Motivasi Melamar Kerja Bagi Fresh Graduates di PT Epson

Posted on

PT Epson merupakan perusahaan besar berupa manufaktur elektronik. Menjadi salah satu perusahaan yang besar dan ternama sehingga tidak heran apabila banyak pelamar sebagai fresh graduates di PT Epson. Lokasi utama perusahaan besar ini yaitu berada pada kawasan industri EJIP, Cikarang. Selain itu, perusahaan ini termasuk ke dalam anak perusahaan Seiko Epson Corporation.

7 Jawaban Motivasi Melamar Kerja Bagi Fresh Graduates di PT Epson

Melalui artikel kali ini, Anda bisa memahami lebih dalam ketika hendak melamar kerja sebagai fresh graduates di PT Epson. Terlebih lagi, akan ada pula penjelasan mengenai lulusan yang cocok untuk bekerja pada PT Epson, keuntungan menjadi fresh graduates dan masih banyak lagi. Dengan demikian memberikan Anda kemudahan untuk menghadapi dunia kerja setelah lulus dalam bangku pendidikan.

1. Menunjukan Jawaban Optimistis

Ketepatan dalam menjawab motivasi melamar kerja sebagai fresh graduates di PT Epson yaitu dengan menunjukan jawaban yang optimis. Selain percaya diri serta jujur, Anda juga bisa memberikan jawaban bahwasannya Anda ingin membentuk hubungan serta relasi terhadap orang baru dalam perusahaan.

2. Memberi Jawaban yang Realistis

Memberikan jawaban yang realistis juga dapat menjadi poin penting. Terlebih lagi, Anda juga harus jujur serta realistis dan tidak berorientasi terhadap uang. Hal ini juga dapat menjadi salah satu cara untuk membuat perusahaan lebih tertarik untuk menjadikan Anda sebagai kandidat.

Perusahaan besar masa kini, cenderung lebih menyukai kandidat-kandidat yang realistis, percaya diri sekaligus realistis. Contohnya, selain bisa memperoleh pekerjaan tetap, sekaligus saya ingin memberikan kontribusi positif kepada perusahaan. Anda juga dapat menambahkan seperti ingin menyalurkan karya maupun skill dalam diri.

3. Mengaitkannya dengan Visi dan Misi PT Epson

Apabila memungkinkan, Anda juga dapat mengaitkannya dengan visi dan misi dalam perusahaan. Terlebih lagi, kemampuan dalam menyelaraskan motivasi kerja terhadap visi dan misi juga menjadi poin tambah ketika tengah interview. Oleh sebab itu, sebelum datang ke perusahaan untuk wawancara sangat perlu membaca profil sekaligus visi misi perusahaan.

4. Jawaban yang Relevan

Memberikan jawaban yang relevan adalah sebagai bukti apabila Anda adalah calon karyawan yang memiliki motivasi sangat berguna. Selain itu dapat juga menunjukkan bagaimana motivasi menjadi karyawan yang terlihat lebih bersemangat. Misalnya saja dengan menjelaskan solusi dari permasalahan yang mungkin ada dalam masyarakat maupun perusahaan.

5. Menjelaskan Bekal Ilmu dalam Diri

Melamar kerja sebagai fresh graduates di PT Epson dapat mengaitkannya dengan pengalaman yang ada. Selama panjangnya waktu perkuliahan, Anda dapat memberikan satu maupun dua pengalaman seperti pelatihan-pelatihan, webinar, Praktik Kerja Lapangan (PKL) dan lain sebagainya.

6. Mampu Membuktikan Keberhasilan

Tentu saja, dalam proses interview melamar kerja sebagai fresh graduates di PT Epson harus mampu memberikan kesan positif. Contohnya, saya merasa termotivasi terhadap tantangan untuk menyelesaikan berbagai proyek dalam waktu lebih cepat. Selain itu, dapat pula menambahkan kemampuan dalam mengelola tim guna mencapai tujuan yang telah terancang sebelumnya.

7. Tidak Menunjukkan Keangkuhan

Ketika Anda hendak menunjukkan kebanggaan terhadap diri sendiri, perlu untuk tidak terlalu berlebihan. Sebab hal ini dapat memperlihatkan keangkuhan ketika berhadapan recruiter. Sebab, suatu perusahaan tentu menginginkan karyawan yang dapat bekerja sama baik secara individu maupun bersama tim.

Keuntungan Perusahaan Merekrut Fresh Graduates

Keuntungan yang berasal dari fresh graduates di PT Epson yaitu karena merasa lebih up to date. Memang, banyak orang yang percaya apabila semakin berkembangnya zaman, informasi dan teknologi akan terus maju. Oleh sebab itu, antara generasi lama dan generasi muda tentu akan berbeda jauh dari segi pengalaman, informasi dan pengetahuannya. Lebih lanjut inilah keunggulan lainnya.

