Mau Jadi Apa? (2017)

Diposting pada

Sinopsis MAU JADI APA? – Film komedi terbaru berjudul Mau Jadi Apa? merupakan film yang menceritakan kisah hidup dari komika sekaligus aktor, Soleh Solihun. Film ini akan mulai tayang di bioskop pada 30 November mendatang. Soleh menjajal peruntungannya di dunia layar lebar dengan mengikuti jejak rekannya sesama komika, Raditya Dika dan Ernest Prakasa yang sukses jadi sutradara film. Film ini disutradai oleh Soleh bersama Monty Tiwa yang pernah mengarahkan Critical Eleven (2017, Sabtu Bersama Bapak (2016) dan Shy Shy Cat (2016). Sementara naskah ceritanya ditulis oleh Soleh bersama Agasyah Karim dan Khalid Kashogi, keduanya adalah penulis skenario untuk film Street Society (2014) dan Madame X (2010). Mau Jadi Apa? diproduseri oleh Chand Parwez Servia dan Gangsar Sukrisno dari rumah produksi Starvision dan Millennia.

Soleh Solihun mengawali karirnya sebagai seorang wartawan. Dia memang jebolan jurusan Jurnalistik, Unpad Bandung. Dia menjadi reporter di Trax Magazine pada tahun 2004-2005, Feature Editor di Playboy Indonesia dari tahun 2006-2008 dan editor di Rolling Stone pada 2008-2012. Dia dipecat dari Rolling Stone karena dinilai melakukan pelanggaran peraturan perusahaan dengan bekerja di dua perusahaan dalam waktu bersamaan. Saat itu, dia memang bekerja sebagai penyiar juga di Indika FM, lalu mengundurkan diri setelah empat tahun siaran.
Saat bekerja di Rolling Stone itu lah dia sering dipercaya menjadi MC saat acara bulanan Rolling Stone. Dia memandu acara sendirian dengan empat band. Saat pergantian band itu, dia harus mengisi acara sendirian dengan celotehnya. Nah, Cholil Mahmud, vokalis Efek Rumah Kaca yang pertama kali mengatakan bahwa gaya Soleh itu mengingatkan pada gaya stand up comedy.

Tahun 2010 tawaran datang dari Global Radio Jakarta untuk melakukan stand up di acara mereka. Dia tampil selama 40 menit dan mengunggah video-video stand up miliknya ke Youtube. Ternyata video itu membuat dia terkenal hingga pada tahun 2011, saat Metro TV mau membuat acara Stand Up Comedy Show, Soleh pun diajak. Dia sukses tampil di episode perdana.

Dia mengenal Raditya Dika dan Pandji Pragiwaksono. Saat Raditya mulai membuat film seperti Cinta Brontosaurus dan Manusia Setengah Salmon, Soleh kembali diajak dan akhirnya menjadi pemain film. Dia juga pernah main di film Reffrain, Luntang Lantung, Adrian, Bajaj Bajuri The Movie dan Comic 8 Casino Kings.

Dia juga menulis dua buku berjudul Celoteh Soleh dan novel Kastana Taklukkan Jakarta, serta melakukan pertunjukkan tunggal stand up comedy dengan judul Majelis Tidak Alim di Pusat Perfilman H Usmar Ismail pada 31 Januari 2015. Kini dia menjajal lagi kemampuannya sebagai sutradara bersama Monty Tiwa. Penasaran? Simak sinopsis MAU JADI APA? berikut ini.

Sinopsis MAU JADI APA?

Film ini adalah bentuk dramatisasi dari kehidupan Soleh semasa kuliah pada tahun 1997 hingga 2003. Saat itu Soleh dan teman-temannya merasa bingung dengan rencana masa depan mereka karena masih buta mengenai jalur yang ditawarkan oleh Fakultas Ilmu Komunikasi di Universitas Padjajaran, Bandung. Selain itu, tidak banyak kegiatan yang dapat mereka lakukan di sekitar area kampus mereka, di Jatinangor yang digambarkan terpencil.

Di tengah keterpurukan itu, Soleh berinisiatif untuk membuat majalah kampus bersama teman-temannya yang sama-sama galau: Lukman (diperankan Boris Bokir) yang jago menggambar; Marsyel (diperankan Adjisdoaibu), si hopeless romantic yang selalu sial; Eko (diperankan Awwe), si penggila musik yang doyan nyela; Fey (diperankan Anggika Bolsterli), cewek blasteran yang cantik tapi sedikit gila; dan Syarif (diperankan Ricky Wattimena), si mulut besar. Majalah kampus yang mereka buat mengangkat hal-hal ringan seperti film, musik, olahraga, dan gosip percintaan antar mahasiswa. Majalah itu diberi nama Karung Goni yang merupakan singkatan dari ‘Kabar, Ungkapan, Gosip, dan Opini’.

Namun berbagai hal yang mereka temui dalam pengelolaan majalah Karung Goni. Soleh dan teman-temannya harus menghadapi cibiran dari anak-anak Fakta Jatinangor, majalah super serius yang telah lebih dulu mendominasi kampus pimpinan Panji (diperankan Ronal Surapradja) yang arogan. Selain itu, Soleh juga harus berjuang untuk merebut hati wanita cantik yang telah membuatnya mabuk kepayang sejak jaman ospek, Ros (diperankan Aurelie Moeremans).

Soleh menjelaskan bahwa film ini secara spesifik menceritakan tentang pengalamannya di masa kuliah dan benang merahnya di pengelolaan pers mahasiswa di Fikom Unpad. Sedangkan tema besarnya adalah tentang pencarian jati diri sekelompok anak muda yang tidak tahu masa depan mereka akan dibawa ke mana, kuliah buat apa, dan mau berbuat apa setelah kuliah. Buat Anda yang menyukai tontonan komedi, tentu tidak cukup hanya membaca sinopsis MAU JADI APA? ini, filmnya tentu tidak boleh Anda lewatkan.

Poster film MAU JADI APA?

sinopsis mau jadi apa?

Informasi film MAU JADI APA?

Jenis Film :
Comedy

Produser :
Chand Parwez Servia, Gangsar Sukrisno

Sutradara :
Monty Tiwa, Soleh Solihun

Penulis :
Soleh Solihun, Agasyah Karim, Khalid Kashogi

Produksi :
Starvision, Millennia

Pemain:
Soleh Solihun, Anggika Bolsterli, Aurelie Moeremans, Boris Bokir, Adjisdoaibu, Ricky Wattimena, Ronal Surapradja, Tike Priatnakusumah, Poppy Sovia

Tanggal rilis:
30 November 2017

Trailer film MAU JADI APA?

Itulah sinopsiS MAU JADI APA?, semoga bermanfaat untuk teman menonton kamu. Simak juga sinopsis lainnya yang tak kalah menarik.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.