Desierto (2016) – Sinopsis Lengkap dan Nonton Trailer

Diposting pada

Desierto menjadi film debut untuk sutradara muda, Jonás Cuarón. Nama Jonás Cuarón sendiri sudah tak begitu asing, mengingat sang ayah, Alfonso Cuarón menjadi sosok sutradara dibalik film sukses Gravity. Dan seperti juga Gravity, Desierto mengangkat genre, tema, dan ketegangan yang nyaris serupa. Mengusung genre trailler suspense, film yang diproduksi oleh Esperanto Filmoj dan STX Entertainment ini menjanjikan ketegangan bagi penontonnya, dari menit pertama hingga menit ke-94, ketika film berakhir. Cerita dalam film Desierto sendiri ditulis oleh Jonás Cuarón bersama dengan Mateo Garcia. Dan memang, kekuatan cerita menjadi fokus utama dari film yang dibintangi oleh Gael García Bernal dan Jeffrey Dean Morgan.

Seperti film alfonso Cuaron sebelumnya, Desierto pun tak banyak menyisipkan dialog dalam interaksi antar pemainnya. Sebaliknya, ketegangan justru dibangun dari serangkaian aksi yang berkali-kali membuat penonton dipaksa menahan nafas. Film ini mengisahkan perjuangan sekelompok imigran dari Meksiko, yang berusaha menyebrangi perbatasan Amerika Serikat secara ilegal. Moises (diperankan oleh Gael García Bernal) adalah seorang pekerja yang sebelumnya tinggal di daerah miskin di Meksiko. Keinginan untuk merubah nasip, membuat Moises rela mempertaruhkan hidupnya untuk dapat menyebrang ke Amerika Serikat.

Moises tak sendirian, ia pun bersama dengan Adela (diperankan oleh Alondra Hidalgo), Mechas (diperankan oleh Diego Cataño) serta sekelompok imigran lain berusaha melintasi sisi tenggara Amerika Serikat, yang masih dikelilingi perbukitan gersang dan gurun. Sayangnya, usaha Moises, Adela, dan Mechas tak mudah. Mereka bukan hanya harus berhadapan dengan sekelompok tentara Amerika Serikat yang siap mengusir mereka kembali ke Meksiko, namun juga seorang pria berkulit putih, Sam (diperankan oleh Jeffrey Dean Morgan). Sam, seorang pria rasis yang sangat membenci imigran gelap dari Meksiko menjadikan kelompok Moises dan Adela sebagai buruan.

Mereka pun seakan bermain kucing-kucingan dengan Sam, demi untuk melewati penjagaan ketat di sepanjang perbatasan. Cuaca yang panas, banyaknya anjing penjaga, serta Sam yang tak ragu menembakkan peluru pada kelompok mereka menjadikan pelarian tersebut begitu mencekam. Terutama, ketika mereka menyadari Sam bukan hanya ingin menakuti mereka untuk segera pergi dan kembali ke Meksiko. Sam benar-benar ingin membunuh para imigran gelap tersebut.

Sinopsis Lengkap Desierto

Desierto dimulai dengan satu group imigran ilegal dari Mexico yang menumpang di belakang truk, mereka berniat untuk menyetir hingga masuk perbatasan Amerika Serikat ketika truk yang mereka tumpangi rusak. Moises (Gael Garcia Bernal), seorang mekanik asal Meksiko yang termasuk dalam rombongan tersebut memeriksa keadaan mesin namun nampak tak mampu memperbaikinya. Mereka semua pun lantas turun dari mobil, dan ditunjukan arah menuju Amerika Serikat oleh sang supir, dimana mereka harus melewati padang pasir yang tandus. Tak punya pilihan, para imigran ini lantas berjalan kaki melintasi padang tersebut menuju Amerika Serikat.

Disisi lain, seorang pemburu  Sam (Jeffrey Dean Morgan) mengendarai mobilnya dengan sang anjing pelacak, Tracker. Sam berhasil menembak kelinci yang menjadi buruannya, dan suara tembakan Sam mengagetkan para imigran. Para imigran ini lantas berlarian, berpencar di gurun dan mencari perlindungan dibalik tanaman kaktus yang besar. Karena tak melihat apapun, mereka pun memutuskan untuk melanjutkan perjalanan. Ketika inilah Moises melihat salah seorang imigran nampak mengganggu seorang gadis, Adela (Alondra Hidalgo) yang juga bagian dari kelompok imigran tersebut. Moises berhasil menyelamatkan Adela yang membuat keduanya menjadi dekat.