1. Bisa Berinovasi

Hal tersebut berlaku pula dalam dunia kerja, yang merekrut karyawan agar lebih tech savvy terhadap perkembangan zaman seperti sekarang ini. Tentu saja perusahaan juga mendapatkan keuntungan yang cukup besar. Misalnya saja karyawan fresh graduates lebih mudah dalam memunculkan ide menarik sesuai kebutuhan pasar yang ada seperti kondisi saat ini.

2. Menjadi Pendengar yang Baik

Kebanyakan karyawan baru sebagai fresh graduate akan memiliki kemampuan menjadi pendengar yang baik. Mengapa demikian? Sebab, Anda akan lebih terbuka serta mudah untuk mendapatkan masukan terkait kinerja yang telah terjadi atau berlangsung pada masa awal bekerja. Terlebih lagi, Anda juga merasa apabila setiap masukan dapat membantu dalam kemajuan kinerja.

Sehingga, perusahaan menjadi lebih tertarik dan senang memiliki karyawan yang memiliki karakteristik tersebut. Pasalnya, setiap pekerjaan pasti memiliki banyak masukan yang harus menyesuaikan visi dan misi perusahaan. Oleh sebab itu, perusahaan menganggap apabila cara terbaik untuk mencapai harapan tersebut yaitu menerima karyawan fresh graduate.

3. Lebih Inovatif

Ketika seseorang baru saja lulus dari perguruan tinggi, pastinya akan memiliki pemikiran yang inovatif dan lebih luas. Banyak pula perusahaan yang beranggapan bahwa pemikiran inovatif tersebut dapat diterapkan pada perusahaan. Sebab, suatu perusahaan sangat menginginkan banyak hal atau pemikiran baru yang selama ini belum terpikirkan.

4. Memiliki Semangat Belajar Tinggi

Ketika masuk ke dalam dunia kerja dan berada sebagai fresh graduates di PT Epson, Anda akan merasa apabila dunia kerja tidak sepenuhnya menyerupai materi dalam kelas. Terdapat banyak sekali perbedaan yang akan terasa seperti penerapan teori, teamwork, maupun lingkungan kerja.

Oleh sebab itu, kebanyakan fresh graduate akan memiliki semangat belajar tinggi untuk bisa memaksimalkan pekerjaan. Pastinya dalam suatu perusahaan terdapat banyak sekali karyawan yang telah berpengalaman dan merasa cukup akan ilmu. Sehingga Anda bisa bertanya berbagai macam hal yang selama ini masih belum mengenal dan memahaminya.

5. Sangat Ambisius

Bagi kebanyakan orang, menganggap apabila ambisius adalah memiliki konotasi yang negatif. Akan tetapi, berdasarkan kenyataannya tidak selalu seperti itu. Sebab, menjadi seorang ambisius berarti Anda memiliki motivasi yang mumpuni untuk bisa terus melangkah maju. Anda akan terus berusaha semaksimal mungkin dalam meraih goal sesuai harapan.

Oleh sebab itu, bagi para fresh graduate akan terus berusaha dan bekerja keras agar bisa mendapatkan kesan yang baik. Bukan tidak mungkin apabila Anda juga akan terus semangat menerima tantangan baru serta memiliki inisiatif tinggi. Hal ini yang menjadi harapan sebagai ambisius positif dan menjadi keuntungan tersendiri terhadap perusahaan.

Posisi yang Sering Membutuhkan Karyawan Fresh Graduate

Dalam dunia kerja yang terus berkembang, posisi yang sering kali membutuhkan karyawan fresh graduate memiliki peran penting dalam memberikan peluang awal bagi para lulusan baru yang memasuki pasar kerja. Perusahaan-perusahaan sering mencari individu yang baru saja menyelesaikan pendidikan mereka untuk mengisi posisi-posisi ini, karena mereka membawa semangat baru, ide segar, dan keterbukaan terhadap pembelajaran.

Posisi-posisi seperti asisten proyek, analis junior, staf akuntansi, desainer grafis awal, dan tim dukungan teknis biasanya merupakan tempat yang ideal bagi para lulusan baru untuk memulai karir mereka. Meskipun tantangan mungkin ada dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja yang sebenarnya, posisi-posisi ini dapat menjadi batu loncatan yang berharga menuju perkembangan profesional yang lebih besar. Lebih lanjut inilah beberapa list posisi yang mudah didapatkan.

