PT. Japan Indonesian Economic Center (PT. JIAEC)

Diposting pada
Foto: jiaec.co.id

Japan Indonesian Economic Center (PT. JIAEC) merupakan sebuah organisasi yang mengirim sumber daya manusia dari Indonesia ke Jepang dalam bentuk kegiatan magang (internship). Bekerja sama dengan organisasi penerima di Jepang, Japan Indonesia Association for Economy Cooperation (JIAEC), organisasi ini rutin mengirim siswa magang, khususnya di bidang teknik, dari Indonesia ke Jepang.

Japan Indonesia Association for Economy Cooperation sendiri merupakan sebuah badan hukum resmi berbentuk perseroan (PT) yang didirikan pada tahun 1971 berdasarkan ijin Departemen Luar Negeri Jepang No.13 dan ijin Departemen Tenaga Kerja dan Kesejahteraan Umum Jepang No.30. Perusahaan ini didirikan sebagai organisasi konsultan yang berekspansi ke Indonesia serta menjembatani proses alih teknologi antara Jepang dan Indonesia.

JIAEC sebagai PMA Jepang telah memiliki Ijin Usaha Tetap dari BKPM Nomor: 563/T/Perdagangan/Perhubungan/2005. Adapun ijin pemagangan terbaru dari Kementerian Tenaga Kerja RI, Dirjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas telah diterbitkan sebagai No.: 2/1518/HK.13/XII/2020 pada tanggal 7 Desember 2020 lalu, dan berlaku sampai 3 tahun ke depan.

Baca juga: PT Guardian Pharmatama: Produksi, Loker dan Profil

Komitmen dan Filosofi Perusahaan

Mengusung slogan “We Build Our Future”, PT. JIAEC percaya bahwa kemajuan suatu bangsa dimulai dari sumber daya manusianya. Karena itu perusahaan ini berkomitmen menjembatani kerjasama antara Jepang dan Indonesia dalam bentuk pengiriman trainee dari Indonesia untuk mengikuti kegiatan internship di lebih dari 600 perusahaan di Jepang.

Setiap trainee yang telah lulus dari program internship yang berjangka waktu 1-3 tahun tersebut diharapkan:

Lihat lebih banyak di LOKER
  1. mendapatkan keahlian tentang kemajuan teknologi industri di Jepang;
  2. mendapatkan pemahaman penguasaan atas keterampilan, disiplin, perilaku dan sikap kerja positif bangsa Jepang;
  3. memperoleh bekal untuk mempersiapkan masa depan  setelah kembali ke tanah air.

Aktivitas

Saat ini, PT. JIACE telah memiliki 3 kantor cabang di Indonesia yang berlokasi di 3 kota: Depok, Yogyakarta, dan Surabaya. Kapasitas pelatihan masing-masing kantor adalah sebagai berikut:

  1. Kapasitas JIAEC Depok mencapai 550 orang Trainee / Periode pelatihan.
  2. Kapasitas JIAEC Yogyakarta mencapai 350 orang Trainee / Periode pelatihan.
  3. Kapasitas JIAEC Surabaya mencapai 100 orang Trainee / Periode pelatihan.

Hingga saat ini, PT. JIAEC telah memberangkatkan lebih dari 10.000 trainee secara total dan sebagian besar telah kembali ke tanah air. Setiap trainee yang telah lulus program internship memiliki cerita keberhasilan masing-masing yang sebagiannya diberitakan dalam buletin rutin JIAEC Kini.

Baca juga: PT Cermai Makmur Abadi International: Produksi, Loker dan Profil

Saat ini, jumlah trainee aktif yang berada di Jepang mencapai lebih dari 4.000 orang dengan pemberangkatan terakhir pada tahun 2018 sebanyak 1.591 orang. Para trainee tersebut ditempatkan pada lebih dari 600 perusahaan penerima di Jepang, dari berbagai bidang industri, mulai dari perkapalan, permesinan, otomotif, elektronika, perkeretaapian, konstruksi sipil, alat berat, pertanian, perikanan, tekstil, dan lainnya.

Para trainee tersebut direkrut dari 298 SMK beserta institusi pendidikan yang tersebar di Pulau Jawa, juga dari perusahaan swasta baik PMDN maupun PMA Jepang serta BUMN. JIAEC juga secara rutin menyelenggarakan workshop pengembangan karir di sekolah-sekolah sebagai salah satu bentuk upaya perekrutan.

Kasus

Sebagai perusahaan pengirim tenaga kerja resmi dan legal, PT. JIAEC senantiasa terpercaya dan profesional dalam mengurus kepesertaan trainee-nya. Apalagi perusahaan ini memiliki induk di Jepang sehingga tidak pernah terdengar kasus terkait hukum, ketenagakerjaan, maupun HAM yang terkait.

Alamat

Kantor Utama & Training Center
PT JIAEC – Depok
Jl. IR. H Juanda, Kav. Adikarya No. 20, Kel. Baktijaya, Kec. Sukmajaya, Depok, Jawa Barat 16418, Indonesia
Telp : (021) 29841692

Baca juga: PT CIPTA MANDIRI WIRASAKTI (PT CMW): Profil, Produksi dan Loker

Kantor Operasional
PT JIAEC – Yogyakarta
Jl. Kaliurang, Jl. Candimendiro No.KM. 12, Candi Karang, Sardonoharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581, Indonesia
Telp : (0274) 881097
Email : [email protected]

Kantor Operasional
PT JIAEC – Surabaya
Dukuh Kupang XXXI No 38-40 Surabaya 60225
Telp : (031) 5631 025 / 5631 026
Email : [email protected]

Situs

“jiaec.co.id”

Loker

Hingga saat ini belum ada informasi terbaru mengenai lowongan kerja di PT. JIAEC. Sebagai penyelenggara program pemagangan ke Jepang yang terbesar di Indonesia, PT. JIAE juga menyediakan informasi terkait lowongan pemagangan ke Jepang melalui situs web-nya pada bagian “Karir”. Pastikan untuk selalu mengakses informasi mengenai lowongan kerja melalui situs web resmi perusahaan atau platform yang terpercaya. Hati-hati terhadap penipuan yang mengatasnamakan PT. JIAEC.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.