PT Mattel Indonesia: Profil, Produksi dan Loker

Diposting pada

PT Mattel Indonesia

PT Mattel Indonesia adalah perpanjangan tangan dari perusahaan mainan asal Amerika serikat, Mattel Inc. Fokus dari perusahaan yang  berdiri sejak 1945 ini adalah di industri mainan. Beberapa brand mainan yang mereka luncurkan menjadi sangat ikonik seperti  Barbie, Hot Wheels, Fisher-Price, American Girl, Thomas & Friends dan UNO.

Mattel Inc. mempunyai beberapa pabrik yang tersebar di berbagai negara, seperti  China, Meksiko, Thailand, Malaysia dan tentu saja Indonesia. Di tanah air, Mattel Inc. pertama kali datang untuk ekspansi bisnis mereka pada tahun 1992 yang kemudian melahirkan PT Mattel Indonesia (PTMI).

PT Mattel Indonesia sendiri, saat ini memiliki dua pabrik di Kawasan Industri Jababeka, Cikarang, Bekasi. Untuk pabrik di Indonesia,  fokus produksi mereka lebih pada bagian fashion doll, yaitu boneka Barbie.

Bahkan, PT Mattel Indonesia (PTMI) tercatat sebagai pabrik yang memproduksi lebih banyak boneka Barbie untuk Mattel Inc. dibanding pabrik-pabrik di negara lain, seperti Tiongkok, Malaysia, Thailand dan Meksiko.

Pada perayaan 25 tahun Mattel Indonesia di Cikarang, Bekasi, Jawab Barat, Peter Gibson selaku Executive Vice President and Chief Supply Chain Office Matel inc. mengatakan PTMI menyumbang 60% produksi boneka Barbie dari total produksi global Mattel Inc dan juga telah berkontribusi besar terhadap volume ekspor Indonesia.

Lihat lebih banyak di LOKER

PT Mattel Indonesia juga turut berkontribusi untuk UMKM tanah air. Mereka mengklaim 100 persen material lokal untuk bahan pembuatan kemasan. Sedangkan untuk bahan baku dari boneka Barbie, 50 persennya berasal dari lokal.

Komitmen dan Filosofi

Mattel inc. selaku induk perusahaan PTMI mengatakan di web resmi mereka, bahwa Mattel berkomitmen untuk memberdayakan generasi penerus untuk mengeksplorasi keajaiban masa kanak-kanak dan mencapai potensi penuhnya.

Komitmen tersebut mereka wujudkan dengan mengusung misi untuk membuat produk inovatif dan memberikan pengalaman yang dapat menginspirasi, menghibur dan mengembangkan anak-anak melalui berbagai produk mainan yang mereka kembangkan.

Produk

Martel Inc. memproduksi berbagai jenis mainan, dari mulai boneka, mainan kartu, boardgame, mobil-mobilan, action figure dan lainnya. Beberapa merek mainan ternama dari perusahaan ini adalah Barbie, Hot Wheels, Fisher-Price, American Girl, Thomas & Friends dan UNO.

Untuk PT Mattel Indonesia sendiri, difokuskan untuk sektor manufaktur pada produk jenis fashion doll tepatnya boneka Barbie. Bahkan pabrik PTMI di Cikarang, tercatat menghasilkan 60% dari total boneka Barbie yang diproduksi oleh Mattel Inc secara global.

Kasus

Tidak ada kasus pelanggaran yang dilakukan PT Mattel Indonesia baik di sektor ketenagakerjaan, HAM atau lingkungan. Namun PT Mattel Indonesia termasuk ke dalam 22 perusahaan pertama yang menjadi cluster penyebaran COVID-19 di kawasan industri Bekasi pada 2020 lalu.

Masih terkait COVID-19, induk perusahaan dari PT Mattel Indonesia yaitu Mattel inc. menjadi salah satu bisnis yang terdampak oleh fenomena pandemi global ini. Mereka melaporkan kerugian mencapai US$ 210,7 juta di kuartal pertama tahun 2020. Namun tampaknya di kuartal pertama 2021 mereka berhasil mengembalikan performa perusahaan.

Alamat

Pabrik I:

Kawasan Industri Jababeka, Jl. Jababeka V Blok G Kav. 4-6, Cikarang Utara, Harja Mekar, Kec. Cikarang Utara, Bekasi, Jawa Barat 17530

Pabrik II:

Jl. Industri Utama, Pasirsari, Kec. Cikarang Utara, Bekasi, Jawa Barat 17530

Situs

https://corporate.mattel.com/en-us

Loker

Per 19 Juli 2021, seperti dilansir dari situs resmi Mattel Inc., PT Mattel Indonesia sedang membutuhkan pekerja tambahan untuk mengisi posisi sebagai berikut:

  • Maintenance Engineer
  • Industrial Engineer
  • Industrial Relation Representative
  • Supervisor Production
  • Packaging Engineer
  • Supervisor Production
  • Industrial Engineer
  • Industrial Engineer
Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.