Nikmatnya Teh Jahe Menyimpan Banyak Khasiat

Diposting pada

Makanenaksehati.blogspot.com – Jahe makin nikmat saat diseduh bersama teh. Perpaduan rasanya menggugah selera dan  menghangatkan badan ketika diminum kondisi panas atau hangat. Pedasnya jahe dan kekentalan teh membawa citarasa yang luar biasa.

Menurut situs NewHealthGuide, teh jahe juga memiliki berbagai manfaat bagi tubuh. Berikut ini manfaat yang bisa dirasakan:

  1. Meringankan rasa ingin muntah. Untuk meringankan mual sebaiknya meminum teh jahe dilakukan pada awal waktu gejala mulai dirasakan. Atau, kalau punya kebiasaan mual pada waktu tertentu – misalnya melakukan perjalanan jauh – sebaiknya minum minimal setengah jam sebelum berangkat.
  2. Membantu proses pencernaan. Teh jahe dapay meningkatkan kerja pencernaan, sekaligus meningkatkan penyerapan makanan di dalam usus. Asam lambung dapat ditekan sehingga mengurangi perut kembung atau bersendawa. Hanya saja, mungkin nafsu makan sedikit terangkat setelah minum teh jahe.
  3. Mengurangi peradangan. Jahe memiliki sifat antiradang atau antiinflamasi. Dengan teh jahe, kerja antiradang makin kuat sehingga meredam berbagai gelaja peradangan. Misalnya radang sendi, radang usus, dan sebagainya. Adanya peradangan menandakan ada masalah kesehatan yang sedang dihadapi oleh tubuh sebagai bentuk pertahanan diri.
  4. Membantu melegakan pernapasan. Terutama ketika sakit flu, pilek, atau batuk, minum teh jahe membantu mengencerkan lendir sehingga jalan napas kembali lancar.
  5. Meningkatkan sirkulasi darah. Sirkulasi darah akan lancar karena jahe punya kandungan vitamin, mineral, dan asam amino. Lancarnya laju darah mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Jahe juga mencegak terjadinya penimbunan lemak di pembuluh darah atau arteri.
  6. Meringankan rasa sakit saat menstruasi. Untuk melakukannya, siapkan handuk bersih dan celupkan pada teh jahe. Letakkan handuk basah tersebut di perut sebelah bawah. Kandungan dari teh jahe akan mengurangi rasa nyeri dan mengendurkan otot-otot. Pada waktu yang sama bisa dimimun teh jahe yang telah ditambahkan madu.
  7. Menguatkan sistem kekebalan tubuh. Antioksidan dalam teh dan jahe ikut meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kemampuan tubuh untuk melawan penyakit makin kuat.
  8. Meningkatkan kesuburan pria. Menurut sebuah studi, pria yang rutin mengonsumsi jahe akan meningkat jumlah spermanya sekaligus membantu mengatasi disfungsi alat intim.

***
(Penulis: Ilham Choirul)
Foto kredit: intisari-online.com

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.