1. Operator Produksi

Posisi pertama yang sering membutuhkan banyak karyawan yaitu operator produksi. Pekerjaan ini memiliki deskripsi melakukan pekerjaan yang ada kaitannya dengan operator. Selain itu juga bertugas untuk mengatur sekaligus mengontrol bahan baku proses produksi. Terlebih lagi, posisi ini juga harus mampu untuk mengoperasikan mesin serta mengontrol proses produksi.

Setiap kegiatan yang berlangsung, juga harus mampu melakukannya berdasarkan standar keamanan, keselamatan dan kesehatan dalam dunia kerja. Sehingga, pekerja dapat melaksanakan proses produksi serta prosedur sesuai kualitas dan ketentuan dalam perusahaan. Lulusan yang cocok pada bidang ini yaitu berupa teknik mesin.

2. Operator Assembling

Posisi berikutnya yaitu operator assembling atau perakitan barang hasil dari proses produksi. Pekerja pada bagian ini mampu melakukan perakitan produk yang berawal dari nol hingga selesai. Pastinya setiap perakitan tersebut harus berdasarkan drawing dari perusahaan.

3. Teknisi Digital Printing

Posisi lainnya sebagai karyawan fresh graduates di PT Epson yaitu berupa teknisi digital printing. Karena fokus produksi perusahaan PT Epson adalah dunia percetakan maka posisi ini akan banyak membutuhkan karyawan. Selain itu, lulusan dari kriteria posisi ini yaitu teknik mesin atau sebagai grafika.

4. Product Marketing

Pada dasarnya, PT Epson adalah memproduksi produk printer. Tentu saja, setiap produk yang telah melalui proses produksi akan langsung perusahaan pasarkan. Seringkali, perusahaan ini membutuhkan karyawan fresh graduate untuk menangani kepentingan penjualan produk. Kriteria tersebut berada dalam lulusan sarjana elektro, manajemen maupun IT.

Pahami Syarat-syarat Melamar Kerja Pada PT Epson

Dari berbagai macam persyaratan yang ada dan telah tersedia pada perusahaan PT Epson, tentu memiliki syarat pendukung. Hal ini menjadi harapan besar untuk calon karyawan agar mampu memenuhi aturan atau syarat yang ada. Salah satunya yakni berupa syarat umum seperti batas usia yang bisa melamar yakni pada rentang 18 hingga 30 tahun.

Meskipun semua lowongan terbuka untuk siapa saja, namun usia pelamar juga tergantung berdasarkan masing-masing posisi pekerjaan. Baik pria maupun wanita, jenis kelamin maupun usia juga masuk ke dalam kriteria syarat umum yang pasti telah tercantum dalam informasi lowongan kerja. Sebab pada setiap posisi tidak semua menerima gender maupun usia yang sama.

Selain itu, ada pula syarat pendidikan. Perusahaan besar satu ini menginginkan pelamar fresh graduates di PT Epson yang telah menuntaskan pendidikan pada jenjang S1. Selain itu, IPK lulus juga harus berada pada angka paling rendah yakni 3.00. Terlebih lagi, ketika dalam bangku perkuliahan memiliki banyak pengalaman akan menjadi poin tambah.

Bukan hanya itu saja, melainkan terdapat syarat fisik yang harus terpenuhi bagi para calon pelamar kerja. Pada beberapa posisi tertentu, PT Epson membutuhkan karakteristik tertentu dalam segi tinggi badan. Umumnya yakni memiliki ukuran tinggi badan berkisar 157 cm untuk wanita dan 165 cm pada kategori pria.

Selain itu, setiap pelamar juga harus berada dalam kondisi sehat baik secara rohani maupun jasmani. Terlebih lagi ketika Anda memberikan bukti kesehatan kepada screener juga dapat membuktikan akan kebenarannya. Pada sebagian posisi tertentu juga ada yang meminta untuk para pelamar harus memiliki penampilan menarik serta harus menyertakan bukti berupa foto pada surat lamaran.

Baca Juga: Hukum Bisnis, Penting bagi Perusahaan!

Kesimpulan

Menjadi seorang pelamar yang ingin mengambil lowongan pekerjaan pada PT Epson harus benar-benar telah mempersiapkan diri secara matang. Setiap langkah harus benar-benar terlaksana secara runtut mulai dari melengkapi berkas, membuat surat lamaran, mengajukan surat lamaran serta menunggu pengumuman lulus maupun tidak.

Demikian penjelasan mengenai motivasi melamar kerja bagi fresh graduates di PT Epson. Terjun secara langsung dalam dunia kerja memang sangat menarik untuk fresh graduates. Terlebih lagi banyak pula keunggulan yang terlihat apabila sebagai lulusan baru. Sehingga, tidak ada lagi alasan karena minder ataupun bingung dengan motivasi ketika hendak melamar kerja pada perusahaan besar seperti PT Epson.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.