PT Musashi Auto Parts Indonesia di Cikarang: Profil, Produksi dan Loker

Diposting pada

pabri pt musashi auto parts indonesia

PT. Musashi Auto Parts Indonesia atau dikenal juga dengan PT MAP-IN merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam pembuatan spare part untuk kendaraan roda dua maupun roda empat, dan juga kendaraan di segala medan. Perusahaan ini adalah bagian dari perusahaan global yang terpusat di Jepang, Musashi Seimitsu Industry, dan di Indonesia, berada di bawah naungan Astra Group Jepang. Astra Group bergerak di bidang produksi spare part kendaraan motor dan mobil Honda, terutama pada transmisi kick starter, cam shaft, dan sebagainya.

Saat ini, PT. Musashi sudah tersebar di berbagai negara seperti Jerman, Hungaria, United Kingdom, Thailand, Indonesia, India, China, Vietnam, America, Canada, Mexico, dan juga Brazil.

Filosofi 

Mushasi Auto Parts memiliki tekad untuk selalu mengeksplorasi dan mengembangkan “Monozukuri” aslinya, sehingga bisa berkontribusi kepada masyarakat global dengan menyediakan produk terpercaya dan menarik. Monozukuri merupakan sebuah kata bahasa Jepang yang tanpa ada padanannya dalam bahasa lain. Kata ini mengungkapkan sebuah dedikasi dan keahlian yang ditujukan untuk keseluruhan proses produksi.

Panduan 

Mushasi menerapkan sebuah panduan perilaku yang ditujukan untuk para pekerjanya. Panduan ini dilandaskan atas dasar “Shitsujitsu-Goken” dan “Shisei-Ikkan”. Shitsujitsu-Goken (sederhana dan kokoh) mewakili sikap dasar terhadap diri sendiri. Kata tersebut bisa mengungkapkan bahwa terdapat semangat dan kerendahan hati, motif tinggi, disiplin diri dan mandiri, serta mendorong seseorang untuk memiliki sikap yang kuat dan kokoh.

Sedangkan Shisei-Ikkan (Ketulusan yang Konsisten), yaitu mewakili sikap fundamental diri sendiri terhadap orang lain. Kata tersebut mengungkapkan sikap yang mendasari kejujuran, memanfaatkan diri sendiri dan organisasi sebaik-baiknya, dan selalu bersemangat dalam hidup berdampingan untuk mencapai kemakmuran bersama.

Lihat lebih banyak di LOKER

Baca juga: PT HRS INDONESIA di Cikarang: Profil, Produksi dan Loker

Dasar panduan berperilaku tersebut menciptakan 6 semangat perusahaan, yaitu :

  1. Mengutamakan pelanggan. Dalam hal ini perusahaan mengharuskan untuk melihat segala aspek pekerjaan dari sudut pandang pelanggan, dan memastikan kepuasan pelanggan sepenuhnya ketika menyelesaikan pekerjaan dengan cara mengenali, memahami, dan menanggapi kebutuhan dan harapan pelanggan dengan cepat.
  2. Perusahaan menganjurkan untuk selalu berkomitmen dalam melakukan pekerjaan dengan sepenuh hati setiap saat, serta jujur. Hargai hubungan dengan orang lain, menepati janji, serta mengikuti segala aturan dan regulasi perusahaan.
  3. Selalu tidak merasa puas karena harus memikirkan dan mencoba ide kreatif baru untuk meningkatkan kinerja. Karena saat dunia bergerak maju dengan cepat, siapapun yang gagal mengikutinya akan ditinggalkan. Dan berdiri diam sama saja dengan mundur.
  4. Kerja keras, berarti memusatkan semua upaya pada apa yang dilakukan dengan tidak menyerah, berkompromi, atau mengambil jalan pintas sampai tugas selesai. Hal ini akan mengarah pada pertumbuhan dan perkembangan pribadi karena bisa menantang dan mengatasi masalah sulit dan mencapai tujuan, sehingga bisa mencapai kepuasan yang dalam.
  5. Kerjasama untuk tujuan bersama, merupakan penggabungkan kemampuan setiap individu yang menjadi kekuatan gabungan yang lebih besar sehingga membentuk tim yang bersatu. Grup Musashi akan mengatasi kesulitan dunia dengan menggunakan kekuatan Monozukuri yang mengkompensasi kelemahan tim yang mendukung. Dalam hal ini, komunikasi yang baik adalah syarat utama.
  6. Ingat dengan hak dan tanggung jawab. Tugas yang diberikan harus dipenuhi dan menghormati hak orang lain. Masing-masing memiliki tanggung jawab dan haknya sendiri, serta harus memastikan bahwa bisa memahami hak orang-orang sekitarnya.

Produksi

Musashi Auto Parts Indonesia dalam memproduksi produknya, tidak hanya mengedepankan fungsi dan teknologi. Namun jura selalu berinovasi untuk memberikan produk yang bernilai untuk masyarakat, seperti membuat produk yang ramah lingkungan dan bisa mengurangi konsumsi bahan bakar dan emisi CO2. Beberapa produknya adalah part untuk automobiles seperti power train dan L&S (Linkage & Suspension), kemudian parts untuk sepeda motor, dan part untuk ATV.

Kegiatan

Selain memajukan perusahaannya, direksi dan manajemen PT. Musashi Auto Part Indonesia melakukan kegiatan penanaman mangrove. Kegiatan tersebut dilakukan hampir setiap tahun berawal dari tahun 2014. DI tahun 2017, kegiatan penanaman mangrove dilakukan di Dusun Bungin, Desa Tanjung Pakis Kecamatan Pakis Jaya.

Kegiatan penanaman mangrove tersebut dilakukan dengan bekerjasama dengan pemerintah Desa dan dihadiri oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Karawang. Pohon yang ditanam adalah 8000 pohon jenis Rhizophora Apiculata atau biasa dikenal dengan pohon bakau. Tujuan dilakukannya kegiatan ini adalah untuk menahan abrasi yang telah mengikis daratan sepanjang 1000 meter dari bibir pantai saat ini. Dengan adanya kegiatan konserbasi ini, pihak PT Musashi berharap kepada masyarakat untuk selalu memelihara tanaman yang telah ditanamnya.

Alamat

Kawasan East Jakarta Industrial Park, Blok 3J-2, Jl. Citanduy Raya No.2, Sukaresmi, Cikarang Sel., Bekasi, Jawa Barat 17530

Website

“http://www.musashi.co.jp/en/company/overseas_factory.html”

Loker

(info belum tersedia)

Artikel Terkait

One thought on “PT Musashi Auto Parts Indonesia di Cikarang: Profil, Produksi dan Loker

  1. Selamat siang,,
    Mohon info siapa pemasok auto parts untuk wilayah Sumatera barat?
    Terimakasih untuk tanggapannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.