PT DYNAPLAST Tbk di Cikarang: Profil, Produksi dan Loker

Diposting pada
pabrik pt dynaplast
Kondisi kebakaran di pabrik PT Dynaplast. Sumber foto: Kompas.com (fair use)

PT Dynaplast Tbk merupakan perusahaan plastik rigid terdepan di Indonesia dengan posisi pasar yang sangat kuat. Perusahaan ini memiliki model bisnis berkelanjutan dengan hubungan jangka panjang yang harmonis dengan para pelanggannya, memasarkan produk-produk yang beragam, dan didukung oleh tim manajemen yang kuat. Produk-produk dari Dynaplast Indonesia banyak digunakan pada sektor makanan, kosmetik, farmasi, oli kendaraan bermotor, dan industri kimia.

Dynaplast beroperasi pada lebih dari 30 lokasi manufaktur di seluruh negara-negara strategis di kawasan Asia seperti China, Vietnam, Thailand, Malaysia, dan Indonesia. Dengan kuatnya kehadiran Dynaplast di benua Asia, perusahaan terus bisa melakukan ekspansi sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan tuntutan konsumen. Sebagai sebuah perusahaan besar, Dynaplast juga memiliki beberapa anak perusahaan seperti Dynaplast Packaging Vietnam Co., Ltd., Rexplast, dan PT Sanpak Unggul.

Dynaplast pertama kali didirikan oleh Sobekti Hambali pada tahun 1959 dengan nama National Electric Wire Ltd. Baru kemudian pada tahun 1997 dinamai menjadi Dynaplast secara resmi. Ketika itu, namanya adalah Dynaplast Cibitung. Dynaplast menjadi perusahaan plastik dengan klien-klien besar seperti Shell, Sadikun, Honda, Tupperware, Philips, L’Oreal, Aqua, Coca Cola, Unilever, Federal Oil, Sunsilk, dan masih banyak lagi.

Dynaplast menjadi perusahaan swasta setelah berhasil menguasai lebih dari 50 persen saham Berli Prospack Co. Ltd., perusahaan asal Thailand pada tahun 2003. Kemudian pada tanggal 27 Juli 2011, saham Dynaplast (dengan kode DYNA) secara resmi dihapus dari Bursa Efek Indonesia.

Di Google Review, perusahaan ini mendapatkan ulasan 4,4 berdasarkan 12 ulasan (per 2 Oktober 2020).

Baca juga: PT. Toso Industry Indonesia di Kawasan EJIP Cikarang, Profil dan Loker

Lihat lebih banyak di LOKER

Layanan Packaging Dynaplast

Sebagai perusahaan yang ingin terus memberikan produk terbaik bagi para klien, Dynaplast melayani produksi plastik untuk 3 sektor besar, meliputi:

  • Consumer Packaging. Memproduksi botol-botol Blow Bolded untuk farmasi, perawatan tubuh, minuman, pelumas otomotif, dan produk pembersih rumah tangga. Dynaplast mengaplikasikan teknik dan menggunakan teknologi yang bisa menghasilkan produk berkualitas terbaik seperti yang diharapkan oleh para konsumen. Yang termasuk dalam kategori ini adalah ember, jerigen, dan botol pelumas.
  • Industrial Packaging. Plastik rigid produksi Dynaplast menjadi wadah bagi pelumas yang memastikan roda segala jenis transportasi tetap bergerak. Yang termasuk ke dalam kategori ini adalah botol, kaleng, tutup botol, tabung, sendok, peralatan medis, sikat gigi, food container berdinding tipis.
  • Component. Dynaplast memproduksi komponen plastik untuk otomotif, peralatan elektronik rumah tangga, barang-barang konsumsi, industri ekektronik dan komputer. Yang termasuk ke dalam kategori ini adalah komponen motor, komponen elektronik, peralatan rumah tangga, penutup.

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Dynaplast tidak lupa untuk memberikan timbal balik kepada masyarakat melalui program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Sasaran dari program mereka adalah Rumah Belajar Anak Langit, komunitas yang dibentuk oleh para sukarela yang beranggotakan 70 orang anak-anak dari kalangan kelas bawah. Lokasi komunitas ini berada di Tanah Gocap, Sungai Cisadane, Tangerang.

Program Dynaplast diwujudkan dalam pembangunan Gedung bertingkat 2 lantai, dimana lantai pertama digunakan untuk membuat dan menjual kerajinan sedangkan lantai kedua digunakan untuk perpustakaan, disertai ruangn khusus untuk anak laki-laki dan anak perempuan.

Dynaplast juga melengkapi rumah tersebut dengan buku-buku yang relevan untuk anak beserta alat tulisnya. Mereka juga memberikan dukungan edukasi melalui tas, buku, dan alat tulis untuk masing-masing anak.

Baca juga: PT TENMA CIKARANG INDONESIA, Profil dan Loker

Alamat

Kawasan Industri BIIE, Komplek Hyundai 21 Raya Blok C12-C13A, Pasisari, Cikarang Selatan, Bekasi, Jawa Barat

Loker

Setiap tahunnya pabrik PT. Dynaplast Tbk membuka lowongan kerja untuk posisi operator produksi dengan deskripsi sebagai berikut:

PT Dynaplast Tbk bersama dengan anak perusahaan, pabrik manufaktur dan distributor kemasan plastik, komponen molding plastik presisi and krat botol di Indonesia dan internasional. Perusahaan menyediakan produk pengemasan yang rigid, seperti botol, pembungkus dan penutup untuk industri barang perawatan pribadi, barang konsumsi, pelumas, kimia, makanan, produk susu dan farmasi.

Perusahaan ini juga menawarkan krat botol untuk industri minuman, serta komponen cetakan plastik untuk industri otomotif, barang elektronik, baterai, barang konsumsi dan komputer. Perusahaan dulu bernama PT National Electric Wire Ltd dan berubah namanya menjadi PT Dynaplast pada 1979.

Perusahaan membutuhkan tenaga kerja dengan posisi OPERATOR PRODUKSI, dengan kualifikasi sebagai berikut:

  • Pria dan wanita
  • Berusis maksimal 26 tahun
  • Pendidikan SMA/SMK/sederajat semua jurusan
  • Tinggi badan bebas
  • Berpengalaman maupun non pengalaman
  • Belum pernah bekerja di PT. Dynaplast
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Bersedia ditempatkan di seluruh cabang PT Dynaplast yang berjumlah 9 cabang.

Lamaran kerja dikirim langsung ke alamat:

PT. Dynaplast PT. Dynaplast Cikarang III,
Kawasan Industri Jababeka I Jl.Jababeka Raya Blok C No.6-7 Cikarang Bekasi 17530 Jawa barat – Indonesia

Permasalahan

Pada 29 Juni 2020, pabrik PT Dynaplast hangus terbakar. Sekitar 80 persen gedung pabrik habis dilalap api yang diduga berasal dari ruang genset dan menjalar ke ruangan produksi. Saat proses pemadaman, sekitar 25 petugas damkar diturunkan, namun kondisi air yang sulit diakses dan angin kencang membuat pabrik ini susah diselamatkan.

Tidak ada korban jiwa saat kejadian. Para pekerja yang sedang beristirahat karena jam makan siang, berhasil dievakuasi.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.