Buah Kiwi Membantu Tidur Lebih Nyenyak

Diposting pada

Makanenaksehati.blogspot.com – Buah kiwi kerap dimasukkan dalam campuran salad. Namun dimakan langsung pun, kiwi terasa cukup segar. Kabar baiknya, kiwi memiliki antioksidan kuat dan kaya vitamin C. Di samping itu, kadar kaliumnya yang tinggi dipercaya memberikan kebaikan bagi kesehatan jantung dan fungsi pernapasan. Belum lagi buah ini juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tidak hera bila lantas kiwi disebut makanan super (super food).

Dikutip dari Huffington Post, ada studi terbaru tentang kiwi yang menemukan kembali manfaat buah ini bagi tubuh. Hasil studi dari peneliti Taiwan Taipei Medical University mengungkapkan, makan buah kiwi secara signifikan membantu seseorang untuk tidur lebih berkualitas.
Studi ini melibatkan 22 wanita dan dua pria yang berusia 20-55 tahun. Mereka diketahui memiliki gangguan dalam tidur. Untuk melihat pengaruh kiwi terhadap proses tidur, para relawan diminta memakan dua buah kiwi satu jam sebelum tidur selama empat minggu. Sementara itu, peneliti mengambil data penelitian dari buku harian tidur, jam tangan, dan kuesioner untuk menilai kualitas dan kuantitas tidur.

Hasilnya, para relawan mengalami pengalaman tidur yang lebih baik setelah mengonsumsi kiwi. Mereka lebih cepat tertidur setelah pergi ke tempat tidur. Mereka juga mengalami tidur lebih nyenyak dibandingkan sebelum makan kiwi. Relawan mengalami peningkatan kualitas tidur sampai 42,4 persen. Jumlah waktu yang bisa dihabiskan untuk tidur turut meningkat 5 ,41 persen. Secara keseluruhan , jumlah waktu tidur para relawan meningkat hingga 13,4 persen.

Kemungkinan manfaat kiwi ini dipengaruhi oleh kandungan antioksidan dan serotonin. Kedua zat ini mempengaruhi tidur seseorang. Dalam jumlah tepat, orang dapat menikmati tidurnya dengan lebih berkualitas.

***
Foto: healthyfoodstar.com (Klik gambar untuk memperbesar)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.