PT. Graha Kerindo Utama, Profil dan Loker

Diposting pada

tisu tessa

PT Graha Kerindo Utama adalah anak perusahaan dari Kompas Gramedia yang fokus pada penjualan produk-produk bisnis dengan merek dagang tisu Tessa. Perusahaan manufaktur ini terspesialisasi pada pada pembuatan tisu. Sejak 1986, Graha Kerindo Utama telah berkomitmen untuk menghasilkan produk dengan kualitas 100%.

Perusahaan ini merupakan produsen tisu tessa yang menjadi bagian dari jaringan bisnis besar Kompas Gramedia, tepatnya di sektor industri consumer goods. Dua merek lain yang juga dipasarkan oleh perusahaan ini adalah tisu Dynasty dan Multi.

Kompas Gramedia sendiri awalnya adalah perusahaan yang bergerak di bidang media massa, didirikan P.K. Ojong dan Jakob Oetama pada 17 Agustus 1963. Produk pertama yang diluncurkan oleh perusahaan ini adalah Majalah Intisari, sesuai dengan cita-cita pendirinya yaitu mencapai cita-cita mulia dalam rangka mencerdaskan anak bangsa.

Perusahaan ini kini telah berkembang pesat dan bergerak di beberapa industri besar seperti media, Event Organizer (Dyandra Promosindo), Jaringan Hotel (Santika Indonesia Hotels & Resorts), consumer goods (Graha Kerindo Utama), dan Pendidikan (Universitas Multimedia Nusantara dan ELTI Gramedia).

Kompas Gramedia sebagai perusahaan induk dari Graha Kerindo Utama memiliki visi dan misi “menjadi perusahaan yang terbesar, terbaik, terpadu, dan tersebar di Asia Tenggara melalui usaha berbasis pengetahuan yang menciptakan masyarakat terdidik, tercerahkan, menghargai kebhinekaan, dan adil sejahtera.”

Sebagai produsen tisu yang menjadi pohon dan kertas sebagai bahan baku utama, Graha Kerindo Utama jelas harus memperhatikan aspek kelestarian lingkungan dalam menjalankan proses produksinya. Tidak hanya itu, tisu juga menjadi salah satu sampah terbesar di dunia, sehingga sangat penting untuk menghasilkan produk tisu yang ramah lingkungan.

Oleh karena itu, sejak tahun 2015 lalu perusahaan ini telah mengenalkan produk tisu ramah lingkungan sebagai bentuk kepedulian terhadap kelestarian hutan dan lingkungan. Produsen tisu Tessa ini pernah memasarkan tisu ramah lingkungan sebelumnya. Tepatnya pada tahun 2011 dengan nama Tessa Ecoplas 260 Sheet dan Tessa Colored Toilet Tissue. Sementara itu, produk teranyar yang bernama Tessa Eco Friendly ini merupakan hasil Kerjasama dengan WWF Indonesia dan Forest Stewardship Council (FSC).

Adanya logo FSC pada kemasan menjamin kualitas dari produk ini. Khusus untuk produk-produk tisu ramah lingkungan, Graha Kerindo Utama selaku produsen menggunakan bahan utama yaitu tepung singkong yang bisa terurai hanya dalam 2 minggu saja setelah menyentuh tanah. Dengan demikian, penggunaan tisu ini tidak menyebabkan penumpukan sampah di Bumi dan mengakibatkan munculnya isu lingkungan yang lebih besar lagi.

Komitmen Graha Kerindo Utama sebagai produsen tisu Tessa untuk menciptakan produk yang ramah lingkungan mendapatkan apresiasi dari pemerintah. Tepatnya pada bulan April 2015, PT Graha Kerindo Utama diberi penghargaan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam acara Ruwatan Nasional di Taman Mini Indonesia Indah.

Penghargaan ini diberikan setelah perusahaan meluncurkan produk tisu ramah lingkungan yang terbuat dari bahan tepung singkong. Tidak hanya itu, kemasan tisu juga terbuat dari bahan eco-friendly yaitu bioplastik yang telah digunakan sejak 2011. Bahan ini dikenal dapat diuraikan lebih cepat oleh bakteri alami yang ada di tanah. Bioplastik jelas lebih ramah lingkungan dari bahan lain yang baru bisa terurai setelah 1000 tahun lamanya.

Tidak hanya itu, bahan baku yang digunakan oleh perusahaan dalam memproduksi tisu-tisu yang mereka pasarkan juga dipilih dari pohon-pohon yang tumbuh dan dirawat dengan mengdepankan kelestarian lingkungan.

Website

http://www.tessatissue.com/ (website Indonesia)

Alamat

Gedung Kompas Gramedia Lantai 2-3 Jalan Kerajinan No. 3-7, Kel. Krukut, Kec. Tamansari, Jakarta Barat 11140

Ketenagakerjaan

(Belum tersedia)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.