Cara Menghadapi Ujian TOEFL

Diposting pada
Makanenaksehati.blogspot.com – Ujian TOEFL menjadi salah satu ujian yang paling penting untuk mendapatkan kesempatan berkarir yang lebih baik. 
Kredit foto: anglais5minutes.fr
Bisa dibilang ini adalah tiket untuk studi dan karir, seperti mendapatkan beasiswa dan pekerjaan yang baik. Pakar TOEFL, Katy Hopkins menegaskan menguasai bahasa Inggris adalah hal penting untuk dapat bersekolah atau kuliah di Amerika Serikat.
Biaya ujian TOEFL tidak terlalu mahal, biasanya sekitar Rp300 ribu untuk international TOEFL. Tapi sayang juga jika harus gagal melulu dan mencoba sampai berkali-kali. Ada baiknya mempersiapkan diri dengan baik sehingga bisa menghemat dan tidak membuat stres.
Adapun tes yang harus dihadapi adalah writing (menulis), listening (mendengarkan), reading (membaca) dan speaking (berbicara).  Biasanya butuh skor 450 sampai 550 poin untuk bisa lulus.
Tulisan ini ingin berbagi tips cara menghadapi TOEFL, yakni:
1. Waktu persiapan yang cukup
Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk persiapan tentunya tergantung kemampuan. Jika kemampuan bahasa Inggris yang dimiliki sudah baik, maka butuh waktu yang tidak terlalu lama. Jika kemampuan bahasa Inggris masih kurang, maka sediakan waktu yang panjang.
Cara mengetahui kemampuan bahasa Inggris, cobalah untuk mengisi soal latihan dan mencocokkannya dengan kunci jawaban. Lihat skor yang diperoleh. Semakin rendah skor, maka semakin lama waktu persiapan yang dibutuhkan. Taksirlah sendiri. 
2. Jangan terbebani
Jangan berpikir bahwa persiapan ujian TOEFL hanya menggunakan kelas belajar dan buku-buku. Selingi dengan kegiatan yang menyenangkan seperti nonton film dan musik. Coba tonton film kartun bahasa Inggris seperti Powerpuff Girl, Despicable Me, Frozen dan semacamnya. Atau bisa dibalik, tontonlah film bahasa Indonesia yang menyediakan subtitle bahasa Inggris di bawahnya.
3. Nutrisi Tubuh dan Otak
Bahan makanan yang paling bernutrisi adalah buah dan sayur karena paling mudah dicerna, kaya vitamin dan mineral serta paling mudah diserap oleh tubuh. Protein juga baik, tapi tidak semua jenis protein.
Makanan terbaik untuk otak adalah brokoli, wortel, anggur, blueberry, telur, kurkuma, dan lain sebagainya yang bisa diriset di internet. Jangan konsumsi alkohol, junk food, makanan yang terlalu asin dan pemanis buatan.  Dan jangan lupa, buah harus dikonsumsi saat perut masih kosong karena cepat dicerna sehingga tidak menumpuk di lambung yang dapat membusukkan makanan lainnya.
4. Musik klasik
Musik klasik dipercaya bisa meningkatkan kemampuan otak kita. Maha karya dari Bach, Chopin, Mozart dan Beethoven harus masuk ke daftar lagu favorit Anda. Sejumlah penelitian, mengatakan D448 Mozart mampu meningkatkan daya tangkap otak. 
5. Tidur cukup
Kurang tidur dan begadang dapat menurunkan kinerja otak, bahkan menurut penelitian, efeknya bisa sama dengan gegar otak. 
6. Jangan takut akan kegagalan
Seperti yang disebutkan di muka, ujian TOEFL bisa dilakukan berkali-kali sehingga kalau gagal, bisa dicoba lagi di kemudian hari. Sekalipun gagal, paling tidak ada pengalaman yang bisa dipetik. Gagal satu dua kali bahkan tiga kali itu biasa. Rajin menabung agar bisa dafta untuk mencoba lagi.
7. Pahami struktur grammar Bahasa Inggris
Ini adalah kunci berhasil menempuh ujian TOEFL. Jangan sampai Anda tidak tahu penempatan adjective clause, independent clause, kalimat aktif dan pasif, noun clause, pemotongan kalimat dan seterusnya. Kuncinya adalah sering latihan!
8. Latihan soal dan belajar dari kesalahan sebelumnya
Nah, ini dia kuncinya. Latihan, latihan dan latihan dengan melakukan tes diagnostik dan belajar dari kesalahan. Pertajam latihan dimana sering terjadi kesalahan. 
9. Latih pendengaran
Di jaman sekarang, tidak perlu lagi pakai kaset type untuk mendengarkan bahasa Inggris. Ada banyak sekali sarana latihan pendengaran bahasa Inggris di internet. Salah satu website berita yang bagus adalah BBC yang menyediakan audio dan teksnya. Jadi bisa melatih telinga dan sekaligus reading. Selain telinga terlatih, kita juga jadi update dengan informasi terkini. 
Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.