PT EDS Manufacturing Indonesia (PT. PEMI): Profil, Produksi dan Loker

Diposting pada

produksi pt pemi

EDS Manufacturing Indonesia (PEMI) merupakan sebuah perusahaan Indonesia yang bergerak di bidang pembuatan suku cadang kendaraan bermotor dengan spesifikasi di bidang wiring harness. Perusahaan ini berproduksi di Jalan Raya Serang – Balaraja KM. 24, Tangerang, Banten.

Perusahaan yang berdiri pada 1 Januari 1989 ini merupakan hasil PMA (Penanaman Modal Asing) yang dimiliki oleh Yazaki Corporation melalui grup PT. Autocomp System Indonesia (PASI). Yazaki Corporation sendiri merupakan sebuah perusahaan supply bermacam-macam produk elektronik, termasuk AC, peralatan gas, sel surya, hingga suku cadang kendaraan bermotor yang berpusat di Jepang.

Jaringan Yazaki Group telah mencakup 142 perusahaan yang mempekerjakan lebih dari 243 ribu orang di 45 negara. Total penjualannya mencapai 1,7 miliar yen (sekitar 234 triliun rupiah) di 2019, dengan persentase terbanyak di Jepang sebesar 34%.

Pada Google Review, PEMI mendapatkan rating 4,3 berdasarkan 376 ulasan dan di situs Jobstreet mendapatkan 4,5 rating dari 157 ulasan.

Baca juga: PT Namicoh Indonesia Component: Profil, Produksi dan Loker

Lihat lebih banyak di LOKER

Komitmen dan Filosofi 

EDS Manufacturing Indonesia sangat berkomitmen dalam menyediakan produk yang bermutu dan berkualitas untuk para pelanggannya. Sistem Quality Control yang diterapkan memastikan perusahaan untuk tidak:

  1. menerima produk cacat;
  2. memproduksi produk cacat; dan
  3. meloloskan produk cacat.

Komitmen ini sejalan dengan visi PT. PEMI untuk menjadi perusahaan bidang otomotif yang sukses dan dihormati di kawasan Asia Tenggara dengan memberikan pengalaman terbaik bagi pemilik kendaraan.

Upaya untuk mewujudkan hal tersebut diwujudkan dengan menerapkan filosofi 5S dalam seluruh operasional perusahaan. Filosofi 5S berakar dari budaya Jepang yang menghindari segala macam bentuk penyia-nyiaan atau pemborosan (waste) sehingga terbentuk sebuah kebiasaan (habit) yang produktif di tempat kerja.

Baca juga: PT Sankyo Indonesia: Profil, Produksi dan Loker

Filosofi 5S yang diterapkan PT. PEMI dapat dijabarkan sebagai sebuah kebulatan tekad untuk melakukan:

  • Seiri (pemilahan);
  • Seiton (penataan);
  • Seiso (pembersihan)
  • Seiketsu (perawatan); dan
  • Shitsuke (pembiasaan).

Seiri menekankan pada pemilahan barang yang tidak berguna dengan barang yang berguna, dimana barang tidak berguna harus dibuang dan barang yang berguna disimpan. Barang yang tidak berguna kemudian diberi label merah (red tag) dan disingkirkan dari tempat kerja.

Seiton menekankan pada penataan barang yang berguna dengan menggunakan signboard strategy, di mana setiap barang memiliki penjelasan nama, fungsi, tempat, dan jumlah atau kuantitasnya. Sistem ini akan menghemat waktu dan upaya untuk mencari, menemukan, dan menggunakan barang tersebut.

Baca juga: PT Sumiden Sintered Components Indonesia: Profil, Produksi dan Loker

Seiso menekankan pada upaya untuk memastikan bahwa barang, pekerja, dan tenaga dalam kondisi bersih, nyaman, dan kondusif untuk mendukung produktivitas kerja. Lingkungan yang bersih, nyaman, dan kondusif diharapkan dapat menjaga motivasi kerja dalam tingkat tertinggi.

Seiketsu menekankan pada upaya untuk menjaga kondisi barang, pekerja, dan lingkungan untuk selalu dalam kondisi terbaik dan siap digunakan. Ini sekaligus diwujudkan dalam sebuah standarisasi yang mudah dipahami, diterapkan, dan dikontrol secara berkala.

Shistsuke menekankan pada upaya pekerja untuk selalu sadar diri akan etika kerja yang baik. Hal ini mencakup disiplin memnuhi standar yang telah ditetapkan, saling menghormati, rasa malu melakukan pelanggaran, dan senang melakukan perbaikan.

Produksi

Produksi PT. PEMI berupa wiring harness dengan kapasitas produksi mencapai 5.040 ton per tahun. Sementara marketshare terbanyak adalah untuk Daihatsu (56,9%), Toyota 23,10%, Honda 7,10%, Hino 6,10%, Suzuki 2,50%, Isuzu 2,50%, dan lainnya 1,50%.

Wiring harness adalah seperangkat kabel yang telah diproses dan didesain untuk mengalirkan energi listrik pada body kendaran bermotor seperti mobil, sepeda motor, hingga alat berat. Perusahaan ini mempekerjakan lebih dari 5 ribu karyawan.

Kualitas produksi PT. PEMI terjamin dengan sertifikat kualitas QS 9000, ISO /TS 16949.

Kasus

PEMI sempat ditutup selama 14 hari di masa pandemi seiring ditemukannya 2 karyawan yang positif COVID-19. Pada April 2020, 5.200 pekerja dirumahkan setelah adanya 2 pekerja yang meninggal dunia dengan status PDP.

Alamat

Jl. Raya Serang No.Km.24, Balaraja, Kec. Balaraja, Tangerang, Banten 15610

Loker

Kebutuhan akan pekerja yang besar menjadikan perusahaan ini banyak diminati untuk melamar pekerjaan, namun informasi sangat terbatas.

Setiap tahun membuka lowongan pekerjaan posisi operator produksi untuk wanita lulusan SMA/sederajat, tinggi badan minimal 155 cm, sehat jasmani dan rohani, berusia minimal 18 tahun dan maksimal 22,5 tahun, belum menikah. Seleksi karyawan dilaksanakan langsung oleh PT. EDS Manufacturing (PEMI) dan informasi yang benar hanya yang dirilis oleh perusahaan.

Artikel Terkait

5 thoughts on “PT EDS Manufacturing Indonesia (PT. PEMI): Profil, Produksi dan Loker

  1. Masih ada loker untuk PT PEMI

  2. Izin bertanya, apakah loker yg tertera di PT. Eds manufaktur Indonesia masih di berlaku? Bagaimana cara melamarnya?

  3. saya ingin melamar kerja di PT EDS manufacturing Indonesia

  4. apakah mata minus bisa masuk?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.