Ini Manfaat Daun Mangga untuk Pengobatan

Diposting pada

Bicara soal mangga, orang lebih banyak mengetahui tentang daging buah atau variannya saja. Padahal sebenarnya manfaat daun mangga pun bisa sebagai obat herbal buat Anda. Daun ini dalam kondisi masih muda bisa dijadikan sebagai teh yang berkhasiat untuk mencegah dan mengobati beberapa jenis penyakit.

Memadukan antara buah dan daun mangga mungkin bisa menjadi alternatif yang tepat untuk sarana terapi. Dalam daun ini ternyata ditemukan zat-zat peting seperti antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Salah satu di antaranya adalah antosianin yang menjadi bagian dari antioksidan tanin.

Daun mangga juga ditemukan memiliki beberapa jenis vitamin seperti vitamin A, B,dan  C. Ada pula kandungan flavonoid dan fenol. Ini menjadikan daun mangga bukan sekadar penghias pohon mangga. Dan, inilah beragam manfaat daun mangga yang bisa diperoleh:

  1. Mengobati diabetes. Terutama pada daun mangga muda yang punya tekstur lembut, banyak ditemukan zat tannin dalam bentuk antosianin. Senyawa tersebut berguna untuk mengobati diabetes dalam tahap awal. Selain itu berguna pula dalam mencegah komplikasi akibat diabetes berupa diabetic angiopati dan diabetic retinopati. Kedua komplikasi tersebut memengaruhi kesehatan pembuluh darah dan mata. Untuk menjadikan daun mangga muda ini sebagai obat, cukup lakukan penggilingan sampai menjadi seperti bubuk. Keringkan lalu seduh dengan air panas agar menjadi seperti teh. Ramuan ini tepat pula untuk mengatasi peningkatan kadar gula darah.
  2. Menormalkan tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah faktor risiko dari serangan jantung hingga stroke. Oleh sebab itu, kondisinya mesti selalu terpantau. Minum teh daun mangga muda dapat membantu memperbaiki keadaan tekanan darah,. Ada senyawa dalam daun yang bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah sehingga kembali pada ukuran normal. Ini pun hampir tanpa efek samping.
  3. Melarutkan batu ginjal. Saat ada batu di dalam ginjal atau saluran kemih, minum ramuan teh daun mangga mungkin bisa menjadi solusi tanpa operasi. Zat dalam daun ada yang berkhasiat untuk melarutkan batu tersebut sehingga mudah dibuang melalui urin. Ukura batu akan mengecil secara bertahap.
  4. Membantu sistem pernapasan lebih sehat. Penyakit yang menyerang saluran pernapasan dapat diatasi dengan minum teh daun mangga. Beberapa jenis penyakit yang bisa diatasi adalah asma, pilek, bronchitis, hingga sakit tenggorokan. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dapat ditambahkan madu yang sekaligus menjadi pemanis alami. Daun mangga akan menjadikan saluran pernapasan menjadi lebih lega saat ada serangan penyakit di tempat tersebut.

Obat herbal biasanya jauh lebih efektif saat digunakan bersama dengan ramuan lain. Misalnya untuk keperluan terapi diabetes, mungkin bisa dipadukan dengan kayu manis. Hanya saja untuk memadukan beberapa jenis herbal sebaiknya konsultasikan dengan herbalis yang berpengalaman. Termasuk, konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan informasi apakah obat konvensional yang dikonsumsi bisa saling mendukung atau tidak dengan pengobatan herbal menggunakan manfaat daun mangga ini.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.