Ini Manfaat Daun Kemangi Selain untuk Lalapan

Diposting pada

Kalau Anda doyan memesan ayam atau bebek bakar di rumah makan, biasanya akan diberikan satu porsi sayuran untuk lalapan. Selain berisi mentimun, kubis, atau lenca, ada pula isian berupa daun kemangi. Daun ini memliki bau harum yang khas. Ketika disandingkan bersama menu bakaran tersebut, maka selera makan bisa seketika naik dan cukup lahap menyantapnya.

Tahukah Anda? Kemangi ternyata bukan sembarang daun. Sayuran ini sekalipun memiliki ukuran kecil, naun penuh dengan gizi. Daun kemangi dipercaya mampu mengurangi bau badan yang menyengat. Oleh sebab itu, mengonsumsi kemangi setiap hari dapat mengontrol masalah bau badan. Daun ini juga memiliki minyak atsiri yang berguna untuk menyehatkan tubuh.

Dikutip dari laman Health.com, kemangi pun bisa dipakai untuk keperluan lainnya. Mulai dari membantu wanita yang sedang datang bulan sampai berguna untuk antibiotik. Berikut beberapa cara memanfaatkan daun kemangi:

  1. Membersihkan noda dan masalah kulit pada wajah. Noda kecoklatan atau hitam di wajah dapat dikurangi kepekatannya dengan menggunakan kemangi. Penggunaan rutin mungkin bisa mengangkat noda secara keseluruhan. Di samping itu, kemangi memiliki khasiat sebagai antibakteri. Jerawat di wajah dapat disembuhkan dengan minyak atsiri kemangi menurut studi yang diterbitkan dalam International Journal of Cosmetic Science. Jika ingin menggunakan kemangi untuk merawat kulit wajah, lakukan cara sederhana ini. Rebus segenggam daun kemangi segar bersama 1 gelas, kurang lebih hingga 10 menit. Setelah itu dinginkan. Ambil bola kapas lalu celupkan ke dalamnya. Tepuk-tepukkan pada area wajah yang ada nodanya, lalu biarkan selama 10 menit sebelum dibersihkan. Lakukan cara ini satu atau dua kali dalam sehari secara rutin. Namun jika Anda sedang hamil atau menyusui, konsultasikan dulu keamanan kemangi pada dokter Anda.
  2. Menurunkan tingkat stres dan menyegarkan pikiran.Stres pekerjaan atau karena hal lain dapat diatasi dengan mengonsumsi kemangi. Ahli botani James Duke, PhD yang juga penulis buku The Green Pharmacy mengatakan, dalam daun kemangi terdapat senyawa yang dapat memunculkan efek anti ansietas. Senyawa fitokimia tersebut membantu menurunkan hormon kortisol dalam tubuh. Hormon inilah yang membuat seseorang merasa stres bahkan depresi. Cukup konsumsi beberapa daun kemangi atau secukupnya untuk mendapatkan efek menenangkan.
  3. Meringankan masalah menstruasi pada wanita. Dalam daun kemangi terdapat sumber mineral zat besi dalam jumlah tinggi. Hanya dengan menginsumsi 2 cangir daun kemangi segar yang dicincang atau satu sendok makan kemangi kering, sudah menyukupi sekitar 10 persen dari kebutuhan harian zat besi. Ini setara dengan makan satu ikat bayam. Saat haid, wanita kehilangan zat besi cukup banyak. Daun kemangi bisa menyuplainya kembali.
  4. Detoksifikasi liver. Daun kemangi juga mampu menyetimulasi pembuangan racun pada liver. Di organ inilah berbagai limbah yang ada di tubuh diproses lalu dibuang melalui berbagai cara seperti lewat feses atau kencing. Dengan memelihara liver maka ikut membantu sehatnya tubuh secara keseluruhan. Jadikan daun kemangi sebagai bagian dari menu makan Anda.
Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.