerjakan 1% penyandang disabilitas dari total karyawanya, sebagaimana amanah UU No. 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas.

Melalui produk yang dihasilkan, PT. Omron Manufacturing Of Indonesia berharap mampu membantu produsen di seluruh dunia dalam meningkatkan kualitas, keamanan, dan lingkungan dengan mempromosikan inovasi manufaktur. Perusahaan ini juga menawarkan beragam sistem, solusi, dan layanan yang mendukung infrastruktur sosial untuk menciptakan lingkungan hidup yang lebih aman dan nyaman.

Produksi

PT. Omron Manufacturing Of Indonesia bergerak di bidang manufaktur dan penjualan komponen elektronik, seperti sensor, switch, relay, timer, dan beragam sistem pengamanan mesin industri. Perusahaan ini telah memproduksi sekitar 191 juta komponen tiap tahunnya per tahun 2015. Dari seluruh produknya, sebanyak 10% saja yang dijual secara domestik, sementara 90% lainnya diekspor ke luar negeri.

Baca juga: PT Victory Chingluh Indonesia: Profil, Produksi dan Loker

Sejak bulan April 2020, PT. Omron Manufacturing Of Indonesia telah menambahkan dua fasilitas baru dengan luas lebih dari 20.000 meter persegi. Beroperasinya fasilitas baru ini diperkirakan mampu meningkatkan volume total produksi perusahaan mencapai 325 juta komponen.

Kasus

Hingga saat ini belum ditemukan kasus hukum, ketenagakerjaa, HAM, maupun lingkungan yang terkait dengan PT. Omron Manufacturing Of Indonesia. Akan tetapi pada bulan Oktober tahun 2019 silam, pihak HRD perusahaan telah melaporkan aduan karena terdapat dua karyawan Penyandang Disabilitas Sensorik Rungu Wicara yang bolos kerja selama dua hari. Hal ini berdampak pada terjadinya penurunan jumlah produksi perusahaan.

Aduan tersebut kemudian direspon oleh pekerja sosial Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Sensorik Rungu Wicara (BRSPDSRW) “Melati” Jakarta. Dari hasil diskusi ditemukan bahwa kedua karyawan tersebut belum mengetahui sistem serta aturan perusahaan secara menyeluruh karena terhambat komunikasi antara HRD PT. Omron Manufacturing Of Indonesia dan para penyandang disabilitas. Pihak Balai menyarankan kepada perusahaan untuk menjalin komunikasi yang efektif dengan para penyandang disabilitas.

Alamat

Kawasan Industri EJIP Plot 5C, Sukaresmi, Cikarang Selatan, Bekasi, Jawa Barat 17550

Baca juga: PT EDS Manufacturing Indonesia (PT. PEMI): Profil, Produksi dan Loker

Situs

“https://id.omron.asia/”

Loker

PT Omron Manufacturing Of Indonesia setiap tahun membuka lowongan untuk beberapa posisi, terutama operator produksi dan export import staff (exim). Jenjang karir dan juga pekerjaan dapat dilihat melalui situs resmi perusahaan pada laman “https://id.omron.asia/careers/” dan “https://id.omron.asia/jobs/”.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.