Manfaat Pete Walau Baunya Nggak Enak

Diposting pada

Apakah Anda termasuk orang yang suka makan pete? Petai atau biasa disebut dengan pete adalah makanan dengan bau menyengat yang memiliki sensasi kenikmatan tersendiri ketika dimakan.

Meski nikmat, banyak pula yang tidak menyukai makanan ini karena baunya yang menyengat.

Di balik baunya yang menyengat, ternyata pete memiliki banyak sekali manfaat. Berikut adalah beberapa manfaat dari pete.

1. Meningkatkan Mood

Salah satu manfaat pete adalah mengatasi stres dan depresi. Seseorang yang mengalami stres atau depresi akan memiliki mood yang buruk dan merasa tertekan.

Kandungan protein triptofan dalam pete akan diubah menjadi serotonin yang dapat menekan hormon stres sehingga Anda menjadi lebih rileks.

Selain itu, kandungan vitamin B6 dalam pete juga mampu mengatur kadar gula darah sehingga mood menjadi lebih stabil.

Pete sangat cocok bagi Anda yang tengah mengalami masa PMS (premenstrual syndrome) untuk mengatasi mood yang turun. 

2. Mencegah Anemia

Anemia adalah kondisi rendahnya kadar sel darah merah dalam tubuh. Kondisi anemia juga bisa dipicu oleh rendahnya kadar hemoglobin dalam darah.

Hemoglobin adalah protein kaya zat besi yang berfungsi memberi warna merah pada darah.

Kandungan zat besi dalam pete berkhasiat untuk menjaga kadar hemoglobin darah sehingga mampu mencegah Anda mengalami anemia.

3. Menangkal Radikal Bebas

Tak hanya radikal bebas, pete juga mengandung zat antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas.

Kandungan flavonoid sebagai antioksidan sangat tinggi pada tanaman pete, sehingga dapat mencegah Anda terkena berbagai penyakit berbahaya, seperti kanker, diabetes, dan anterosklerosis.

4. Sebagai Antibakteri

Bukan hanya mengandung flavonoid sebagai antioksidan, pete juga mengandung hexathionine dan trithiolane yang bermanfaat sebagai antibakteri.

Kandungan ini efektif dalam melawan jenis-jenis bakteri terutama bakteri Gram negatif. Dengan kandungan tersebut, pete dapat mencegah terjadinya infeksi yang disebabkan oleh bakteri.

5. Menurunkan Risiko Stroke

Kandungan lain dalam pete adalah kalium. Kalium adalah mineral yang penting bagi tubuh untuk menjaga keseimbangan cairan, fungsi otot dan syaraf, serta mengendalikan tekanan darah.

Dengan rajin mengonsumsi pete, maka tekanan darah Anda akan terjaga dan jantung menjadi lebih sehat. Tekanan darah yang normal serta jantung yang sehat akan menurunkan risiko terkena stroke.

6. Menghasilkan Energi

Pete mengandung sukrosa, fruktosa dan glukosa yang merupakan gula alami. Tak hanya itu, pete juga mengandung serat yang mampu melancarkan pencernaan dan membuat Anda merasa kenyang.

Kombinasi gula alami dan serat pada pete dapat menjadi sumber energi bagi tubuh sehingga membuat aktivitas Anda menjadi lebih bertenaga.

7. Menurunkan Kadar Gula Darah

Meski memiliki kandungan gula alami, pete juga mengandung zat lain yang berguna untuk menurunkan kadar gula darah.

Pete mengandung beta-sitosterol dan stigmasterol yang mampu menurunkan gula darah pada penderita diabetes. Vitamin B6 pada pete juga membuat kandungan gula pada tubuh menjadi lebih stabil.

Memiliki banyak kandungan yang bermanfaat, bukan berarti Anda dapat mengonsumsi pete secara berlebihan. Kandungan tannin pada pete yang cukup tinggi ternyata dapat mengganggu pengolahan asam amino dan penyerapan protein, sehingga tidak baik bila dikonsumsi secara berlebihan.

Gimana, setelah mengetahui manfaatnya, apakah Anda masih tidak tertarik untuk menyantap pete?

 

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.