Captain Phillips, Kapal Tom Hanks Dibajak Perompak Somalia

Diposting pada

Sutradara:
Paul Greengrass

(Klik gambar untuk memperbesar)

Penulis:
Billy Ray

Adaptasi:
A Captain’s Duty, oleh Richard Phillips bersama Stephen Talty

Pemain:
Tom Hanks
Barkhad Abdi

Musik:
Henry Jackman

Sinematografi:
Barry Ackroyd

Studio:
Michael De Luca Productions
Scott Rudin Productions
Trigger Street Productions

Distribusi:
Colombia Pictures

Tanggal rilis:
11 Oktober 2013

Durasi:
133 menit

Budget/Box office:
$55 juta/$213 juta (per Januari 2014)

Plot/Sinopsis/Cerita:
Bagaimana perasaan Anda ketika kapal yang Anda tumpangi sedang dibajak dan Anda adalah kapten yang dibajak dari kapal tersebut? Perasaan itu mungkin terwakili ketika Anda menyaksikan film Captain Phillips (2013); terlebih karena sang tokoh utama, Richard Phillips, diperankan dengan begitu mengagumkan oleh Tom Hanks, sang mega bintang kawakan Hollywood. Film tersebut adalah contoh sebuah triller yang mendebarkan, yang utuh menggambarkan pergumulan-pergumulan hidup mati yang dialami oleh tokoh-tokohnya.

Sebut saja, Captain Phillips, yang menjadi judul film ini, diceritakan sebagai kapten kapal MV Maersk Alabama, sebuah kapal barang yang berlayar dari pelabuhan di Oman, Timur Tengah, ke Mimbasa, Afrika, yang kemudian dibajak oleh perompak ketika mulai memasuki perairan Somalia, yang berjuang mati-matian demi menyelamatkan kapal dan seluruh anak buahnya dari perompakan.

Banyak pengamat berpendapat bahwa Tom Hanks memerankan tokoh Captain Phillips Dengan begitu sempurna. Nah, memang begitulaha adanya. Upaya dia meloloskan diri dari perompak, bagaimana ia bernegosiasi dengan perompak di bawah ancaman, dan bagaimana mengupayakan bantuan sungguh digambarkan dengan menakjubkan.

Salah satu bagian yang menarik dari film ini adalah hubungan antara Captain Phillips dengan kapten perompak Somalia, Muse, yang diperankan oleh Barkhad Abdi. Pergulatan yang panjang benar-benar membuat setiap penonton akan merasa terlarut dalam ketegangan yang seolah tiada henti. Dan, semua itu pada akhirnya berakhir dengan penyelamatan yang dilakukan SEAL.

***
Kredit foto: Colombia Pictures

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.