Daun Pepaya Dapat Mengobati Kanker Tanpa Efek Samping

Diposting pada

Makanenaksehati.blogspot.com – Pepaya bukan lagi sekadar buah kaya serat yang mampu mengatasi masalah sembelit dengan cepat. Menurut studi yang dilakukan Dr Nam Dang dari Universitas Florida, makan daun pepaya juga efektif dalam melawan berbagai macam kanker. Dari studi ini, peneliti menemukan adanya agen antikanker pada daun pepaya yang bisa dipakai untuk mengobati kanker leher rahim (serviks),payudara, liver, paru-paru, hingga pankreas.

Dikutip dari laman Telegraph.co.uk, ekstrak daun pepaya yang dipakai peneliti dalam studi ini mampu meningkatkan produksi bahan kimia yang bertugas mengatur sistem kekebalan tubuh.

Ekstrak daun pepaya kering dijadikan seperti daun teh, lalu diseduh, dan dilakukan percobaan untuk melihat reaksinya pada sel-sel kanker. Menurut peneliti, ekstrak daun pepaya bisa dijadikan obat kanker alternatif.

Pengobatan kanker dengan daun pepaya akan meningkatkan produksi molekul sinyal kunci yang disebut sitokin tipe Th1, yang berpengaruh pada sistem kekebalan tubuh. Kanker dibasmi dengan memanfaatkan kekebalan tubuh yang makin menguat. Menariknya, terapi daun pepaya ini tidak menimbulkan efek samping.
“Ekstrak pepaya tidak memiliki efek racun pada sel normal, menghindari konsekuensi umum dan kehancuran banyak (sel sehat) dari beberapa terapi kanker,” kata Dang yang studinya dipublikasikan Journal of Ethnopharmacology .

Temuan dari Dang ini sejalan dengan studi lain yang mendukung keberhasilan ekstrak pepaya sebagai obat kanker tanpa toksisitas, yang dilakukan pada penduduk di Vietnam dan Australia. Sejauh pengetahuan Dang, belum ada studi yang membuktikan bahwa ada efek toksisitas dalam pengobatan memakai daun pepaya.
***
(Penulis : Ilham Choirul)
Foto kredit: bubblews.com

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.