Disisi lain, Sam menyetir melewati pos penjagaan di perbatasan, yang mana mereka menanyakan apakan Sam memiliki ijin. Sam pun balik mempertanyakan apakah ia memerlukan ijin untuk berburu kelinci, yang dijawab bahwa ia tak perlu. Sam pun lantas memberitahu penjaga bahwa Tracker melacak beberapa imigran gelap sebelumnya, dan menanyai penjaga tersebut apakah ia sudah menangkap mereka – yang dijawab ia tak mendengar apapun mengenai adanya imigran gelap. Nampak kesal, Sam pun meninggalkan sang penjaga dan mencari para imigran tersebut seorang diri bersama dengan Tracker. Kembali ke jalan utama, Sam mengambil senjatanya dan menyuruh Tracker untuk mulai mengendus jalanan yang ada disitu, yang mana membuat Tracker mengikuti salah satu rombongan dari imigran tersebut – yang sebelumnya sudah berpencar menjadi dua rombongan kecil. Namun Moises dan groupnya melihat Sam serta Tracker, namun mereka tak menyangka ia adalah seorang polisi atau pernjaga pertahanan.

Disisi lain, Sam melihat group yang sudah lebih dulu berjalan. Membawa Tracker kembali ke sisi belakang mobilnya, Sam pun satu persatu membunuh imigran gelap di group tersebut, dan berkata “Selamat satang di tanah kebebasan,”

Moises dan groupnya justru mengambil arah sebaliknya, namun Tracker, yang melihat mereka lantas menggonggong, mengubah pikiran Sam bahwa ia sudah membunuh semua imigran tersebut. Untungnya, Moises dan groupnya cepat menyadari Sam memburu mereka setelah ia berpindah lajur, mengirim Tracker untuk mengejar mereka dengan berjalan kaki. Berlari menjadi satu-satunya pilihan yang dimiliki oleh Moises, Adele, dan para imigran yang tersisa. Sayangnya ketika salah seorang imigran pria terjatuh, tracker dengan cepat menyambarnya. Adele yang berusaha menyelamatkan pria tersebut pun dihalangi oleh Moises, karena nyaris tak ada waktu lagi bagi mereka untuk melakukan itu. Dengan hanya tersisa 4 imigran, termasuk juga dengan Moises dan Adele, mereka mulai memanjat gunung batu dengan harapan menghindari Tracker. Dan memang anjing tersebut tak mampu memanjat tinggi dan akhirnya memutar untuk mencari jalan lain.

Para imigran terus menyusur gunung batu, dan ketika tiba dimana mereka harus melompat ke gunung batu lain, salah seorang imigran ragu-ragu untuk melompat. Dan ketika melihat Tracker berhasil menyusur hingga dibelakangnya, ia pun berusaha melompat namun justru tergantung dan nyaris jatuh. Ketika inilah Sam menembaknya. Sam yang masih terus mengejar pun berhasil menembak imigran ketiga tepat di kepala.

Pelarian Moises dan Adele pun sampai dimana truck milik Sam, yang mana berhasil mereka curi. Sam yang marah pun menembaki truck miliknya hingga berhasil menembak bahu Adele. Moises menemukan kotak obat dan mulai memberikan pertolongan pada Adele, ia pun mengambil pisol yang disimpan Sam dalam kotak obat. Pertarungan dan pencarian pun berlangsung, hingga akhirnya Moises berhasil membuat Sam terjatuh dari jurang dan meninggalkannya seorang diri di tengah gurun pasir sedangkan ia dan Adele kabur.

Informasi film Desierto

Judul
Desierto
Genre
Thriller, Suspense
Produser
Alfonso Cuarón
Carlos Cuarón
Jonás Cuarón
Alex Garcia
Charles Gillibert
Sutradara
Jonás Cuarón
Penulis skenario
Jonás Cuarón
Mateo Garcia
Pemain
Gael García Bernal
Jeffrey Dean Morgan
Alondra Hidalgo
Diego Cataño
Marco Pérez
Oscar Flores
David Lorenzo
Butch McCain
Produksi
Esperanto Filmoj
STX Entertainment
Negara
Meksiko
Bahasa
Spanyol
Inggris
Tanggal rilis
14 Oktober 2016

Trailer film Desierto

Poster Desierto

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.