PT AUTO ASKA INDONESIA di Karawang: Profil, Produksi dan Loker

Diposting pada
pt auto aska indonesia pabrik
Foto: Google Image/Santoso

PT Auto Aska Indonesia adalah perusahaan yang bergerak di bidang otomotif dan komponen otomotif. Perusahaan ini didirikan pada bulan Juli 2012 dan pembangunannya selesai pada bulan Mei 2014. Baru pada bulan Agustus 2014 perusahaan ini beroperasi secara resmi dengan modal awal sebesar 20 juta dolar AS.

Pemegang saham seluruhnya dari perusahaan ini adalah ASKA Corporation Japan yang juga merupakan perusahaan induknya. Saat ini perusahaan dipimpin oleh Yamasaki Nobuaki pada posisi Presiden Direktur. PT Auto Aska Indonesia sendiri terbagi dalam dua divisi yaitu Auto Mobile Part Division dan Robot System Division.

Filosofi yang dipegang oleh perusahaan dalam menjalankan bisnisnya adalah “Berkeinginan besar, tantangan!”, sedangkan visi dan misi perusahaan sendiri adalah untuk “Menjadi perusahaan auto body parts dan robot system yang berkualitasm terpercaya, dan terbaik di Indonesia”.

Sejarah Singkat Perusahaan

Auto Aska Indonesia adalah anak perusahaan dari Asuka, Co. Ltd. Jepang yang berdiri sejak 25 Desember 1953 di kota Nagoya. Kala itu, perusahaan ini bernama Katayama Kogyo, Co. Ltd., sebuah perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur dan penjualan produk-produk baja dan bagian-bagian lempengan baja untuk otomotif.

Bidang produksi perusahaan semakin berkembang setelah pada Juni 1967 mereka mulai memproduksi switchboard dan control panel. Kemudian pada November 1985, pabrik di Kota dibangun untuk memproduksi bagian-bagian mobil berukuran besar. Beberapa bulan kemudian, tepatnya pada April 1986, perusahaan ini berkecimpung secara penuh di bisnis sistem robot. Total modal yang dimiliki oleh perusahaan ini kini mencapai lebih dari 900 juta yen. Aska bergerak di 3 bidang bisnis yaitu auto part, switchboard, dan robot system.

Indonesia bukan satu-satunya negara dimana Aska memiliki anak perusahaan. Jauh sebelumnya yaitu pada bulan Februari 2004, Aska terlebih dulu mendirikan cabang di Amerika Serikat yang bernama ASKA USA CORPORATION.  Kemudian baru pada bulan Juli 2012 pendirian pabrik Aska di Indonesia dimulai.

Lihat lebih banyak di LOKER

Fasilitas dan Produk

Robot System adalah salah satu dari dua divisi utama perusahaan. Divisi ini secara khusus bergerak dalam bidang desain, manufaktur, dan instalasi beberapa item berikut ini:

  1. Industrial Cartesian Coordinate Robot – Customized Robot (Automatic Loader, Gantry Type)
  2. Robot Application Equipment
  3. Automatic Welding Lines
  4. Automatic Equipment
  5. Equipment for Mechatronics
  6. Welding Equipment for Steel Box Corners

Sementara itu, produk-produk yang dihasilkan berkaitan dengan Auto Industry yang langsung diterapkan di beberapa bagian mobil antara lain adalah:

  1. Front seat welding system & Rear back frame welding system
  2. Roof rail welding system & Roof outer welding system
  3. Sun roof inspection system
  4. Front/rear door welding system
  5. Quarter inner welding system
  6. Center pillar welding system
  7. Fuel tank welding system
  8. Suspension welding system
  9. Side member welding system
  10. Aluminum wheel handling system
  11. Radiator support welding system

Auto Aska Indonesia juga menghasilkan produk-produk robotik non-auto industry seperti:

  1. Panel corner auto welding system
  2. Cabinet welding system
  3. Part transfer system

Alamat

Kawasan Industri Surya Cipta, Jalan Surya Utama Kav. 1-44, Kutanegara, Ciampel, Karawang, Kabupaten Karawang, Jawa Barat 41363. Telepon: (0267) 8637771

Loker

Setiap tahun PT Auto Aska Indonesia membuka lowongan kerja operator produksi dengan persyaratan sebagai berikut:

  • Perempuan & laki-laki
  • Pendidikan minimal tamatan SMA/SMK/sederajat
  • Usia 18 sampai 24 tahun
  • Tinggi badan ideal
  • Berbadan sehat dan tidak memiliki kecacatan
  • Bertanggungjawab dan pekerja keras
  • Belum menikah
  • Pengalaman di bidang produksi sparepart otomotif sangat dipertimbangkan

Kasus

Sama seperti pabrik lainnya, Auto Aska Indonesia juga pernah tersandung masalah pengelolaan limbah dengan daerah setempat dimana pabrik beroperasi, yaitu Karawang. Menurut artikel yang dimuat pada April 2018, perusahaan melakukan pertemuan dengan Kapolsek Ciampek yang menjabat saat itu untuk membicarakan masalah limbah produksi yang berkaitan dengan perpajakan agar dapar diserap oleh pemerintah Kabupaten Karawang.

Pertemuan ini juga dihadiri oleh Manajemen PT Auto Aska Indonesia dan beberapa perwakilan LSM. Pertemuan berjalan tertutup dan dipimpin langsung oleh Kapolsek.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.