PT. ALPEN FOOD INDUSTRY, Profil dan Produksi

Diposting pada

pt alpen food industry pabrik es krim aice

PT Alpen Food Industry adalah perusahaan yang memasarkan produk es krim bermerek Aice di Indonesia. Perusahaan ini telah mendapatkan lisensi resmi dari Singapura dengan tim yang memiliki pengalaman selama lebih dari 20 tahun di industri es krim. Sejak kedatangannya di Indonesia, Aice mendapatkan sambutan baik dari masyarakat hingga memperoleh sertifikat tertinggi A yang mengindikasikan level halal produk ini.

Beberapa prestasi yang pernah ditorehkan oleh Aice antara lain adalah terpilih sebagai satu-satunya merek es krim yang masuk ke dalam daftar “10 Makanan Paling Viral 2016 di Indonesia.” Di tahun 2017, Aice berhasil memenangkan penghargaan sebagai “Excellent Brand Award.” Tidak hanya itu, Aice terpilih sebagai merek es krim pilihan pada event Asian Games di Jakarta dan Palembang tahun 2018. Prestasi Aice masih terus berlanjut dengan penghargaan “Better Brand 2018.” Di tahun yang sama, Aice juga membangun pabrik es krim tercanggih di kota Mojokerto, Jawa Timur.

Saat ini, Alpen Food Industry telah memiliki 21 varian es krim merek Aice dengan lebih dari 80.000 outlet yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia.

Sejarah Singkat PT Alpen Food Industry

PT Alpen Food Industry adalah bagian dari Aice Group Holdings, Pte.,Ltd., yang didirikan di Singapura pada Mei 2015. Perusahaan tersebut berkomitmen untuk menjadi merek es krim yang paling populer.

Kegiatan operasional inti dari perusahaan ini meliputi research and development, produksi, dan penjualan produk es krim. Produk Aice kini telah dipasarkan di 3 negara Asia Tenggara yaitu Indonesia, Filipina, dan Vietnam.

Filosofi Logo dan Nama Produk

Di balik nama “Aice”, ada filosofi tersembunyi yang mengandung makna. Es krim Aice hadir dengan tagline “Have an Aice Day,” pembelokan dari kalimat Bahasa Inggris “Have a nice day” yang bermakna “Jadikan hari-harimu lebih indah.” Melalui tagline tersebut, perusahaan ingin memberikan kualitasm kenikmatan, kesegaran, kebahagiaan, dan inovasi melalui produk es krim yang bisa dinikmati oleh semua konsumen.

Sementara itu, untuk logo “Aice” sendiri memiliki makna khusus. Huruf “A” diambil dari huruf pertama alfabet yang artinya “paling bagus, paling baik, paling populer”. Sementara itu “ice” adalah singkatan ice cream atau es krim. Jika digabungkan, maka Aice adalah es krim terbaik dan paling populer.

Kontroversi Buruh dan Pekerja PT Alpen Food Industry

Sebagai penghasil es krim terbesar dan sangat populer di seluruh Indonesia, Alpen Food Industry rupanya juga tidak lepas dari kontroversi. Di awal tahun 2020, sejumlah buruh dan karyawan yang mengaku pernah bekerja di perusahaan tersebut mengaku diperlakukan secara tidak manusiawi, termasuk dari pelaku outsourcing.

Menurut pemberitaan, perlakuan tidak manusiawi tersebut meliputi janji pemberian upah di atas upah minimum kota Bekasi, makanan sehat selama bekerja, dan kepastian status sebagai pekerja tetap yang semuanya tidak ditepati.

Demikian juga dengan fasilitas dan kenyamanan selama bekerja yang tidak pernah diterima oleh para karyawan. Mereka mengaku ditempatkan dalam sebuah mes yang berisi 2 kamar tidur dan 1 kamar mandi, namun harus digunakan bersama dengan 100 karyawan lain yang juga berasal dari luar daerah.

Baca juga: Kenapa Ramai Gerakan Boikot Es Krim AICE?

Alamat

Jalan Selayar II No. 10 Telajung, Kec. Cikarang Barat, Bekasi, Jawa Barat

Artikel Terkait

3 thoughts on “PT. ALPEN FOOD INDUSTRY, Profil dan Produksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.